Tiket dan Aktivitas CIPAMINGKIS CURUG - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas CIPAMINGKIS CURUG

Tiket dan Aktivitas CIPAMINGKIS CURUG

Harga tiket masuk Air Terjun Cipamangkis : Rp 35.000 – Rp 50.000. Jam buka: 07:00 – 16:00 WIB. Nomor telepon: 0813-5994-6640. Alamat: Jonggol, Wargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16830.

Indonesia dengan kekayaan alamnya memiliki banyak potensi wisata alam. Jenisnya pun beragam, mulai dari wisata gunung, hutan, danau, perbukitan hingga air terjun. Salah satu destinasi yang paling diminati saat ini adalah wisata air terjun Air Terjun Cipamingkis, Bogor.

Air Terjun Cipamingkis terletak di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari kota besar seperti Jakarta, Depok dan sekitarnya menjadikan curug ini primadona baru. Pengelolaannya juga cukup tertata sehingga menjadikan tempat yang selalu ramai ini sebagai alternatif kawasan Puncak sebagai tempat berlibur.

Tiket Masuk Air Terjun Cipamingkis

Tiket masuk kawasan wisata air terjun Cipamingkis berbeda untuk wisatawan lokal atau domestik (wisnu) dan wisatawan mancanegara (wisman). Harga tiket masuk sudah termasuk biaya untuk menikmati wahana. Ada juga biaya tersendiri bagi pengunjung yang ingin bermalam di hostel atau bumi perkemahan.

Biaya masuk
Tiket masuk domestik hari biasa Rp35.000
Tiket masuk domestik akhir pekan Rp40.000
Tiket masuk wisata internasional Rp 50.000
Sewa kavling/perkemahan weekdays dan weekend Rp 25.000
tiket parkir
PARKIR MOTOR Rp5.000
Tempat parkir mobil Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk dan Wahana NIRVANA VALLEY Bogor Lengkap

Informasi penting terkait kunjungan ke air terjun Cipamingkis:

  • Anak-anak di bawah 2 tahun gratis.

Jam buka

Kawasan wisata air terjun ini buka setiap hari minggu dan hari libur nasional. Jam operasional tertentu berlaku untuk pengunjung yang tidak menginap. Saat musim liburan, datanglah pagi-pagi untuk menghindari keramaian.

Jam buka
Jam buka 07.00 – 16.00 WIB

Baca: 10 Curug Terbaik di Bogor

Air Terjun Cipamingkis

Air Terjun Cipamingkis BogorAir Terjun Cipamingkis belakangan ini menjadi destinasi wisata yang populer – Foto: Google Maps/Dwi Prasetyo

Air Terjun Cipamingkis merupakan air terjun yang terbentuk pada pertemuan dua sungai yaitu Sungai Cipamingkis dan Sungai Cisarua. Salah satunya yang kemudian menjadi asal muasal nama air terjun ini. Air Terjun Cipamingkis merupakan tempat wisata dengan memanfaatkan luas sekitar 16,5 hektar.

Meski daya tarik utamanya adalah air terjun, ternyata banyak aktivitas yang bisa dinikmati di tempat wisata alam ini. Jika biasanya aktivitas di lokasi wisata air terjun hanya sebatas bermain air dan berswafoto, lain halnya di sini. Tempat ini telah dikelola secara optimal dengan dibangunnya berbagai fasilitas tanpa merusak keindahan alam aslinya.

Baca: Tiket Masuk CURUG BIDADARI dan Berbagai Kegiatannya

Keindahan air terjun Cipamingkis

Aliran air Curug CipamingkisCurug Cipamingkis merupakan pertemuan dua sungai – Foto: Google Maps/abah abib

Air Terjun Cipamingkis dikelilingi oleh berbagai pohon tinggi. Dahulu, kawasan di sekitar air terjun ini memang merupakan persemaian hutan pinus. Itu sebabnya medan di sekitar air terjun dan tempat rekreasi penuh dengan pohon pinus.

Air terjun setinggi 7 meter ini merupakan aliran air dari Gunung Halimun Timur. Tempat bertemunya dua sungai dengan air yang masih bersih dan jernih. Sungai yang dangkal membuat area di sekitar air terjun ideal untuk bermain air atau sekedar berfoto. Namun, pengunjung harus selalu berhati-hati terhadap bebatuan dan permukaan yang licin.

Apalagi ada mitos yang menyelimuti air terjun ini. Konon, Curug Cipamingkis merupakan tempat tinggal Pangeran Kahyangan dan Dewi Ular yang saling mencintai dan setia. Siapa pun yang mandi di bawah alirannya di pagi hari akan diberkahi dengan cinta yang serupa. Air Curug Cipamingkis juga dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Baca: 29 TEMPAT WISATA PALING SPEKTAKULER DI BOGOR

Sudut selfie yang unik

Perahu Asmara Curug CipamingkisPengunjung disuguhi banyak pilihan spot selfie – Foto: Google Maps/Mirhan Fauzi

Obyek wisata air terjun Cipamingkis tidak hanya menawarkan keindahan dan keaslian alamnya saja. Bagi pengunjung yang suka ber-selfie atau selfie, ada berbagai fasilitas yang akan mempercantik background foto. Diantaranya adalah monumen bintang raksasa dan aku mencintaimu cocok untuk pasangan atau keluarga.

