Pantai Parai Tenggiri, pantai indah dengan bebatuan granit yang eksotik di Bangka - WisataHits
wisatahits

Pantai Parai Tenggiri, pantai indah dengan bebatuan granit yang eksotik di Bangka

Pantai Parai Tenggiri, pantai indah dengan bebatuan granit yang eksotik di Bangka
Harga tiket: Rp 25.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung; Kasus: Verifikasi lokasi

Kepulauan Bangka Belitung terkenal dengan sektor pariwisata dengan keindahan yang menakjubkan. Terbukti dengan keberadaan pantai Parai Tenggiri yang selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Eksotisme pantai ini sudah tidak diragukan lagi, perpaduan antara pasir putih, bebatuan alam dan air yang berwarna biru kehijauan menjadi pemandangan indah yang disuguhkan.

Pemandangan lain juga didapat dari pantai tersembunyi ini, yaitu pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang pantai. Dengan pesona alam yang ditawarkannya, tak heran jika masyarakat pantai cantik ini menjadi kebanggaan warga setempat. Wisatawan yang datang berkunjung juga pasti bangga dengan kekayaan alam nusantara ini. Apalagi jika banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di sana.

Sebelum dikenal dengan nama Pantai Parai Tenggiri, objek wisata cantik ini dikenal dengan nama Pantai Hakok. Perubahan nama tersebut dilakukan oleh Presiden Soekarno pada masa pengasingannya. Ia bersama kerabat dan teman-temannya sering menikmati olahan ikan tenggiri di pinggir pantai. Tujuan utama dari perubahan nama tersebut juga tidak terlepas agar lebih berbau nusantara, karena Hakok sendiri tentunya sudah asing di telinga masyarakat Indonesia.

Selain alasan tersebut, ada juga alasan lain mengapa nama tersebut digunakan. Menurut penduduk setempat, kata ‘Parai’ berarti ‘Surga’. Sedangkan kata ‘Tenggiri’ diambil karena sebelumnya pantai ini berfungsi sebagai tempat berlabuh bagi para nelayan yang membawa pulang hasil tangkapan ikan kembung. Sayangnya, saat ini tidak ditemukan nelayan yang membawa pulang ikan karena hanya fokus pada wisata alam.

Daya tarik yang dimiliki Pantai Parai Tenggiri

Daya tarik pantai Parai TenggiriKredit gambar: Google Maps Toto Hugo

Dijamin setiap objek wisata memiliki daya tarik tersendiri. Ini juga yang menjadi alasan mengapa banyak turis dari jauh yang rela berkunjung. Dalam hal ini, daya tarik pantai Parai Tenggiri cukup menjadi alasan yang baik untuk mengunjunginya.

1. Panorama Alam Pantai Parai Tenggiri

Apa yang Anda nikmati saat berkunjung ke pantai indah ini mungkin tidak Anda temukan di tempat wisata lainnya. Keindahan air lautnya yang jernih berwarna biru kehijauan langsung membuat mata tertuju padanya. Bebatuan besar dan kecil menghiasi setiap pantai dengan tata alam yang alami. Uniknya, bebatuan tersebut merupakan jenis batu granit yang jarang ditemukan di sekitar pantai.

Pemandangan alam semakin lengkap dengan keberadaan Rock Island yang dihubungkan oleh jembatan unik sepanjang 200 meter. Di kanan dan kiri jembatan dilengkapi dengan lampu taman agar semakin indah. Untuk menikmati panorama alam buatan ini, sebaiknya datanglah pada malam hari.

2. Penataan Batu Granit yang Menawan

Selain pemandangan alamnya yang indah, daya tarik lain dari Pantai Parai Tenggiri adalah adanya bongkahan batu granit yang tersebar di sepanjang pantai. Beberapa batu besar bahkan menjorok ke laut, namun tidak semuanya terendam. Di bebatuan inilah banyak wisatawan mencari spot foto untuk mengabadikan momen liburan.

Bahkan terdapat tumpukan bebatuan yang cukup tinggi sehingga membutuhkan tenaga lebih untuk memanjatnya. Meski demikian, wisatawan tidak pernah patah semangat untuk berswafoto di atas batu karang tersebut. Ada juga batu-batu kecil yang menghiasi pantai secara terpisah. Permukaannya yang halus kerap dijadikan titik tumpuan bagi mereka yang ingin mengambil foto santai.

3. Terdapat beberapa wahana air yang menarik

Untuk menarik wisatawan, pihak swasta pengelola Pantai Parai Tenggiri menawarkan berbagai permainan air yang pasti diapresiasi. Sebut saja Jetski dan banana boat yang menambah pesona tersendiri. Selain itu ada juga parasailing yang sangat seru baik secara berkelompok maupun individu. Namun, jalan-jalan ini hanya bisa dinikmati saat cuaca mendukung.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai ParaiKredit Gambar: Elis Lsc di Facebook

Pantai menawan ini masih berada di Kecamatan Sungailiat, tepatnya di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Akses ke lokasi tidak terlalu sulit, namun angkutan umum masih sedikit. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan jasa travel yang bisa ditemukan di sekitar lokasi.

