Taman Literasi Blok M Jakarta: Rumah Pencinta Sastra dan Pencinta Ketenangan - WisataHits
wisatahits

Taman Literasi Blok M Jakarta: Rumah Pencinta Sastra dan Pencinta Ketenangan

Taman Literasi Blok M Jakarta: Rumah Pencinta Sastra dan Pencinta Ketenangan

Ulasan Taman Literasi Blok M – Membaca menjadi kegiatan yang sangat digemari akhir-akhir ini, apalagi sejak pandemi melanda. Keterbatasan ragam aktivitas di berbagai kota, memaksa banyak orang untuk mengurangi aktivitasnya di luar rumah.

Taman Literasi

Hal semacam ini tentu saja membuat banyak waktu luang untuk melakukan aktivitas lain, termasuk membaca. Meski kini pandemi telah dinyatakan berakhir, kegiatan membaca tak pernah kehilangan penggemarnya. Hobi ini bahkan bisa kita adaptasi dengan tersedianya pilihan membaca di ruang terbuka seperti taman.

BACA JUGA: Hemat dan Hemat, Ini 8 Tempat Wisata Gratis di Bali

Setidaknya ada tiga taman literasi di Jakarta, yakni Taman Literasi Ismail Marzuki, Taman Literasi Cikini, dan Taman Literasi Blok M yang merupakan taman bacaan terpopuler di Jakarta. Taman yang berdiri di atas lahan seluas 1,5 hektar ini didedikasikan untuk promosi literasi dan membaca.

Taman Literasi Blok M (urbanasia)Taman Literasi Blok M (urbanasia)

Hei, tahukah kamu kalau tempat ini menjadi destinasi populer para pecinta buku dan masyarakat umum karena tempat nongkrong asik ini menawarkan berbagai fasilitas menarik dan semuanya akan dibahas di artikel kali ini. Yuk, simak ulasan lengkapnya!

Alamat : Jl.Sisingamangaraja, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota di Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
Kasus : Klik disini
Jam buka : 09.00 – 16.00 WIB

Harga Tiket Taman Literasi Jakarta dan Jam Buka

Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa Taman Literasi menjadi tuan rumah berbagai acara sastra dan budaya. Banyak penulis melakukan peluncuran buku, acara bercakap-cakapdan pembacaan puisi, serta workshop dan seminar dengan topik terkait literasi dan pendidikan di tempat ini.

Dengan mewujudkan konsep taman baca di lingkungan sekitar ruang terbuka, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun untuk mengakses perpustakaan, ruang baca dan ruang pertemuan. Jam buka Taman Literasi Jakarta berbeda untuk setiap cabang. Taman Literasi Blok M merupakan taman yang dibuka paling awal di antara 2 cabang lainnya yaitu pukul 09:00-17:00 WIB saat hari dalam seminggu dan 09:00-16:00 WIB kapan akhir pekan.

Fasilitas populer

Taman baca modern ini semakin populer karena memiliki berbagai fasilitas yang mendorong literasi dan pembelajaran, antara lain perpustakaan, ruang baca, area mendongeng, area diskusi, dan area bermain anak. Tujuan dari taman ini adalah untuk memberikan ruang bagi masyarakat untuk belajar, berpartisipasi dalam kegiatan budaya, serta menumbuhkan minat membaca dan belajar. Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa fasilitas penunjang kegiatan membaca di tempat ini cukup lengkap, sebagai berikut:

BACA JUGA: Review One Satrio: Tempat Kencan Terpopuler di Jakarta

1. Perpustakaan umum

Bagi Anda yang sedang mencari koleksi buku atau karya sastra penambah ilmu pengetahuan, Perpustakaan Taman Literasi Jakarta adalah tempatnya. Koleksi buku di perpustakaan ini cukup banyak dan bervariasi mulai dari buku pelajaran, novel, buku non fiksi, buku anak dan masih banyak lagi. Koleksi buku di perpustakaan ini akan terus bertambah dan diperbarui secara berkala. Jadi Anda tidak akan kehabisan bahan bacaan setiap kali berkunjung ke sini.