Selain tugu, ada pula Taman Baratayudha yang memiliki hiasan patung Kresna di atas kereta perang yang ditarik kuda. Taman ini juga memiliki air mancur yang indah. Sedangkan di atas sungai terdapat jembatan cinta bambu dan jembatan Perahu Asmara. Paviliun hanya dapat menampung maksimal dua orang.

Baca: Tiket Masuk CURUG NANGKA, Kegiatan dan Itinerary

Di dalam hutan pinus terdapat rumah pohon yang sengaja dibangun oleh pengelola. Untuk menuju tempat ini, pengunjung harus melewati jembatan gantung. Rumah pohon, jembatan gantung, dan pemandangan dari atas bisa menjadi spot selfie yang menarik.

Jajaran bangunan hostel juga menjadi target jualan yang hot untuk berswafoto. Bangunan berbentuk segitiga ini sering dipilih sebagai background foto. Pengunjung dapat menikmati bangunan berwarna-warni ini untuk mengabadikan momen kunjungan mereka ke air terjun Cipamingkis.

Berkemah dan akomodasi

Pondok bambu di dekat air terjunPilihan bermalam di sekitar air terjun adalah penginapan atau berkemah – Foto: Google Maps/Deden Mulyana

Bagi wisatawan yang ingin bermalam di sekitar air terjun, tersedia pilihan menginap di hostel atau di bumi perkemahan. Jumlah penginapan cukup banyak dengan berbagai bentuk. Ada yang berbentuk bangunan kayu segitiga warna-warni dan bangunan yang terbuat dari gubuk bambu.

Jika ingin lebih dekat dengan alam, pengunjung bisa membawa tenda sendiri atau menyewa dari pihak pengelola. Biaya sewa bervariasi tergantung ukuran tenda yang diinginkan. Kendaraan pribadi juga bisa parkir di dekat tenda untuk memastikan keamanannya. Ada juga sumber listrik yang bisa disewa jika diperlukan.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas CURUG LEUWI HEJO

Taman Wisata Alam Curug Cipamingkis dengan segala fasilitasnya yang lengkap bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melakukan aktivitas keluar. Pengelola menyediakan ruang kegiatan rubah terbang, berenang, trekking. Ada juga serangkaian kegiatan sosialisasi yang biasanya diselenggarakan oleh kantor dan lembaga pendidikan.

Kolam terapi ikan

Kolam terapi ikan di sekitar air terjunPengunjung dapat melepas penat di kolam terapi ikan – Foto: Google Maps/Maulana Edogawa

Fasilitas ini adalah favorit pengunjung yang lebih tua. Air Terjun Cipamingkis menawarkan kolam berisi ikan untuk terapi kaki. Kolam terapi ini bisa digunakan bersamaan karena ukurannya yang besar.

Pengunjung hanya perlu mencelupkan kaki ke dalam air. Ikan akan segera mendekat dan mengerumuni kakinya, lalu memakan lapisan lengket kulit mati dan kotoran. Gigitannya akan memberikan sensasi kesemutan dan dianggap terapi untuk kaki. Sambil menghilangkan pegal-pegal, sangat cocok jika Anda menghabiskan sisa kunjungan Anda di kolam ini.

Baca: Tiket Masuk Air Terjun Seribu dan Beragam Aktivitas Menariknya

Fasilitas air terjun Cipamingkis

Peralatan yang tersedia sangat lengkap. Tempat parkir, toilet dan kamar mandi, serta mushola tersedia di sini. Semuanya terpelihara dengan baik, terutama toilet dengan air bersih mengalir 24 jam sehari. Fasilitas hiburan meliputi area selfie, penginapan, bumi perkemahan, taman, kolam renang, dan kolam terapi ikan.

Ada banyak warung makanan dan minuman yang buka di sini. Menu yang dijual beragam mulai dari makanan berat seperti nasi hingga makanan ringan. Air panas juga tersedia bagi yang ingin menikmati minuman panas. Penasihat medis juga waspada untuk menangani masalah kesehatan atau kecelakaan.

Akses air terjun Cipamingkis

Lokasi air terjun dapat ditempuh menggunakan sepeda motor dan mobil pribadi. Akses jalan mudah karena kondisi jalannya bagus, namun sebaiknya membawa kendaraan yang kokoh untuk melewati tanjakan dan turunan. Jarak dari tempat parkir ke air terjun tidak terlalu jauh.

Alamat air terjun Cipamingkis

Air terjun ini terletak di kawasan Bogor Timur. Tempat wisata alam ini dapat diakses dari kota Cibinong atau Sentul sekitar 32 km, dari Bekasi – Jonggol sekitar 50 km dan dari kawasan wisata Taman Bunga Nusantara sekitar 17 km.

Air terjun ini terletak di Jonggol, Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor – Jawa Barat 16830. Telepon: (021) 8794-3662 / (021) 8794-4243

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button