Desa Wisata Undisan Masuk 50 Besar ADWI dan Harus Jadi Inspirasi Daerah Wisata Lainnya - WisataHits
wisatahits

Desa Wisata Undisan Masuk 50 Besar ADWI dan Harus Jadi Inspirasi Daerah Wisata Lainnya

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menikmati kesuksesan Desa Wisata Undisan di Bangli, Bali karena mampu masuk dalam daftar Top 50 Desa Wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Menparekraf Sandiaga Uno berharap pengelolaan atraksi yang dihadirkan oleh stakeholders pariwisata di desa wisata Undisan dapat menginspirasi daerah lain dalam pengembangan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan serta ekonomi kreatif.

Desa Wisata Undisan Masuk 50 Besar ADWI dan Harus Jadi Inspirasi Daerah Wisata LainnyaDesa wisata Undisan masuk 50 Besar ADWI dan patut menjadi inspirasi kawasan wisata lainnya, foto: Kemenparekraf

Menparekraf Sandiaga saat berkunjung ke Desa Wisata Undisan di Bangli pada Jumat (12/8/2022) mengatakan, pengelolaan Desa Wisata Undisan termasuk yang terbaik karena mengedepankan community based tourism yang mendukung masyarakat adat.

“Saya ucapkan selamat kepada Desa Wisata Undisan yang telah menjadi salah satu dari 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia, Indonesian Tourist Village Award 2022.

Ini adalah yang terbaik dari yang terbaik di mana pariwisata komunitas, komunitas adat sangat dihormati.

Ini juga menyoroti prinsip-prinsip digitalisasi berkelanjutan dan harus menjadi sumber inspirasi bagi daerah wisata lainnya, ”

kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Desa Wisata Undisan terletak di Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli.

Masyarakat Desa Undisan sebagian besar berprofesi sebagai petani, penggembala dan pengrajin bunga emas dan perak.

Yang satu ini kemudian dikemas dengan sangat apik oleh penanggung jawab Desa Wisata Undisan.

Didukung oleh suasana alam yang asri dan segar, Desa Wisata Undisan menawarkan wisata yang memiliki daya tarik yang kuat.

Pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Desa Wisata Undisan di bawah naungan Desa Adat Undisan Kelod yang masih melestarikan seni budaya, diperkuat dengan awig-awig/peraturan desa adat.

Beberapa kegiatan budaya yang masih berlangsung antara lain upacara adat, pelestarian candi, subak, pembekalan upacara Ngaben, dan pelestarian tarian sakral.

Di Desa Wisata Undisan terdapat berbagai homestay yang menyediakan fasilitas dan aktivitas menarik bagi wisatawan.

Diantaranya, belajar menari dan melihat penampilan para penari yang mengenakan pakaian lokal, menikmati sajian kuliner khas, dan wisatawan juga bisa ikut serta dalam proses pembuatannya.

“Ini kesempatan kita untuk mendukung kebangkitan ekonomi kita, kebangkitan sektor pariwisata melalui desa-desa wisata.

Di tengah pandemi, terbukti tingkat kehadiran desa wisata meningkat 30%.

Di tengah pandemi, ketika pariwisata mengalami kesulitan, ternyata desa wisata menjadi pilihan utama karena konsep yang dijual adalah keseharian warga desa di alam yang sangat terbuka,”

kata Sandiaga.

Ia juga berharap Desa Wisata Undisan berhasil menjadi yang terbaik di antara 7 kategori ADWI 2022.

Pada ADWI 2022, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melibatkan mitra strategis untuk berkolaborasi dalam pengembangan desa wisata.

Terutama desa wisata yang masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik. Desa Wisata Undisan akan didukung oleh Adira Finance untuk mengembangkan desa wisata ramah muslim.

“Melalui Adira Finance Syariah, kami juga mendukung Program Pariwisata Ramah Muslim Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan berkontribusi dalam pengembangan sarana dan prasarana tempat ibadah umat Islam di 5 desa wisata yang masuk dalam 50 desa wisata terbaik 2022. .

Kami berharap dukungan ini dapat membawa manfaat bagi pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Desa Wisata,”

kata Direktur Keuangan Adira Dewa Made Susila.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button