Anda harus mengunjungi 5 tempat wisata di Dieng Wonosobo ini - WisataHits
Jawa Tengah

Anda harus mengunjungi 5 tempat wisata di Dieng Wonosobo ini

Bukit Sikunir Dieng Wonosobo (Foto: canva)

CELEBESMEDIA.ID: Makassar – Terletak di kawasan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah, Dieng memiliki sejumlah destinasi wisata dengan panorama alam yang menakjubkan dan menarik untuk dikunjungi.

Mulai dari gunung, perbukitan, situs sejarah hingga wisata air semuanya ada, sehingga pilihan destinasi liburan Anda pun akan beragam. Berikut adalah daftar tempat-tempat menarik.

1. Pemandangan Angin Ratapan Dieng

foto: kanvas

Batu Pandang Ratapan Angin Dieng terletak di Jalan Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah dan buka setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga 6 sore.

Karena posisinya di ujung tebing tinggi berbentuk dua batu bertumpuk, maka disebut “batuan angin ratapan”. Batuan tinggi yang eksotik ini konon terbentuk dari aktivitas gunung berapi.

Dari atas batu karang, pengunjung bisa langsung melihat hamparan hijau Tanah Dieng dan Danau Pengilon yang asri dan sejuk.

Untuk menikmati suasana yang lebih tenang, Anda bisa datang pada hari kerja pagi atau sore hari sebelum tutup. Tiket masuknya cukup terjangkau sekitar Rp 10.000.

2. Bukit Sikunir

foto: kanvas

Wisata Dieng terkenal selanjutnya adalah Bukit Sikunir yang konon fenomenal dan terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng pada ketinggian 2.263 m dpl.

Banyak pengunjung yang mengatakan bahwa Sikunir ini adalah Golden Sunrise. Mendaki ke bagian tertinggi di pagi hari, bersiaplah untuk dimanjakan dengan panorama indah yang terbentang.

Jika ingin mendaki dan menyaksikan matahari terbit secara langsung, sebaiknya mulai mendaki pada pukul 5 pagi. Trek bukit Sikunir mudah dilalui karena memiliki banyak anak tangga.

Dibutuhkan waktu 30-45 menit untuk mencapai puncak bukit. Tiket masuk hanya Rp 10.000, belum termasuk biaya parkir kendaraan.

3. Candi Arjuna

foto: kanvas

Candi Arjuna di Desa Dieng Kulon, Banjarnegara adalah bangunan candi Hindu yang berasal dari Kerajaan Mataram Kuno.

Candi ikonik di kawasan Dieng ini memang sudah terkenal di kalangan wisatawan. Konon candi ini memiliki sejarah yang sangat panjang dan masih kokoh hingga saat ini.

Kompleks Wisata Candi Arjuna dikelola oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara. Oleh karena itu, ada tiket masuk yang harus dibayar oleh setiap wisatawan.

Tiket masuknya seharga Rp 20.000, tapi tiket masuknya hanya untuk masuk ke area pura dan belum termasuk tempat wisata lainnya, meski masih dalam satu kompleks.

4. Kawah Sikidang

foto: kanvas

Masih di Kompleks Wisata Dieng yang tidak jauh dari Candi Arjuna, pengunjung bisa sekaligus berjalan kaki menuju Kawah Sikidang.

Kawah Sikidang merupakan medan kawah di Dataran Tinggi Dieng yang masih aktif mengeluarkan gas dan uap air. Kawah Sikidang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Arena kawah Sikidang menawarkan banyak spot foto menarik dengan nuansa alam yang natural di setiap sudutnya.

Harga tiket masuknya berkisar Rp 15.000 dan belum termasuk tiket kendaraan bermotor seharga Rp 3.000 dan Rp 5.000 untuk mobil.

5. Danau warna

foto: kanvas

Sedikit bergeser dari kawah Sikidang, masih di kompleks wisata Dieng juga terdapat Telaga Varna yang memiliki kedalaman hingga 15 meter.

Telaga Varna di kawasan wisata Dieng yang terkenal pada dasarnya dikelilingi oleh lumpur dan bebatuan serta dihuni oleh puluhan jenis ikan.

Disebut Telaga Varna karena airnya bisa berubah-ubah karena kandungan belerang yang tinggi di danau ini.

Kadang-kadang, pengunjung dapat melihat bahwa air danau berwarna hijau, sedikit biru, tetapi kadang-kadang berubah menjadi kuning. Selain suasananya yang asri, tiket masuknya juga masih murah yaitu Rp 15.000 per orang.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button