Pulau Sempu Malang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Sempu Malang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan – Pulau Sempu sepotong surga laut yang luar biasa di Malang. Pulau kecil eksotis yang merupakan cagar alam ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp100.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Pulau Sempu adalah sebuah pulau yang terletak di Samudera Hindia. Dengan medannya yang berbukit, tempat ini memiliki hamparan hutan hijau yang lebat dan begitu asri. Kemudian di hutan yang tidak berpenghuni manusia ini, Anda bisa menemukan satwa liar seperti kijang, lutung, kera, kijang dan masih banyak lagi.

Tak hanya kawasan hutannya saja yang menarik, Segara Anakan yang merupakan danau alami di pulau ini menambah pesonanya dan siap memukau para pengunjung yang datang. Danau yang berbatasan langsung dengan laut dan hanya dipisahkan oleh batu karang ini memiliki warna pirus yang cerah dan menawan.

Karena keindahan dan kekayaan alamnya, Pulau Sempu dijadikan sebagai kawasan cagar alam yang dilindungi. Dan hanya yang sudah mendapat izin dari BBKSDA saja yang boleh berkunjung. Pengunjung juga wajib menjaga kebersihan kawasan cagar alam.

Daya Tarik Pulau Sempu Pulau

Objek Wisata Pulau SempuKredit gambar: Google Maps Menara Banyuwangi

Sebagai cagar alam yang dilindungi, pulau dengan luas 877 hektar ini sangat memesona. Banyak wisatawan yang menyebut tempat ini sebagai surga tersembunyi di Malang karena panorama yang ditawarkannya tidak kalah dengan pulau-pulau lainnya. Pulau Sempu tidak hanya menonjolkan pesona daratan tetapi juga danaunya.

1. Melintasi Samudra Hindia

Dalam perjalanan perahu ke pulau ini, wisatawan akan disuguhi pemandangan Samudra Hindia yang biru luas dan menawan.

2. Segara Anakan, laguna pulau yang indah

Danau yang ada di dalam pulau ini terbentuk akibat ganasnya ombak laut selatan yang masuk melalui celah-celah lubang dinding karang yang melindungi pulau tersebut. Tempat yang menyandang nama Blue Lagoon ini sangat menakjubkan dengan warna danaunya yang biru kehijauan dan perpaduan berbagai terumbu karang.

3. Pemandangan langit berbintang

Jauh dari hiruk pikuk gedung-gedung tinggi di Pulau Jawa, pemandangan langit malam pulau ini begitu indah. Pada hari yang cerah, Anda akan sangat jelas melihat deretan bintang berkelap-kelip di langit yang gelap sambil menjadi cahaya ketika mengunjungi kawasan pulau ini.

4. Tempat yang kondusif untuk kegiatan di luar ruangan

Berada di kawasan konservasi yang alamnya sangat indah dan dengan jalur berbukit, sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai kegiatan pendakian gunung. Untuk berkemah di dekat danau, pengunjung harus melewati jalan setapak berbatu dan jauh ke dalam hutan.

5. Perairan Pulau yang Jelas

Tempat Wisata di Pulau Sempu PulauKredit Gambar: Google Maps Angler Boncosan

Memiliki laguna air asin yang berbatasan langsung dengan laut justru memberikan pesona tersendiri bagi perairan Pulau Sempu ini. Wisatawan dapat melihat dari airnya yang jernih bahwa tempat ini penuh dengan terumbu karang dan ikan yang beraneka ragam.

6. Alam dengan kekayaan hayati yang luar biasa

Pulau ini memiliki kekayaan alam yang akan memukau pengunjung sepanjang perjalanan. Contohnya adalah ketapang, kuarter, bendo, kembang sepatu laut, wadang, bakau, pandan dan masih banyak lagi yang lainnya. Apalagi di tempat ini banyak tumbuhan yang merupakan tumbuhan langka dan dilindungi, salah satunya adalah pohon sempu, pohon yang menjadi asal nama pulau ini.

7. Dikelilingi oleh berbagai jenis kawasan hutan

Tempat tak berpenghuni ini memiliki ekosistem hutan yang berbeda, yaitu hutan hujan dataran rendah yang merupakan kawasan hutan terluas di pulau ini, hutan bakau dan hutan pantai.

