5 Wisata Religi di Kaltim Nomor 3 Bisa Melihat Al Quran Berusia 400 Tahun - WisataHits
Jawa Timur

5 Wisata Religi di Kaltim Nomor 3 Bisa Melihat Al Quran Berusia 400 Tahun

JAKARTA, iNews.id – Wisata religi di Kalimantan Timur (Kaltim) sangat beragam. Biasanya ramai dengan umat Islam ketika hari libur umum atau hari besar Islam datang.

Wisata tersebar di beberapa lokasi di Kalimantan Timur. Beberapa di antaranya berupa ziarah ke makam tokoh-tokoh besar atau tempat ibadah.

Berikut lima tempat wisata religi di Kaltim yang bisa dikunjungi saat liburan, seperti dikutip dari berbagai sumber oleh iNews.id, Sabtu (15/10/2022).

Wisata Religi di Kalimantan Timur

1. Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda merupakan salah satu destinasi wisata religi di Kalimantan Timur. Tempat ibadah ini terletak di ibu kota Kalimantan Timur, Samarinda, tepat di desa Teluk Lerong Ulu.

Dengan luas 43.500 meter persegi, Islamic Center Samarinda dikatakan sebagai salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara bersama dengan Masjid Istiqlal di Jakarta, Masjid Agung Surabaya dan Masjid Raya Baiturrahman di Aceh.

Selain gedung utama, Islamic Center Samarinda juga memiliki gedung paviliun seluas 7.115 meter persegi. Lantai dasar masjid memiliki luas 10.270 meter persegi dengan luas basement 10.235 meter persegi.

Lokasi pembangunan Islamic Center Samarinda ini merupakan bekas kawasan hutan hibah PT Inhutani I kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur.

Keunikan masjid ini terletak pada salah satu dari tujuh menara masjid yang memiliki ketinggian 99 meter. Tingginya memiliki arti Asmaul Husna atau nama-nama Allah SWT hingga 99 buah. Sedangkan enam menara lainnya menandakan jumlah rukun iman.

2. Masjid Agung Nurul Falah

Kabupaten Paser memiliki Masjid Kebanggaan sendiri. Masjid tersebut bernama Masjid Agung Nurul Falah dan terletak di Desa Tanah Grogot.

Masjid ini dibangun pada tahun 1942. Masjid Agung Nurul Falah dibangun tidak hanya untuk memfasilitasi ibadah bagi umat Islam, tetapi juga untuk menjadi simbol perkembangan agama Islam.

Penerbit: Rizky Agustian

Bagikan artikel:

Tombol berbagi baris

Source: kaltim.inews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button