Tiket PULAU SEMPU dan berbagai aktivitas - WisataHits
wisatahits

Tiket PULAU SEMPU dan berbagai aktivitas

Harga tiket masuk ke Pulau Sempu: Rp 160.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat : Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur, Indonesia, -.

Pulau Sempu merupakan kawasan lindung di bawah pengelolaan pemerintah daerah Malang. Tempat ini juga termasuk dalam kawasan cagar alam dan konservasi. Oleh karena itu, pulau ini tidak lagi dibuka untuk umum.

Pengunjung bisa datang ke sini dengan terlebih dahulu mendapatkan izin dari pengelola. Pengawasan ketat ini bertujuan untuk menjaga kelestarian ruang pulau ini. Pulau eksotis ini hanya dapat diakses melalui Pantai Sendang Biru.

Harga tiket masuk ke Pulau Sempu

Untuk memasuki kawasan Pulau Sempu, pihak pengelola tidak memungut biaya apapun alias gratis. Pengunjung cukup membayar tiket di pintu masuk Pantai Sendang Biru yang merupakan titik awal menuju pulau tersebut.

Biaya masuk
Tiket kapal ke Pulau Sempu Rp 160.000

Baca: Tiket Masuk PANTAI TIGA WARNA Malang dan Aktivitas Serunya

Jam buka

Pulau ini tidak memiliki jam buka dan tutup khusus. Pengunjung juga bisa berkunjung ke sini bahkan pada malam hari untuk berkemah. Namun waktu terbaik untuk datang tentu saja di pagi hari.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Ragam aktivitas menarik di Pulau Sempu

Keindahan Pulau SempuPulau Sempu penuh dengan hutan belantara.
Foto: Google Maps/eka sukarno p

Pulau ini merupakan tempat liburan yang dekat dengan alam. Pengunjung dapat merasakan sensasi berkunjung di tengah alam liar. Apalagi keberadaan tumbuhan dan hewan asli pulau ini menambah keindahannya.

menjelajahi hutan

Jelajahi hutan di Pulau SempuPengunjung dapat menjelajahi hutan di dalam Pulau Sempu.
Foto: Instagram/Pulausempu

Pulau eksotik ini memiliki luas kurang lebih 877 hektar. Tempat ini terdiri dari berbagai vegetasi mulai dari hutan hujan, pantai, hingga mangrove. Melimpahnya vegetasi di pulau ini membuat penjelajahan hutan semakin seru.

Pengunjung dapat menjelajahi hutan melalui beberapa jalur pendakian. Jalan yang kami lewati masih berlumpur saat hujan. Oleh karena itu, diperlukan kehati-hatian yang besar agar tidak terpeleset.

Baca: Keindahan & Kebersihan Pantai CLUNGUP Terjaga

Sepanjang jalan, pengunjung akan menjumpai berbagai jenis flora. Tidak hanya itu, terkadang hewan liar juga muncul. Yang terbaik adalah tetap waspada saat menghadapi satwa liar yang lewat agar tetap aman.

Berkemah di Pulau Sempu

Perkemahan di tepi pantai.Pengunjung dapat mendirikan tenda di pantai Pulau Sempu.
Foto: Instagram/Pulausempu

Tempat indah ini sering dijadikan tempat berkemah. Pengunjung dapat bermalam di hutan belantara di lokasi terpencil. Suasana tenang khas hutan semakin terasa saat malam tiba.

Keesokan paginya, matahari perlahan menyinari hutan yang gelap. Sinar matahari menembus rimbunnya pepohonan. Pemandangan semakin menarik dengan munculnya kabut yang menyelimuti hutan ini.

Baca: Tiket Masuk PANTAI GATRA dan Berbagai Kegiatannya

Kegiatan seru ini wajib dilakukan bersama teman, keluarga atau orang tersayang. Pengunjung harus membawa tenda dan peralatan berkemah sendiri dari rumah. Jangan lupa untuk membawa makanan dan minuman bersamamu. Selain itu, sediakan juga perbekalan darurat seperti obat-obatan atau perlengkapan pereda nyeri lainnya.

Mengenal kekayaan flora dan fauna

Pulau ini dijadikan sebagai cagar alam karena memiliki berbagai macam flora dan fauna. Pengunjung bisa datang ke sini untuk memperdalam pengetahuan tentang kekayaan hayati. Hutan hujan di pantai ini terdiri dari quarter, bendo, buchanania dan wadang.

Selain itu terdapat hutan pantai yang didominasi oleh ketapang, waru laut, pandan dan nyamplung. Di hutan mangrove terdapat 2 jenis mangrove yaitu Rhizophora mucronata dan Rhizophora apiculata. Hutan bakau di pulau ini juga memiliki api yang berapi-api dan tumbuhan yang keras.

Baca: Tiket Masuk PANTAI TELUK ASMARA dan Kegiatan di Malang

Sedangkan satwa liar di pulau ini terdiri dari berbagai jenis monyet dan rusa. Selain itu, ada berbagai jenis ngengat semut. Untuk biota laut ada kepiting, ikan gabus, dan udang galah.

bermain pasir

Pintu gerbang menuju pulau ini berupa teluk yang memiliki pantai yang luas. Pengunjung bisa melakukan aktivitas seru di tepi pantai dengan hamparan pasir putih ini. Pasirnya yang halus dan lembut cocok untuk kegiatan yang menyenangkan. Pengunjung bisa bermain pasir dengan membuat replika bangunan atau istana.

Baca: 20+ Tempat Wisata Pantai Terbaik di Malang

Memancing di pantai

Selain bermain pasir, pulau ini juga menjadi spot favorit untuk memancing. Tidak sedikit bapak-bapak yang suka memancing dari tepian pantai. Ini karena banyak ikan yang bisa tersangkut di kail. Ikan umpan juga bisa dibakar dan diolah di pantai. Setelah matang, ikan yang sudah matang bisa disantap ditemani angin sepoi-sepoi.

Sunset di Pulau Sempu

Pemandangan sunset di atas pulau sempuPengunjung dapat mengagumi matahari terbenam yang menawan di atas Pulau Sempu.
Foto: Instagram/Pulausempu

Pulau menawan ini juga sangat diburu oleh para pecinta sunset. Tempat terbaik untuk melihat matahari terbenam adalah di pantai. Pengunjung dapat menikmati matahari terbenam duduk di pantai.

Pemandangan sore hari di pulau ini sangat menawan dengan langit jingga. Rona merah yang menyelimuti langit juga menandakan bahwa hari mulai gelap. Deburan ombak dan kicauan burung menjadi harmoni alam yang terkesan syahdu.

Meredakan

Di pulau ini saja belum ada fasilitas sebagai tempat wisata. Pengunjung tidak akan menemukan toilet di warung makan di pulau ini.

Lokasi dan rute menuju Pulau Sempu

Pulau Sempu terletak di kawasan hutan di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Letak pulau ini masih termasuk dalam wilayah Malang, Jawa Timur. Tempat ini memiliki jarak sekitar 75 kilometer dari pusat kota Malang. Pengunjung hanya perlu berkendara sekitar 3 jam untuk mencapai pulau ini.

Cara menuju pulau ini bisa dimulai dari pusat kota Malang. Setelah itu pengunjung harus menuju ke Pantai Sendang Biru. Memang akses ke pulau ini hanya bisa dilakukan melalui pantai Sendang Biru. Kemudian naik perahu untuk menyeberang ke pulau ini.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button