TNI-Polri memantau kebijakan pembangunan pemerintah di Papua - WisataHits
Jawa Barat

TNI-Polri memantau kebijakan pembangunan pemerintah di Papua

TNI-Polri memantau kebijakan pembangunan pemerintah di Papua

Senin, 9 Januari 2023 | 21:38 WIB

| penulis :

Buku catatan : beruntung s

Jakarta, InfoPublik – Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bersinergi mengawal semua kebijakan pemerintah terkait pembangunan di Papua.

Hal itu disampaikan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam keterangan resminya saat memberikan arahan kepada prajurit TNI Polri di wilayah Papua, Senin (9/1/2023).

Menurut Sigit, TNI dan Polri telah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait program pembangunan di Papua.

Hal itu dilakukan untuk mengetahui apa saja kendala dalam program pembangunan infrastruktur di negara Papua.

“Karena itu bagian dari program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua. Tentu TNI Polri hadir untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik,” kata Kapolri Jenderal Sigit.

Sedangkan kebijakan pemerintah terkait program prioritas di Papua meliputi pengembangan destinasi wisata, pengembangan kawasan perkotaan dan infrastruktur kawasan pertanian.

Kemudian pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK), pengembangan bandara, program terkait perluasan dan pengerahan tenaga kesehatan.

Dalam memantau seluruh kebijakan pemerintah di Papua, jelas Sigit, ada dua pendekatan, yakni pendekatan lunak dan pendekatan keras.

Sigit menjelaskan pendekatan lunak diikuti dengan pemberian edukasi, proses sosialisasi, peningkatan kualitas bidang pendidikan dan sumber daya manusia (SDM).

“Sehingga lebih cepat terjadi transfer of knowledge untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua terkait dengan program pembangunan yang sedang dilaksanakan saat ini,” ujar Sigit.

Meski demikian, Sigit menegaskan hal itu akan dilakukan pejabat pendekatan keras kepada semua pihak yang ingin menggagalkan kebijakan pemerintah untuk kepentingan rakyat Papua. Misalnya, menangani kelompok kriminal bersenjata (KKB).

“Tentunya kami berupaya agar tindakan penegakan hukum kami ke depan dapat tepat sasaran dan tidak berdampak pada masyarakat yang nantinya menjadi korban yang tidak seharusnya menjadi bagian dari kelompok kriminal bersenjata,” kata Sigit.

Sementara itu, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyatakan, aspirasi seluruh pihak terkait Papua akan dijadikan masukan dalam menentukan kebijakan dan langkah yang akan diambil ke depan.

Dengan demikian, semua kebijakan tersebut dapat menggantikan program atau kebijakan pemerintah apapun yang ada di negara Papua.

“Supaya kita bisa mengambil keputusan politik untuk mempercepat pembangunan di Papua. Sejalan dengan kebijakan pemerintah, tingkatkan kesejahteraan,” kata Yudo.

Yudo juga memastikan TNI Polri siap maksimal dan profesional mengawal semua kebijakan pemerintah dalam pembangunan Papua.

“Tentu perlu dukungan TNI-Polri untuk memberikan jaminan keselamatan bagi seluruh pekerja dan juga infrastruktur lainnya. Dan juga dengan adanya Daerah Otonom (DOB) yang baru, kami akan mendukung pemerintah daerah dan TNI dalam tugas pokoknya membantu Polri dalam percepatan pembangunan di daerah,” pungkas Yudo.

Foto: dok. Divhumas Polri

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan sumbernya disebutkan InfoPublik.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button