Kunjungan Turis ke Nusantara Lewati Target, Itu Kuncinya - SDGs News - WisataHits
Jawa Tengah

Kunjungan Turis ke Nusantara Lewati Target, Itu Kuncinya – SDGs News

SEMARANG, Kabar SDGs – Jumlah wisatawan Nusantara (lokal) yang berkunjung ke objek wisata di Provinsi Jawa Tengah pada periode Januari-Agustus 2022 melebihi target yang ditetapkan.

“Target wisman nusantara di Jateng tahun 2022 11 juta orang, sampai Agustus 2022 kita sudah melebihi target 26,5 juta wisman nusantara,” kata Direktur Pemasaran Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah. , Setyo Irawan di Semarang, Minggu (10/2/2022).

Ia melanjutkan, capaian terkait wisatawan Nusantara tidak lepas dari komitmen Pemprov Jateng dalam pengembangan sektor pariwisata olahraga, desa wisata serta berbagai kegiatan pariwisata dan pengembangan destinasi wisata.

Hal ini juga didukung oleh kebijakan pemerintah kabupaten/kota yang kompak yang menarik wisatawan dengan berbagai event dan program wisata.

“Jumlah event sport tourism yang digelar mencapai 121, dua event besar yaitu Tour de Borobudur dan Borobudur Marathon sudah di depan mata,” kata Setyo.

Meski target jumlah kunjungan wisatawan sudah terlampaui, kata dia, Pemprov Jateng tetap menargetkan penambahan jumlah kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi seperti Candi Borobudur, Dataran Tinggi Dieng, Sangiran, dan Kepulauan Karimunjawa.

“Minat wisatawan di Jawa Tengah terhadap pariwisata cukup tinggi, meski meningkat, bisa melebihi atau setidaknya menyamai level sebelum pandemi, yaitu sekitar 49 juta. Untuk mengejar hingga 13 juta pada 2022, mudah-mudahan sama seperti sebelum pandemi,” kata Setyo.

Saat ini terdapat 1.235 destinasi wisata dan 818 desa wisata di Jawa Tengah. Oleh karena itu, Pemprov Jateng secara aktif melakukan penguatan, termasuk dengan memberikan dukungan gubernur kepada desa-desa terverifikasi.

Diketahui dukungan desa wisata maju mencapai Rp 1 miliar sedangkan desa wisata berkembang mencapai Rp 500 juta dan desa wisata perintis mencapai Rp 100 juta.

Pada tahun 2022, terdapat 131 desa wisata di Jawa Tengah yang menerima bantuan senilai total Rp18,5 miliar.

Source: kabarsdgs.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button