Pulau Pamutusan, Padang, pulau Raja Ampat yang indah dan eksotis di Sumatera Barat - WisataHits
wisatahits

Pulau Pamutusan, Padang, pulau Raja Ampat yang indah dan eksotis di Sumatera Barat

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan – Pulau Pamutusan adalah salah satu pulau terindah dan menakjubkan di Padang, Sumatera Barat. Destinasi bahari yang dianggap mirip dengan Raja Ampat ini menawarkan panorama gugusan pulau, pantai berpasir, dan perbukitan yang indah.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp15.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sungai Pinang, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pantai Selatan, Sumatera Barat; Kasus: Cek lokasi

Indonesia memiliki banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi, diantaranya adalah Pulau Pamutusan yang terletak di Padang, Sumatera Barat. Sebagai pulau yang masih asri, Anda bisa melakukan banyak aktivitas menarik di sini.

Pulau ini bukanlah pulau yang banyak dikunjungi wisatawan, jadi bagi anda yang ingin berkunjung ke pantai atau pulang kampung yang masih tenang ini adalah pilihan yang tepat. Fasilitas yang tersedia di pulau ini juga cukup lengkap, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk berlibur di sana.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi pulau ini, berikut beberapa informasi menarik yang harus Anda ketahui. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan waktu liburan yang maksimal karena Anda sudah mengetahui berbagai tempat menarik.

Atraksi Pulau Pamutusan

Aktivitas Pulau PamutusanKredit gambar: Google Maps Fitriani Fitri

1. Pemandangan yang bagus

Pulau ini memiliki pemandangan yang indah berupa pulau kecil terpencil yang tidak banyak dikunjungi orang. Kawasan di sekitarnya masih mempesona, sehingga menawarkan bentang alam kepulauan yang tidak hanya memukau, tetapi juga memiliki keindahan yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Pemandangannya berpadu dengan indahnya pemandangan pantai yang menjadi ciri khas nusantara. Air laut dan pantainya juga bersih, menjadikannya tempat yang tepat untuk bersantai dari para wisatawan yang datang berkunjung.

2. Perbukitan yang indah dan pemandangan alam

Saat berada di Pulau Pamutusan, Anda bisa mendaki bukit dan melihat berbagai pulau di sekitarnya. Anda dapat menikmati keindahan alam dari atas bukit, salah satu tempat terindah yang dapat Anda temukan di pulau ini.

Tempat ini juga merupakan tempat yang indah untuk berfoto dan diburu oleh banyak wisatawan yang datang berkunjung. Anda bisa datang sendiri atau berkelompok dan menikmati pemandangan. Perbukitan pulau ini juga bisa didaki dengan mudah, tanpa mengkhawatirkan stamina yang dimiliki wisatawan.

3. Pemandangan laut yang indah

Objek wisata milik Pulau PamutusanKredit Gambar: Google Maps lee suwanda

Selanjutnya adalah pemandangan laut yang indah, karena belum terpengaruh oleh aktivitas manusia. Anda dapat menemukan berbagai jenis kehidupan laut, dari terumbu karang hingga ikan yang berbentuk indah.

Aktivitas bawah laut seperti menyelam, berenang dan snorkeling dapat dilakukan oleh wisatawan yang tertarik. Bahkan ada jasa wisata yang akan memandu Anda dalam perjalanan indah di bawah laut, sehingga Anda tidak akan kesulitan menemukan berbagai tempat menarik.

4. Bersihkan pantai dan laut

Bagi Anda yang menyukai pemandangan pantai dan berbagai aktivitas, Anda bisa bermain di pantai dan tepi laut Pulau Pamutusan.. Di tepi pantainya, air lautnya cukup jernih dan memungkinkan Anda untuk berenang tanpa takut tenggelam.

Namun bukan berarti Anda meremehkan keselamatan saat berenang dan bermain air. Pastikan untuk mengikuti semua aturan yang telah ditetapkan oleh penyelamat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Alamat, lokasi, rute dan biaya asisten ke Pulau Pamutusan

Alamat Pulau PamutusanKredit gambar: Google Maps Mare Liberia

Alamat tempat wisata ini adalah Bungkus Teluk Kabung yang terletak di Padang, Sumatera Barat. Untuk mencapai tempat wisata ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke sana dengan lebih mudah. Sejauh ini, belum ada layanan angkutan umum yang tersedia untuk langsung menuju pulau ini.

Anda juga bisa memanfaatkan rental mobil jika datang dalam rombongan kecil. Dari Padang, Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 38 km yang dapat diakses dengan mobil atau sepeda motor. Kira-kira untuk sampai ke tempat wisata, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Jalan menuju Pulau Pamutusan dapat diakses melalui Sungai Pisang, sungai kecil lokal yang dapat diakses dengan perahu. Begitu sampai di Bungkus Teluk Kabung, Anda bisa menggunakan perahu yang disewa nelayan untuk menuju pulau tersebut dan pulau-pulau lain di sekitarnya.

Untuk masuk dan menikmati keindahan pulau ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 15.000 rupiah per orang. Harga tiket sudah termasuk eksplorasi keliling pulau dengan akses jalan kaki.