8. Lokasi foto yang menawan

Pantai berpasir putih dengan bebatuan alam yang berjejer di sekitar pulau, danau yang jernih dan air laut yang memantulkan hijaunya hutan di sekitar pulau membentuk panorama mempesona yang sayang jika tidak diabadikan dengan gol.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Sempu

Alamat Pulau SempuKredit gambar: Google Maps Fuad nofal

Pulau yang merupakan cagar alam ini terletak di selatan Jawa, di desa Tambakrejo, sebuah desa yang terletak di Sumbermanjing Wetan, sebuah kecamatan di Kabupaten Malang, di timur Jawa. Lokasinya dekat dengan pantai Sendang Biru, sebuah tempat di daerah Malang Selatan yang terkenal dengan pasar pelelangan ikannya.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini sangat disarankan untuk membawa kendaraan sendiri karena biaya transportasi akan lebih hemat karena jaraknya 69 km, cukup jauh dari pusat kota Malang. Dari kota, Anda cukup melanjutkan perjalanan ke Gadang.

Begitu Anda melihat Pabrik Gula Krebet dan sudah melewatinya, ikuti saja rambu jalan yang ada menuju Sendang Biru. Lewati pabrik Pindad lalu belok kiri dan ikuti jalan menuju Turen. Setelah itu, ikuti saja jalan sepanjang 30 km yang berkelok dan menanjak melewati perbukitan Sumbermanjing.

Dari kawasan Sumbermanjing, perjalanan masih cukup jauh karena ada 14 km untuk menuju pantai Sendang Biru. Di sini Anda hanya perlu mengikuti petunjuk atau bertanya kepada penduduk setempat. Setelah sampai di Sendang Biru, wisatawan hanya perlu menuju ke lokasi kapal penjemput yang akan membawa Anda ke kawasan Pulau Sempu.

Bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan umum, dari kawasan terminal Arjosari cukup menggunakan bemo bertanda AMG/AG menuju kawasan terminal Gadang. Setelah sampai di terminal Gadang, perjalanan akan dilanjutkan dengan bus menuju Turen, dan setelah sampai di Turen, Anda cukup mencari angkutan umum menuju kawasan Sendang Biru.

Biaya Perjalanan ke Pulau Sempu, Malang

Biaya Perjalanan ke Pulau Sempu, MalangKredit gambar: Google Maps Nurul Ulfha

Untuk memasuki kawasan pantai Sendang Biru, wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang, sedangkan tiket masuk ke Pulau Sempu sebesar Rp 20.000. Biaya ini belum termasuk biaya sewa perahu yang digunakan untuk menyeberang ke kawasan pulau cagar alam.

Sewa perahu ke pulau ini dikenakan biaya Rp 100.000 per orang dan perahu hanya bisa mengangkut 10 penumpang. Bagi wisatawan yang datang secara rombongan akan mendapatkan biaya yang lebih murah karena perhitungan biaya berubah menjadi pembayaran per keberangkatan.

Kemudian karena pulau ini merupakan tempat yang berstatus cagar alam, maka tidak semua orang bisa datang ke daerah ini. Untuk berkunjung harus mendapat izin dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BBKSDA.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Sempu

Aktivitas menarik di Pulau Sempu PulauKredit gambar: Google Maps Mario Najjar

1. Nikmati Pesona Samudera Hindia

Pulau yang wajib dikunjungi melalui luasnya laut ini menawarkan panorama Samudra Hindia yang biru dan luas. Selama perjalanan Anda tidak akan bosan karena Anda bisa melihat pemandangan laut yang indah dari atas kapal.

2. Petualangan Ekosistem Hutan Pulau

Ekosistem hutan yang kaya dan jalur pendakian yang dibentuk oleh alam memungkinkan pengunjung tidak hanya menikmati pemandangan tetapi juga merasakan serunya petualangan di hutan.

