Harus mengunjungi! 10 Tempat Wisata di Solo yang Cocok Untuk Liburan - WisataHits
Jawa Tengah

Harus mengunjungi! 10 Tempat Wisata di Solo yang Cocok Untuk Liburan

menjawab – Banyak tempat wisata di Solo yang menawarkan berbagai fasilitas menarik dan menyenangkan. Sejumlah rekomendasi wisata di kota budaya ini cocok untuk dimasukkan dalam daftar destinasi wisata yang harus dikunjungi selama liburan.

Penasaran seperti apa tempatnya? Nah, berikut ini adalah deretan 10 tempat wisata di kota Solo yang menarik untuk dikunjungi yang dirangkum dari berbagai sumber.

Kirimkan museum pribadi

img_title

Museum Pribadi Tumurun. (Foto: Instagram @tummurunmuseum)

Museum Pribadi Tumurun merupakan salah satu tempat wisata di Solo yang sangat cocok bagi pecinta seni. Museum ini didirikan oleh Ivan Kurniawan Lukminto untuk menghormati almarhum ayahnya yang adalah seorang kolektor seni.

Museum ini terletak di Jl. Kebangkitan Bangsa #2 Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta memiliki dua lantai untuk dijelajahi di museum ini. Setiap lantai dibagi menjadi koleksi seni kontemporer dan modern.

Karena semua koleksi seni museum adalah milik pribadi, setiap pengunjung yang memasuki museum akan menerima instruksi dari petugas. Usai berkeliling museum bersama staf, setiap pengunjung diberikan waktu untuk berfoto dengan karya-karya seni di sana, dengan pemahaman bahwa flash tidak diperbolehkan.

Pengunjung tidak dikenakan biaya masuk untuk memasuki museum ini. Namun, pengunjung harus memesan terlebih dahulu melalui situs resminya.

Dan untuk menjaga museum tetap aman dan nyaman, jumlah pengunjung per hari dibatasi. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, harap reservasi terlebih dahulu.

Pasar Triwindu

img_title

Pasar Triwindu. (Foto: Instagram @pasartriwindu)

Bagi Anda pecinta barang antik dan vintage, Pasar Triwindu merupakan tempat wisata di Solo yang layak untuk dikunjungi. Banyak barang antik yang dijual di Pasar Triwindu, antara lain batik antik, uang logam kuno, koleksi barang mobil langka, serta lukisan dan ornamen antik dapat Anda temukan di sini. Terletak di Jl. Jenderal Sudirman No. 2 Surakarta (Kompleks Balai Kota).

Gedung Djoeang 45

img_title

Gedung Djoeang 45. (Foto: Instagram @gedungdjoeang45solo)

Objek wisata terdekat di Solo adalah gedung Djoeang 45. Gedung Djoeang 45 merupakan salah satu gedung bersejarah di kota Solo yang dihidupkan kembali menjadi pariwisata kekinian. Bangunannya berdiri indah dengan arsitektur khas Eropa dan bernuansa Mediterania.

Untuk jam operasional gedung Djoeang 45 mulai pukul 17.00 WIB. Untuk sampai ke sana, pengunjung hanya perlu membayar Rp 3.000 untuk parkir. Namun, jika ingin mengakses area yang lebih dalam, pengunjung harus membayar 15.000 rupee per orang.

Gedung Djoeang 45 merupakan salah satu tempat wisata baru di kota Solo yang populer di kalangan milenial karena instagramable. Gedung Djoeang 45 terletak di Jalan Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Kecamatan Ps. Kliwon, Kota Surakarta.

Taman Lawu

img_title

Taman Lawu. (Foto: Instagram @the_lawupark)

Lawu Park merupakan destinasi wisata solo di kaki Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar. Tempat wisata di Solo ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai wisata alam karena terdapat berbagai aktivitas seperti hiking, forest walk, flying fox dan sky walk.

Taman Lawu menawarkan pemandangan yang indah dan menenangkan. Kamu juga bisa berfoto dengan dekorasi background yang Instagramable.

Biaya masuk ke Lawu Park adalah Rp 15.000, dan setiap kegiatan di luar ruangan memiliki biaya sendiri.

Lawu Park buka dari hari Senin sampai Minggu dari pukul 09:00 – 18:00 WIB. Situs ini terletak di Bulakrejo, Desa Gondosuli Kidul, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Istana yang terdaftar

img_title

Istana Warisan. (Foto: Instagram @theheritagesolo)

Heritage Palace adalah tempat wisata solo di Honggobayan, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo. Tempat ini sudah dibuka sejak 9 Juni 2018.