Biayanya cukup terjangkau karena Anda sudah membayar biaya pembersihan dan pemeliharaan pulau. Jangan lupa parkir, Anda bisa parkir di sekitar Sungai Pisang dengan tarif harian yang cukup terjangkau. Beberapa layanan wisata juga menyediakan akses ke pulau dan beberapa pulau di sekitarnya.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Pamutusan

Kegiatan Seru-Pamutusan-PulauKredit gambar: Google Maps Minda Rifanda

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di Pulau Pamutusan, baik secara privat maupun berkelompok bersama teman-teman, antara lain:

1. Snorkeling

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pulau ini memiliki pemandangan laut yang indah, terutama di bawah permukaan air. Ada aktivitas snorkeling yang bisa Anda lakukan untuk menikmati berbagai keindahan alam bawah laut.

Jika Anda tertarik untuk snorkeling, Anda dapat menyewa peralatan dari toko di dekat pantai. Banyak jasa wisata juga menawarkan aktivitas snorkeling yang bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau.

2. Berenang

Aktivitas bahari lain yang bisa Anda lakukan adalah berenang, berenang bisa dilakukan di pantai pulau ini. Air laut di dekat pantai tidak hanya dangkal, tetapi juga jernih, yang memberikan pantulan warna yang menarik.

Anda dapat berenang dengan bebas karena tidak ada hewan laut yang berbahaya di sekitarnya. Anda bisa berenang, bermain air atau sekedar duduk-duduk di tepi pantai untuk mengagumi keindahan Pulau Pamutusan.

3. Fotografi

Aktivitas Seru di Pulau PamutusanKredit gambar: Google Maps Rizky Fahqri Nur

Karena berbagai tempat menarik yang ada, Anda bisa melakukan fotografi untuk mendapatkan foto estetis yang indah. Untuk mengabadikan setiap momen saat berkunjung ke pulau yang indah ini, Anda bisa menjelajahi pantai, perbukitan, dan sebagian pantai untuk mendapatkan momen dan foto yang luar biasa.

Untuk kamera harus dibawa dari rumah karena tidak ada persewaan kamera disana. Saat Anda membawa kamera, tidak ada biaya tambahan, sehingga Anda bisa mengambil foto dengan leluasa.

4. Jelajahi pulau

Anda juga dapat melakukan trekking di pulau ini karena memiliki jalur yang mudah untuk dilalui wisatawan. Ada pantai, bukit, dan dataran untuk dijelajahi wisatawan. Jangan takut tersesat, pulaunya tidak terlalu besar dan Anda bisa menikmati udara segar di sini.

Saat mendaki di Pulau Pamutusan, Anda dapat dengan cermat melihat pemandangan indah di sekitarnya. Tidak hanya pulau itu sendiri, Anda juga bisa melihat pulau-pulau lain di sekitarnya dari atas bukit.

Akomodasi Murah Terdekat di Pulau Pamutusan

Akomodasi murah di Pulau PamutusanKredit gambar: Google Maps Raka Wicaksana

1. Jophira Tintin

Terletak di dekat tempat wisata dan beberapa pulau di sekitar Sungai Pisang, Anda bisa menginap di sini dan menikmati berbagai keindahan alam yang tersedia. Penginapan yang ditawarkan memiliki bentuk tradisional yang sayang untuk dilewatkan.

2. Chalet Pantai Baga

Seperti namanya, hostel ini berbentuk chalet kecil yang mudah dijangkau wisatawan. Harga yang ditawarkan untuk bermalam di hostel ini juga cukup terjangkau sehingga tidak menguras kantong wisatawan. Anda juga bisa melihat pemandangan indah di sekitar pulau langsung dari cottage yang Anda sewa.

3. Pondok Pantai Nyalo

Bagi Anda yang ingin menginap di dekat pantai, hostel ini menawarkan akses dekat Pulau Pamutusan. Dengan kamar berupa akomodasi single, Anda bisa menikmati liburan Anda lebih maksimal di kamar yang mereka tawarkan.

Fasilitas wisata yang tersedia di Pulau Pamutusan, Padang

Fasilitas Wisata Pulau Pamutusan, PadangKredit gambar: Google Maps melki rumania

Karena belakangan pulau ini menjadi sangat populer sebagai tempat wisata, tersedia beberapa fasilitas yang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh wisatawan yang berkunjung. Beberapa fasilitas tersebut adalah:

Toilet umum

Di pulau atau di sekitar Sungai Pisang, Anda dapat dengan mudah menemukan toilet dan kamar mandi. Meski merupakan toilet umum, namun kebersihannya terjaga dengan baik. Dengan adanya toilet, kebutuhan pokok wisatawan dapat terpenuhi dengan baik.

warung makan

Jangan khawatir kelaparan jika Anda mengunjungi Pulau atau Pantai Pamutusan. Banyak penduduk setempat telah membuka kios dan menawarkan berbagai hidangan lokal. Anda juga bisa berwisata kuliner saat berkunjung ke pulau ini.

Akomodasi

Meski masih sederhana, kamu bisa menemukan akomodasi yang cukup memadai di sekitar pulau ini. Harga dan pelayanan yang diberikan cukup bervariasi, sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan budget Anda.

Semoga berbagai informasi tentang Pulau Pamutusan dapat membantu Anda, terutama yang ingin berkunjung ke sana dalam waktu dekat. Rehat sejenak dari aktivitas sehari-hari bisa menjadi pilihan saat berkunjung ke pulau ini. Apalagi dengan sedikitnya pengunjung yang datang pada waktu tertentu, Anda bisa menikmati keindahannya secara maksimal.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button