Kunjungan wisatawan ke Jawa Barat meningkat dua kali lipat pada akhir tahun - WisataHits
Jawa Barat

Kunjungan wisatawan ke Jawa Barat meningkat dua kali lipat pada akhir tahun

KlikNUSE.com – Disparbud Jabar memperkirakan jumlah kunjungan wisatawan ke Jawa Barat (Jawa Barat) akan meningkat dua kali lipat pada akhir tahun 2022.

Setidaknya dibandingkan liburan yang sama tahun lalu (2021). Hal tersebut terjadi seiring dengan membaiknya pengendalian Covid-19 serta pertumbuhan ekonomi secara umum.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar Benny Bachtiar mengatakan selama liburan Natal dan Tahun Baru 2023, sejumlah destinasi populer masih menjadi tujuan utama wisatawan.

Ia pun memperkirakan peningkatan wisatawan bisa mencapai 2-3 kali lipat dibanding liburan akhir tahun lalu.

BACA JUGA: Disparbud Jabar Akan Bangun Konsep Wisata Alam Tanpa Merusaknya

“Tahun lalu sekitar 6-7 juta di akhir tahun. Tahun ini kemungkinan ada 12-18 juta wisatawan untuk destinasi wisata di Jawa Barat,” kata Benny dalam keterangan pers pekan ini.

Menurutnya, properti wisata outdoor atau alam akan menjadi unggulan mengingat Jabar memiliki banyak destinasi wisata unggulan.

“Kami insya Allah sedang berkoordinasi dengan kabupaten dan kota untuk mengharapkan peningkatan kegiatan akhir tahun ini, khususnya di wisata outdoor,” ujarnya.

BACA JUGA: Jaringan hotel terbesar di dunia bangkit kembali dalam perjalanan wisata tahun ini

Lompatan drastis

Diprediksi akan melonjak, Benny mengaku optimistis jumlah kunjungan wisatawan ke Jawa Barat tahun ini akan meningkat drastis.

“Hari ini sudah mencapai hampir 38 juta, saya optimistis bisa mencapai 40 juta, itu total untuk seluruh negara dalam dan luar negeri,” katanya.

Disparbud Jabar yang mengkampanyekan Jabar Tersenyum berharap kedatangan wisatawan akhir tahun ini tidak terkonsentrasi di daerah padat turis seperti Bandung Raya, Pangandaran, dan Bogor.

BACA JUGA: Okupansi kamar hotel meningkat lebih dari tahun lalu

“Supaya penyebarannya tidak terpaku pada area target yang diinginkan. Karena selama ini favoritnya Puncak, Lembang, Bandung Raya dan Bogor Raya,” ujarnya.

“Saat ini kita coba pindahkan ke timur seperti Majalengka, Kuningan,” lanjutnya.

Daerah Majalengka dan Kuningan sendiri memiliki potensi wisata alam yang luar biasa. Kedua kawasan tersebut juga sudah memiliki sejumlah desa wisata yang memiliki berbagai keunikan. ***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button