Tinjil Pulau Pandeglang - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Tinjil Pulau Pandeglang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Perjalanan

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp100.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Cikiruhwetan, Kec. Cikeusik, Kab. Pandéglang, Banten; Kasus: Cek lokasi

Bagi Anda yang bosan mengunjungi tempat yang sama, Pulau Tinjil Pandeglang bisa menjadi salah satu destinasi menarik yang tidak boleh Anda lewatkan. Pasalnya, pulau yang menawarkan pemandangan menakjubkan ini akan memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung. Buat kamu yang penasaran dengan keindahan pulau ini, kamu bisa menyimak ulasan selengkapnya tentang Pulau Tinjil.

Atraksi di Pulau Tinjil

Aktivitas Pulau TinjilKredit gambar: Google Maps ksmtour.com

Bagi anda yang ingin berkunjung ke pulau ini maka anda akan disambut dengan keindahan panorama di pulau Tinjil. Ditemani dengan angin yang bertiup kencang pasti akan membuat anda lupa akan momen saat berkunjung ke tempat yang satu ini. Pulau yang terletak di Banten ini menyimpan sejuta atraksi yang akan menarik minat wisatawan. Untuk itu, bagi Anda yang ingin datang ke sini, Anda juga bisa menikmati pulau yang super eksotis.

Tidak hanya menampilkan keindahan alam yang akan membuat Anda ingin berkunjung, Anda juga bisa melihat kera ekor panjang. Memang, Pulau Tinjil Pandeglang adalah tempat berkembang biak alami bagi spesies monyet ini. Memiliki nama latin Macaca fascicularis, tempat ini juga sudah menjadi tempatnya sejak tahun 1988.

Pengelolaan kera ekor panjang dilakukan oleh Pusat Kajian Primata atau PSSP Institut Pertanian Bogor. Dimana tempat yang satu ini juga untuk lembaga pendidikan, penangkaran, pelatihan dan pendidikan mahasiswa dan staf di dalam dan di luar IPB. Terutama bagi Anda yang tertarik dengan bidang primatologi.

Kera-kera di Pulau Tinjil, Pandeglang ini nantinya akan dijadikan hewan percobaan dan penelitian. Dengan memiliki kualitas genetik yang tinggi dan baik untuk penelitian, di dalam dan di luar negeri. Tidak hanya kera ekor panjang saja yang ada di tempat ini, namun ada juga primata lain yang juga berkembang biak di pulau ini, di antaranya beruk atau yang memiliki nama latin Macaca Nemestrina.

Alamat dan Rute Menuju Pulau Tinjil Lokasi

Alamat Pulau TinjilKredit gambar: Google Maps David Muflihano

Terletak di Samudera Hindia, Pulau Tinjil merupakan salah satu pulau kecil yang wajib Anda kunjungi. Terletak di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, pulau ini juga merupakan salah satu pulau paling terpencil di Indonesia. Pulau yang memiliki luas sekitar 600 hektar ini cukup mudah diakses. Bagi Anda yang ingin mencapai lokasi pulau ini, Anda juga bisa menempuhnya dengan menggunakan perahu nelayan.

Kemudian Anda bisa menyewanya dari warga yang berada di Binuangeun dengan menempuh jarak sekitar 16 kilometer atau kurang lebih, Anda bisa menempuh perjalanan dalam waktu dua jam. Namun, sebelum menaiki perahu atau perahu nelayan, Anda juga harus menempuh perjalanan sekitar 10 jam melalui Kadipaten untuk sampai ke Binuangen.

Selain itu, Anda juga bisa menuju pulau ini dengan menuju ke desa Cikruhwetan, Cikeusik. Menggunakan angkutan umum, Anda juga dapat menemukan sarana transportasi yang akan membawa Anda ke terminal bus kota di kecamatan Cikeusik. Setelah itu, Anda juga bisa menggunakan ojek untuk menuju desa Cikruhwetan.

Biaya Perjalanan ke Pulau Tinjil, Pandeglang

Biaya Berkunjung ke Pulau TinjilKredit Gambar: Google Maps harsono hadisumarjo

Bagi anda yang ingin mengunjungi pulau ini saat liburan, anda juga perlu mengetahui berapa harga tiket masuk yang harus anda keluarkan. Jadi kamu bisa menyiapkan kocek yang pas saat ingin berkunjung ke Pulau Tinjil. Pada umumnya harga tiket masuk ke tempat ini akan berbeda antara hari libur nasional dan hari masuk biasa.

