Tips menghindari wisata palsu selama Liburan Nataru di Labuan Bajo - WisataHits
Jawa Timur

Tips menghindari wisata palsu selama Liburan Nataru di Labuan Bajo

Manggarai Barat

Liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Labuan Bajo? alarm Agen Perjalanan (agen perjalanan) bodoh. Simak beberapa tips dari Asosiasi Travel Agent Labuan Bajo dan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) agar tidak menjadi korban penipuan. Agen Perjalanan montok.

Bagi Anda yang menggunakan layanan tersebut Agen Perjalanan Mengatur perjalanan selalu membutuhkan pemilihan yang cermat Agen Perjalanan agar tidak menjadi korban penipuan. Pasalnya, banyak wisatawan yang menjadi korban penipuan Agen Perjalanan montok.

1. Periksa reputasi agen perjalanan

Ketua Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Manggarai Barat, Ignasius Suradin mengatakan, wisatawan harus mengecek dulu reputasi orang atau Agen Perjalanan Tawarkan paket wisata. Pastikan mereka terdaftar di Asosiasi Agen Perjalanan.

“Pastikan yang terdampak masuk asosiasi pariwisata,” kata Ignas di Labuan Bajo, Senin (19/12/2022).

Senada dengan itu, Ketua Asita Manggarai Raya, Evodius Gonsomer mengatakan: Agen Perjalanan Itu harus sudah terdaftar di asosiasi, misalnya Asita. Untuk memverifikasi Agen Perjalanan Ia mengenali mereka yang sudah terdaftar di ASITA melalui penawaran harga paket yang mencantumkan tulisan “Anggota ASITA Labuan Bajo”.

“Pastikan biro perjalanan itu anggota Asita Labuan Bajo,” ujarnya.

Sementara Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina mengatakan, legalitas Agen Perjalanan Penting bagi wisatawan untuk berhati-hati untuk menghindari penipuan. Wisatawan bisa mengecek legalitasnya Agen Perjalanan di https://registration.labuanbajoflores.id/export/list-ta-to.

“Ketika Anda menggunakan layanan Agen Perjalananpilih yang resmi dan terdaftar,” kata Shana.

2. Mintalah kontak mitra biro perjalanan di kota lain

Selanjutnya, tanyakan pada yang tidak bermoral Agen Perjalanan yang menawarkan paket wisata yang dikirimkan kontak mitra biro perjalanan di kota-kota lain yang telah bekerja sama dengannya. Ignas menjelaskan Agen Perjalanan lokal biasanya memiliki mitra bisnis Bepergian di kota-kota besar termasuk Bali, Surabaya dan Jakarta.

“Tamu ini harus bertanya Agen Perjalanan di Labuhan Bajo, Agen Perjalanan lokal untuk mengirim kontak, jika mungkin tiga atau empat mitra biro perjalanan jadi bisa pemeriksaan kembali ke mitra itu, memang yang bersangkutan di Labuan Bajo tidak pernah punyamenangani tamu keluar mitra biro perjalanan Itu kalau ada artinya aman, jadi penipuan bisa diminimalisir,” jelas Ignas.

“Karena penipuan ini sebenarnya terkadang dilakukan oleh oknum, biasanya mereka tidak memiliki jaringan yang luas, sehingga tamu harus mencari referensi untuk mengecek jujur ​​atau tidaknya Agen Perjalanan lain itu mitra dia selama ini,” lanjutnya.

Pemilik Komodo Fantastico Tour dan Bajo Transport di Labuan Bajo mengungkapkan, penipuan terhadap turis kebanyakan dilakukan oleh orang non-Indonesia. Agen Perjalanan. Mereka menggunakan media sosial untuk menjerat korbannya.

“Sebagian besar penipuan ini tidak diketahui Agen Perjalanan, kebanyakan oleh orang-orang yang tidak bermoral. Mereka punya modal untuk bisa bermain IT, bisa beriklan, bisa bermain Instagram sehingga bisa berjualan tanpa ada etika bisnis. Begitu mendapat uang dari tamu, mereka kabur dan kabur,” jelas Ignas.

3. Gali informasi dari Google atau media sosial

Traveler pun harus menggali informasi lewat Google atau media sosial tentang orang dan orang Agen Perjalanan Tawarkan paket wisata. “Minta nama akun media sosial yang bersangkutan, baik akun pribadi maupun sosial Mengejar“ucap Ignas.

4. Pastikan pembayaran melalui rekening perusahaan

Lengkap Tinjauan agen perjalanandan kemudian memastikan pembayaran oleh wisatawan melalui rekening perusahaan Agen Perjalanan, bukan ke akun pribadi orang yang menawarkan paket perjalanan. Uang muka cukup 20-30 persen.

5. Agen perjalanan berkantor di Labuan Bajo

Ketua Umum Asosiasi Agen Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Manggarai Raya Evodius Gonsomer menambahkan wisatawan perlu memastikan Agen Perjalanan mereka yang terpilih memiliki kantor atau kantor perwakilan di Labuan Bajo.

Simak video “Siloam Hospital Labuan Bajo Tawarkan Layanan Wisata Kesehatan Internasional”
[Gambas:Video 20detik]
(irb/dpra)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button