5 Daftar Keistimewaan Yogyakarta, Nomor 4 Bikin Orang Betah : Okezone News - WisataHits
Yogyakarta

5 Daftar Keistimewaan Yogyakarta, Nomor 4 Bikin Orang Betah : Okezone News

YOGYAKARTA Merupakan provinsi tertua kedua di Indonesia setelah Jawa Timur. Provinsi ini memiliki status dan otonomi khusus karena merupakan warisan pra-kemerdekaan.

Pemerintah juga mengesahkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Disebut sebagai provinsi istimewa, inilah beberapa ciri khas Yogyakarta.

(Baca juga: Longsor dan banjir melanda Piyungan, jalur utama Yogyakarya ke Wonosari dialihkan)

1. Memiliki otonomi daerah khusus

Yogyakarta memiliki kewenangan untuk mengatur wilayahnya sendiri. Keistimewaan ini sudah ada sejak Kesultanan Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman dengan wilayah, pemerintahan dan rakyatnya sendiri jauh sebelum Negara Kesatuan Republik Indonesia terbentuk pada 17 Agustus 1945. Sebagai daerah tersendiri, Pemerintah Kota Yogyakarta menggabungkan birokrasi modern dan institusi tradisional.

2. Yogyakarta Dipimpin oleh Sultan

Yogyakarta dijalankan oleh seorang sultan yang juga menjabat sebagai gubernur. Oleh karena itu, pemilihan gubernur di Yogyakarta bukanlah pemilihan kepala daerah seperti di provinsi lain.

Dengan kata lain, gubernur dan wakil gubernur Yogyakarta diangkat tanpa melalui pemilihan umum. Hal ini sejalan dengan UU Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 13 Tahun 2012. Gubernur dijabat oleh sultan sedangkan wakil gubernur adalah Paku Alam.

3. Destinasi Wisata

Yogyakarta dikenal memiliki banyak tempat wisata yang selalu mengundang wisatawan untuk berkunjung. Hampir semua jenis wisata tersedia di Yogyakarta mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata budaya hingga wisata kuliner. Beberapa tempat wisata yang paling populer adalah Keraton Yogyakarta, Gunung Merapi, Gua Pindul, Pantai Parangtritis, Pantai Indrayanti dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sedangkan wisata seni budaya yang menjadi ciri khas kota ini antara lain seni batik, sekat, sendratari Ramayana dan wayang kulit. Tak ketinggalan Gudeg dan berbagai makanan khas Yogyakarta untuk dinikmati dalam wisata kuliner.

4. Biaya hidup rendah

Yogyakarta merupakan salah satu kota dengan biaya hidup yang rendah. Menurut laporan Badan Pusat Statistik (BPS), Yogya termasuk dalam 5 kota teratas di Indonesia dengan biaya hidup terendah. Misalnya, Yogyakarta menawarkan berbagai kuliner lezat dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp 10.000 per kali makan.

5. Sebagai kota pelajar

Yogyakarta dijuluki Kota Pelajar. Hal ini tidak mengherankan karena ada banyak sekolah dan perguruan tinggi di kota ini. Pelajar dan mahasiswa dari luar daerah kerap menjadikan Yogyakarta sebagai tujuan belajar. Selain biaya pendidikan yang terjangkau, biaya hidup yang relatif murah di Yogyakarta juga menjadi daya tarik. Sebagian besar lembaga pendidikan di Yogyakarta memiliki gedung yang bagus, kualitas terjamin dan terakreditasi.


Source: news.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button