Namun, entah itu weekdays atau weekend, bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pulau Banten ini juga bisa menyiapkan kocek yang berjumlah sekitar 100.000 rupiah. Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan dana yang cukup untuk berlibur di tempat ini. Mulai dari kebutuhan akomodasi, transportasi hingga membeli makanan selama perjalanan ke Pulau Tinjil, Pandeglang.

Aktivitas menarik di Pulau Tinjil

Aktivitas di Pulau TinjilKredit gambar: Google Maps David Muflihano

Bagi Anda yang ingin berlibur di pulau ini, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik di tempat ini. Bagi Anda yang ingin menyendiri sambil menikmati semilir angin, Pulau Tinjil akan menjadi tempat yang tepat. Selain itu, Anda juga bisa bermain air selama berada di sini. Ini pasti akan menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan.

Untuk itu, bila Anda memiliki hobi memancing, Pulau Tinjil bisa menjadi tempat wisata yang cocok untuk memancing. Sepanjang pantai yang berpasir putih dengan vegetasi tanaman akan membuat Anda betah duduk di tepi pantai. Di tempat ini juga nantinya Anda akan menemukan banyak karang dengan warna-warni yang indah.

Memiliki warna air yang jernih tentunya akan membuat Anda semakin nyaman untuk berjalan-jalan dan berwisata di Pulau Tinjil. Di tempat ini juga terdapat penangkaran monyet yang bisa menjadi sarana edukasi bagi si kecil. Karena ada beberapa jenis kera yang ada di penangkaran, maka saat berkunjung ke tempat ini pengunjung harus menjalani pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu.

Hal ini untuk mencegahnya nantinya menularkan berbagai penyakit kepada populasi kera di daerah tersebut. Sehingga kera tidak terkena virus atau patogen dari pengunjung. Setelah itu, Anda bisa menikmati berbagai aktivitas seru di pulau yang menawarkan pemandangan menakjubkan ini.

Akomodasi di Pulau Tinjil

Akomodasi di Pulau TinjilKredit gambar: Google Maps Gamin Gessa

Jika Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu mengunjungi Pulau Tinjil, Anda juga bisa menginap di hostel yang ada di sebelah pulau ini. Untuk ini, Anda juga bisa mencoba menginap di Berkah Resort yang memiliki tempat yang bagus untuk memancing. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki hobi memancing, disarankan juga untuk menginap di tempat ini.

Selain itu, hostel ini memiliki bentuk yang cukup eksotis. Dengan rumah kayu dan tempat tidur yang nyaman, resort ini juga akan menjadi tempat menginap dan bersantai setelah seharian berjalan-jalan dan bermain di Pulau Tinjil, Pandeglang. Hostel ini langsung menghadap pulau sehingga Anda bisa mendapatkan pemandangan yang menarik di pagi hari.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Tinjil

Fasilitas Pulau TinjilKredit gambar: Google Maps Abdul Latif RF

Memiliki tempat yang eksotis dan asri tentunya akan sangat cocok jika dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang akan membuat Anda semakin nyaman. Di Pulau Tinjil sendiri juga terdapat sejumlah fasilitas penunjang yang akan mampu melayani para pengunjung yang datang. Dari area parkir kendaraan cukup luas untuk memudahkan parkir kendaraan pribadi anda.

Selain itu, ada juga mushola agar Anda lebih nyaman beribadah di pulau ini. kamar mandi atau toilet juga tersedia lengkap di lokasi ini. Jadi ketika kamu selesai bermain air dan kamu juga basah, kamu juga bisa langsung mandi atau ganti baju. Untuk ini, ketika Anda pulang ke rumah atau tiba di asrama, Anda sudah dalam keadaan bersih.

Bagi Anda yang lapar, tidak perlu khawatir. Pasalnya, ada restoran di Pulau Tinjil. Sehingga membantu Anda mengatasi perut keroncongan. Tempat istirahat dan akomodasi terdekat juga tersedia di lokasi ini. Untuk itu, bagi Anda yang ingin bermalam, Anda juga bisa mencari penginapan terdekat yang sesuai dengan pilihan dan selera Anda.

Inilah hal-hal yang harus Anda ketahui tentang Pulau Tinjil. Pulau Sejuta Keindahan bisa menjadi tempat yang wajib dikunjungi selama Anda berada di Pandeglang. Jadi, ketika Anda berada di kota ini, Anda kemudian akan memiliki kenangan manis pulau dengan pemandangan eksotis yang akan sulit untuk Anda lupakan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button