Tingkatkan Kunjungan Wisatawan dan Gelar Event, Disparbud Jabar Berikan Bimbingan Teknis untuk ASN Daerah - WisataHits
Jawa Tengah

Tingkatkan Kunjungan Wisatawan dan Gelar Event, Disparbud Jabar Berikan Bimbingan Teknis untuk ASN Daerah

MEJA – Dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan dan mengadakan event di wilayah Jawa Barat, Disparbud Jawa Barat bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif/Badan Pariwisata dan Industri Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf), telah mengembangkan bimbingan teknis pada capacity building untuk event organizer di Novotel Hotel Bandung pada Rabu 18 Oktober 2022.

Bimtek (Bimtek) ini diikuti oleh 80 orang pejabat (ASN) dari berbagai daerah di Jawa Barat.

Bimtek ini bertujuan untuk melatih ASN daerah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jawa Barat dengan mengadakan event.

Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan, tetapi juga pada sektor pariwisata.

Baca juga: Bencana Bali Tewaskan 6 Orang, Warga Asing Ungkapkan Simpati Bali Jadi Tren

Pandemi membuat wisatawan takut untuk mengunjungi suatu daerah dan memilih untuk tinggal di rumah.

“Pada 2019, sekitar 60 juta wisatawan berkunjung ke Jawa Barat. (Pada masa pandemi) Kemudian pada tahun 2020 turun drastis menjadi 21 juta orang. Pada tahun 2022, ini akan meningkat lagi menjadi 48 juta orang. Tujuan ini tentu bisa tercapai jika ada kerjasama dengan teman-teman ASN di daerah,” kata Benny Bachtiar, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.

Dalam kesempatan ini, Disparbud Jabar dan Kemenkraf saat ini tengah fokus mengembangkan salah satu potensi wisata Jabar yaitu desa wisata.

“Ada 5 kriteria destinasi desa liburan yang ideal. Ada 5 A. Aksesibilitas, Aktivitas, Atraksi, Akomodasi dan Amenitas,” kata Benny Bachtiar.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button