Khusus bagi Anda yang berasal dari luar Kepulauan Bangka Belitung, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun umum, arahkan tujuan Anda ke Bandara Depati Amir Bangka. Dari tempat ini Anda bisa menyewa kendaraan dengan supir. Namun jika menggunakan kendaraan pribadi, silakan langsung menuju kawasan Sungaliat dan berakhir di Pantai Parai Tenggiri. Jika kurang yakin, silahkan gunakan Google Map yang pasti ada di setiap smartphone.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Pantai ParaiKredit gambar: Facebook Gustalitha Armaningrum

Bisa dibilang harga tiket masuk ke pantai cantik ini cukup mahal yaitu 25.000 rupiah per orang. Hanya saja dengan harga segitu, pengalaman mendebarkan yang Anda dapatkan jauh lebih mahal. Oleh karena itu dapat diartikan bahwa tidak peduli berapapun biaya yang dikenakan, asalkan pengalaman yang didapat juga bermanfaat.

Pengunjung juga dikenakan biaya parkir, dengan tiket Rp 5.000 untuk yang membawa kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk mobil.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Parai Tenggiri

Kegiatan di Pantai Parai TenggiriKredit gambar: Google Maps Morme Taruna Halim

Tak masalah jika harga yang dikenakan di atas cukup mahal, asalkan Anda bebas melakukan aktivitas seru di Pantai Parai Tenggiri. Ada banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan, baik santai maupun merangsang. Berikut adalah beberapa aktivitas paling menarik yang dimaksud!

1. Bermain air dan berenang

Karena objek wisata kali ini berupa pantai yang tidak bisa dipisahkan dengan airnya, anda bisa bermain air saat berada disana. Cukup menarik jika anda bermain air di pantai, apalagi jika anda datang bersama keluarga. Bebatuan kecil dengan permukaan halus bisa dijadikan titik penopang, sementara tangan meraup air untuk memercikkan anak-anak.

Jika Anda merasa memiliki kemampuan berenang yang baik, silakan lakukan kegiatan ini. Ombak yang datang tidak sebesar pantai Parai Tenggiri yang tertutup oleh beberapa pulau lain di dekatnya. Airnya bersih dan jernih, sehingga sangat menyegarkan saat pertama kali menginjakkan kaki di dalamnya.

2. Wahana jetski yang menantang

Bagi sebagian wisatawan, wahana air di laut tentu berbeda dengan yang ada di kolam renang. Dibutuhkan tekad dan keberanian yang cukup untuk berlatih olahraga air seperti Jetskiing. Meski hampir tidak memerlukan keterampilan, Anda tetap perlu menguasai cara mengemudikan perahu motor cepat ini.

Seperti yang terlihat pada atraksi di atas, Anda juga bisa menikmati wahana menantang lainnya. Banana boat dan parasailing adalah beberapa di antaranya yang juga membutuhkan keberanian. Untuk banana boat sendiri merupakan salah satu permainan kelompok yang sangat membutuhkan keseimbangan agar tidak terjatuh. Kalau soal parasailing, tentu sangat tepat untuk menguji nyali dengan bantuan parasut yang ditarik oleh speedboat berkecepatan tinggi.

3. Cari spot foto yang indah

Kegiatan dilakukan Pantai Parai TenggiriKredit gambar: Google Maps AP Rachiem

Kegiatan fotografi menjadi hal yang paling penting dan bahkan harus dilakukan untuk melengkapi momen liburan. Tentunya Anda tidak ingin pulang tanpa mengabadikan momen indah pantai Parai Tenggiri bukan? Apalagi ada banyak spot foto atau video cantik yang bisa kamu gunakan sebagai background. Sebut saja bongkahan batu granit yang tinggi dan besar, Anda bisa berada di sana sembari membelakangi pantai agar terkesan semakin eksotis.

Tidak hanya itu, tentunya masih banyak spot lainnya yang bisa Anda coba. Memang semuanya merupakan spot liar karena pihak pengelola tidak membangun spot khusus untuk kegiatan ini, namun karena keindahan pantainya yang begitu mempesona, hampir setiap spot sangat bagus sebagai background foto.

4. Perhatikan matahari terbit dan terbenam

Tidak semua pantai bisa digunakan untuk mengagumi keindahan matahari terbit dan terbenam. Untungnya, panorama alam yang indah ini bisa Anda saksikan saat berada di pantai Parai Tenggiri. Sinar matahari yang muncul perlahan terlihat jelas, meski terkadang tertutup awan tebal.

Sementara menjelang malam, cahaya jingga yang khas menghiasi langit biru, menghasilkan gradasi warna yang menakjubkan. Agar kecantikan semakin sempurna, cobalah untuk melihatnya di tempat yang tepat. Hal ini dikarenakan lokasi pantai yang indah ini terkadang terhalang oleh pepohonan yang rindang dan juga pulau-pulau lain yang berada di sebelahnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Parai TenggiriKredit gambar: Google Maps Daniel Haposan Marbun

Pengelola Wisata Pantai Parai Tenggiri menyediakan fasilitas penunjang untuk kenyamanan wisatawan. Hal ini terlihat dari adanya mushola, toilet yang bersih dan nyaman, serta parkir dengan harga tersebut di atas. Ada juga warung untuk pengunjung yang ingin menikmati sensasi makanan di pantai.

Ada beberapa gazebo yang bisa Anda gunakan sebagai tempat istirahat untuk bersantai setelah beraktivitas. Pengunjung yang tidak ingin meninggalkan tempat segera memiliki penginapan dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman. Tarif dapat dikategorikan rata-rata dan masih merupakan harga standar tempat wisata.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata andalan warga Kepulauan Bangka Belitung ini? Agar lebih seru, pastikan untuk merencanakan dan mempersiapkannya dengan baik. Semoga informasi menarik tentang Pantai Parai Tenggiri ini membuat Anda semakin percaya diri untuk segera mengunjungi lokasi tersebut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button