Bangun sinergi dengan Jawa Tengah, PHMI ajak industri perhotelan dan tim media untuk mendorong pertumbuhan pariwisata - WisataHits
Jawa Timur

Bangun sinergi dengan Jawa Tengah, PHMI ajak industri perhotelan dan tim media untuk mendorong pertumbuhan pariwisata

TRIBUNJATIMTRAVEL.COM, SURABAYA- Perhimpunan Hotel dan Media Indonesia (PHMI) Surabaya telah melebarkan sayapnya di beberapa daerah. Setelah Bali, kini PHMI mengunjungi Jawa Tengah.

Ketua DPP PHMI Achmad Pramudito mengatakan kunjungannya ke Jawa Tengah, tepatnya di Semarang, merupakan sinergi antar pemangku kepentingan pariwisata, khususnya industri perhotelan.

“Selama ini kami melihat perkembangan industri pariwisata di wilayah Jawa Tengah sangat pesat,” kata Pramudito, Kamis (18/8/2022).

Pihaknya juga menggelar sesi pertukaran dengan tim media di Hotel Dafam Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Mereka membahas pengembangan objek wisata yang tentunya akan berdampak positif bagi sektor lain.

“Eksplorasi tempat wisata oleh teman-teman media di sini tentunya akan berdampak positif di banyak sektor. Misalnya di hotel, tingkat hunian hotel,” ujarnya.

Baca Juga: Kuliner Menyaksikan Jejak Cinta dan Kehidupan Soekarno di Kedai Omah Kenangan Surabaya

Mengingat saat ini pelonggaran pembatasan perjalanan baik domestik maupun internasional semakin meningkatkan minat liburan.

Fenomena yang juga populer disebut sebagai perjalanan balas dendam ini akan membawa dorongan besar bagi para pelaku bisnis di industri perhotelan, yang merupakan salah satu sektor yang paling terpukul oleh pandemi COVID-19.

Oleh karena itu, Mas Pra berharap keberadaan PHMI di Jawa Tengah dapat menciptakan sinergi positif antara para profesional media dan pelaku bisnis perhotelan untuk bekerja sama mendongkrak perekonomian pariwisata setempat.

Sehingga materi berita dari tim media terkait pariwisata lokal dapat berbagi dalam menggerakkan kunjungan wisatawan.

Baca Juga: Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77, Komunitas Trail Motor Gresik Kibarkan Bendera Merah Putih di Hollywood Hill

“Kenapa jauh-jauh ke luar negeri kalau bisa menikmati pemandangan indah yang sama di negeri sendiri,” katanya.

Selain pertukaran dengan tim media, beberapa hotel seperti Hotel Dafam, Hotel Triizz, Rooms Inc dan Hotel Harris juga dikunjungi.

Selain menjajaki tempat wisata, para pelaku bisnis perhotelan diharapkan dapat memberikan wadah atau kerjasama dengan para pemangku kepentingan UMKM.

Sehingga sinergi ini berlanjut sebagai mata rantai kegiatan ekonomi dan pariwisata di daerah.

“Kami juga mendorong pengusaha hotel untuk menjadi tuan rumah bagi pelaku UMKM agar bisa berkembang bersama,” ujarnya.

Baca Juga: Yello Hotel Jemursari Hadirkan Kampoeng Kemerdekaan dan Kekayaan Kuliner Nusantara

Sebagai informasi: PHMI Surabaya yang beranggotakan 130 orang, berdiri sejak tahun 2015. Awalnya bernama Forum Komunikasi Hotel dan Media Jawa Timur.

Organisasi ini secara rutin melakukan sertifikasi PR bagi para pemain di industri perhotelan. Hingga saat ini, PHMI telah melaksanakan sertifikasi Humas sebanyak empat kali, dengan jumlah peserta setiap kegiatan mencapai 25 orang.

“Lokakarya seperti menulis rilis itu penting. Karena saya banyak mendapat masukan terkait minimnya kemampuan Humas dan komunikasi pemasaran saat menulis publikasi untuk media,” pungkasnya. Tribun Jatim Reisen.

Source: tribunjatimtravel.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button