Di sini pengunjung bisa melihat beberapa bangunan bersejarah, mobil antik, museum 3D dan Omah Walik. Kawasan wisata ini cocok untuk liburan keluarga.

The Heritage Palace buka setiap hari dari Senin hingga Kamis mulai pukul 10.00 hingga 18.00 WIB, Jumat hingga Minggu dari pukul 09.00 hingga 21.00. Biaya masuknya Rp 55.000 per orang.

Tjolomadoe

img_title

De Tjolomadoe. (Foto: Instagram @detjolomadoe_official)

Tempat wisata di Solo terdekat adalah De Tjolomadoe. Tempat wisata ini adalah pabrik gula di Jl. Adi Sucipto No.1 Paulan Wetan, Malangjiwan, Kec. Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Didirikan pada tahun 1861, bangunan pabrik telah berhenti beroperasi dan berubah menjadi tempat wisata bersejarah yang sempurna untuk foto estetis dengan latar belakang vintage.

Benteng Vastenburg

img_title

Benteng Vastenburg. (Foto: Instagram @jejakjateng)

Benteng Vastenburg adalah tempat wisata di Solo yang kaya akan cerita sejarah. Dengan unsur sejarah yang kental, benteng ini merupakan wisata edukasi yang baik bagi wisatawan. Terutama mereka yang hobi sejarah.

Ditinggalkan sejak tahun 1980-an, benteng ini akhirnya direnovasi pada tahun 2010 dan dinyatakan sebagai situs warisan. Sebelum pandemi Covid-19, benteng ini sering digunakan untuk festival, konser musik, dan acara lainnya.

Benteng Vastenburg terletak di Jl. Jenderal Sudirman Kedung Lumbu, Pasir Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah. Bahkan, benteng ini diapit oleh beberapa jalan lain seperti Jl. Brigjen Slamet Riyadi. Lokasinya yang berada di tengah kota memudahkan wisatawan untuk menemukannya.

Rumah Esensial Indonesia

img_title

Rumah Atsiri Indonesia. (Foto: Instagram @rumahatsiri)

Rumah Atsiri Indonesia adalah tempat wisata di Solo yang cocok untuk pecinta hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan aromatik dan minyak atsiri.

Objek wisata ini terintegrasi dengan tangan aromatik, fasilitas laboratorium/penelitian, rumah produksi, pusat pelatihan, museum, restoran, toko dan butik, serta fasilitas MICE (rapat, insentif, konferensi, dan pameran).

Di tempat wisata ini terdapat beberapa aktivitas yang dapat dinikmati pengunjung yaitu wisata tanaman aromatik dengan harga Rp 25.000, museum rumah penting dengan harga Rp 38.500, mahasiswa mengunjungi museum dari hari Senin sampai Jumat di harga mulai dari Rp 27.500 dan partisipasi dalam workshop harian mulai dari Rp 125.000.

Dunia air pandawa

img_title

Dunia air pandawa. (Fotolarismanis.com)

Tempat wisata di Solo, kemudian ada wisata air di Solo. Pandawa Water World terletak di Solo Baru. Pandawa Water World merupakan salah satu tempat wisata air terbesar di Indonesia. Pandawa Water World buka setiap hari kecuali Selasa mulai pukul 12:00 hingga 18:00 (weekdays) dan pukul 08:00 hingga 18:00 (weekend/libur).

Kraton Surakarta Hadiningridge

img_title

Keraton Surakarta Hadiningrat. (Foto: getlost.id)

Kraton Surakarta Hadiningrat merupakan tempat wisata di Solo yang menjadi objek wisata paling ikonik dan terkenal hingga mancanegara. Objek wisata ini terbagi menjadi beberapa kompleks yaitu, Alun-alun Lor, Alun-alun Kidul, Sasana Sumewa, Siti Hinggil Lor dan Kidul, Kemanntungan Lor dan Kidul, Sri Manganti Lor dan Kidul, Kedaton dan Kamagangan.

Tempat wisata bersejarah ini juga dilengkapi dengan museum yang memajang benda-benda koleksi peninggalan kerajaan. Oleh karena itu, objek wisata yang satu ini sangat cocok untuk wisata edukasi budaya.

Kraton Surakarta buka pada hari Sabtu dan Minggu dari pukul 09:00 – 16:00 WIB. Sementara itu, buka dari Senin hingga Kamis mulai pukul 09.00 – 14.00 WIB. Pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 15.000 per orang. Jika Anda menyewa pemandu wisata atau tour guide, tarifnya Rp 70.000.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Solo yang cocok dijadikan destinasi liburan bersama teman dan keluarga. Mungkin berguna!

Source: www.antvklik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button