3. Pengalaman Mendaki Hutan Berbukit

Perjalanan ke Pulau Sempu ini melewati daerah terjal dengan jalur berbatu, berkelok-kelok dan berbukit. Itu sebabnya untuk berkunjung Anda harus memiliki stamina yang bagus dan dalam keadaan sehat. Cocok juga untuk Anda yang menyukai kegiatan hiking.

4. Berkemah di tepi danau

Dengan izin, Anda bisa berkemah di pantai yang berbatasan dengan Segara Anakan dengan rombongan pengunjung lainnya. Perkemahan ini tentu saja merupakan satu-satunya tempat yang diperbolehkan, dan merupakan tempat yang strategis untuk menikmati pemandangan danau, hutan dan laut biru yang menyembur dari balik bebatuan.

5. Bermain air di danau

Jika air laut tidak sedang pasang, Anda bisa bermain air di dekat danau dan merasakan pasir putih bersih yang dilindungi oleh dinding karang yang indah.

6. Kagumi keindahan ikan dan terumbu karang

Kekayaan alam laut yang tak kalah dengan kekayaan hutannya menjadi nilai tambah bagi pulau ini. Di balik danau Anda bisa melihat terumbu karang yang indah, serta berbagai jenis ikan yang berenang bebas di air yang jernih.

7. Lihat bintang-bintang

Saat berkemah di pulau, pada malam hari bintang-bintang bersinar begitu terang dan menjadi satu-satunya penerangan alami yang tersedia. Anda bisa menikmati lautan bintang di langit dan pantulan cahaya yang dibiaskan oleh Danau Segara Anakan.

8. Ambil gambar

Tempat yang terkenal dengan keindahan alamnya ini sangat cocok untuk diabadikan dalam potret kamera. Selain itu, pemandangan sore dan malam Pulau Sempu sangat menakjubkan dengan pantulan bintang yang terlihat sangat indah saat diabadikan dalam foto.

9. Berpartisipasi dalam pelestarian alam

Bagi wisatawan yang masih ingin berkemah di kawasan cagar alam ini, Anda bisa ikut serta dalam pelestarian alam dengan tidak membuang sampah dalam keadaan apapun. Ikut serta dalam membawa kembali sampah yang Anda bawa selain untuk memastikan agar ekosistem alam sekitar tidak rusak juga sebagai bentuk kecintaan terhadap lingkungan.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Sempu, Malang

Fasilitas Pulau Sempu MalangKredit gambar: Google Maps Farrell A.

Wisatawan tidak akan menemukan akomodasi di sekitar Pulau Sempu karena pulau itu sendiri sebenarnya bukan tempat wisata tetapi cagar alam yang tidak boleh dikunjungi oleh wisatawan. Oleh karena itu, bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi bermalam di kawasan pulau ini dapat membawa peralatan camping sendiri.

Tentu saja berkemah di sana tidak gratis, Anda harus membayar Rp 20.000 per orang dan tambahan Rp 5.000 per malam untuk penyimpanan kendaraan di kawasan Sendang Biru.

Bagi wisatawan yang berniat bermalam di tempat ini disarankan hanya membawa perlengkapan logistik yang diperlukan, porter, tenda, jas hujan, botol, sarang dan juga kantong plastik seperti tong sampah yang perlu dibawa pulang nanti demi menjaga keberlanjutan. di pulau cagar alam ini.

Karena Pulau Sempu sebenarnya adalah cagar alam dan tidak boleh sembarangan dikunjungi apalagi dijadikan tempat berwisata, tempat ini tidak memiliki fasilitas yang memadai dan sangat bergantung hanya pada alam dan perbekalan yang dibawa pengunjung.

Fasilitas yang mungkin terlihat cukup jelas adalah kapal feri yang akan menjadi sarana transportasi dari pantai ke pulau, tempat penyimpanan kendaraan dan pemandu lokal yang dapat ditemukan di Pantai Sendang Biru.

Meski memiliki medan yang cukup sulit, semua hal yang melelahkan tersebut akan terbayar lunas ketika wisatawan melihat pemandangan laguna yang begitu biru dan indah di tengah pulau. Bagi Anda yang baru pertama kali datang, ada baiknya Anda melakukan perjalanan dengan didampingi pemandu agar perjalanan lebih aman.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button