Pustakawan juga selalu siap membantu Anda mencari dan meminjam buku, merekomendasikan buku, menjawab pertanyaan Anda, dan membantu Anda dalam berbagai hal. Untuk menunjang kenyamanan pembaca, perpustakaan ini menyediakan ruangan ber-AC yang sejuk dengan meja dan kursi yang ditata secara ergonomis. Dijamin, Anda akan tenggelam dalam kenyamanan dan bahan bacaan yang lengkap.

Taman Literasi

2. Ruang baca

Jika Anda mencari suasana yang lebih tenang, Anda bisa berkunjung ke ruang baca yang tidak jauh dari perpustakaan kota. Ruangan yang didesain dengan dominasi warna cerah memberikan kesan modern dan tidak membosankan. Meja dan kursi di ruangan ini juga ditempatkan pada jarak yang cukup nyaman untuk Anda bekerja atau membaca dengan nyaman.

Karena ruangan ini lebih banyak digunakan untuk membaca atau bekerja, maka ruangan ini dilengkapi dengan pencahayaan yang cukup terang dan optimal. Selama berada di sini, Anda tidak akan kesulitan membaca buku atau bahan belajar karena ruangan ini dilengkapi dengan fasilitas seperti sinyal Wi-Fi yang cepat dan stabil serta jaringan listrik untuk mengisi daya perangkat elektronik, seperti laptop. atau ponsel.

3. Ruang pertemuan

Taman Literasi Jakarta menjadi rumah bagi pecinta kegiatan sastra, khususnya kawasan Blok M. Ada banyak sekali pengarang yang meluncurkan bukunya di sini. Misalnya Dee Lestari yang menggunakan ruang pertemuan Taman Literasi untuk peluncuran buku “Aroma Karsa” 2020.

Taman Literasi

Ruang pertemuan di lokasi di Jakarta ini dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan modern, seperti proyektor, layar proyeksi, sistem audio, meja dan kursi, serta sinyal Wi-Fi yang cepat dan stabil. Ruangan yang biasa digunakan untuk seminar, diskusi dan pelatihan ini memiliki beberapa ruang pertemuan dengan kapasitas yang berbeda-beda.

Untuk menggunakan ruang pertemuan di Taman Literasi Jakarta, Anda bisa mengajukan permohonan melalui website resmi atau menghubungi langsung pihak pengelola. Pengelola tempat tersebut akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai kapasitas dan ketersediaan ruang pertemuan, serta biaya dan persyaratan penggunaan ruang pertemuan yang akan Anda gunakan.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Tempat Makan Murah dan Enak di Indonesia Raya

4. Area taman terbuka

Tak hanya ramah pembaca, Taman Literasi juga memiliki taman hijau terbuka yang luas dan asri yang dipenuhi berbagai jenis tanaman hias dan pepohonan. Keberadaan kawasan ini tidak hanya memberikan kesan kesegaran dan keindahan, tetapi juga ketenangan yang nyata.

Taman ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti bangku-bangku taman yang tersebar di berbagai sudut taman. Anda bisa duduk santai di bangku taman sambil menikmati keindahan taman dan suasana yang tenang. Selain itu, ada juga area lintasan Joging di sekitar taman yang bisa anda gunakan untuk berolahraga dan menyejukkan diri sambil menikmati suasana alam yang sejuk dan menenangkan.

5. Tempat bermain anak

Literacy Park juga menawarkan taman bermain yang cukup luas dan beragam permainan sesuai usia. Beberapa jenis permainan yang tersedia di taman bermain anak di Taman Literasi Blok M ini antara lain perosotan, ayunan, mainan pasir dan taman bermain air. Selain itu, terdapat pula area yang dilengkapi dengan ayunan gantung yang dapat digunakan oleh anak-anak atau keluarga yang ingin bersantai menikmati suasana taman.

Konon, Taman Literasi merupakan tempat yang sangat direkomendasikan bagi pecinta buku dan masyarakat umum yang ingin menikmati suasana nyaman dan tenang untuk membaca atau aktivitas lainnya.

Taman Literasi

Keberadaan taman hijau terbuka dan perpustakaan menjadikan Taman Literasi sebagai tempat favorit untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, teman atau waktu untuk diri sendiri. Entah itu menikmati alam, berolahraga, atau mencari ketenangan dalam membaca, Taman Literasi dapat membuat semuanya menjadi lebih mudah. Sangat menarik bukan?

Source: anekatempatwisata.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button