Tiket PULAU BAWEAN & 6 Kegiatan - WisataHits
wisatahits

Tiket PULAU BAWEAN & 6 Kegiatan

Tiket PULAU BAWEAN & 6 Kegiatan

Harga tiket masuk ke Pulau Bawean: Gratis – Rp 220.000 Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat: Pulau Bawean, Sangkapura, Gresik, Jawa Timur, Indonesia, 61181.

Pulau Bawean terletak di utara Gresik dengan jarak sekitar 120 km. Meski letaknya jauh dari Gresik, secara administratif pulau ini masih masuk dalam wilayah Kabupaten Gresik. Kata Bawean berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti ada matahari.

Selain itu, Pulau Bawean juga sering disebut Pulau Putri. Dinamakan Pulau Putri karena menurut legenda merupakan penghormatan kepada putri Kerajaan Campa yang meninggal dan dimakamkan di pulau ini.

Harga Tiket Masuk dan Penyeberangan Pulau Bawean Gresik

Pulau Bawean tidak memungut biaya masuk. Tiket masuk hanya dikenakan di tempat wisata di pulau ini. Yang pasti pengunjung harus menganggarkan dana untuk menyeberang ke Pulau Bawean.

Harga tiket masuk ke Pulau Bawean
Tiket masuk Untuk membebaskan
Tiket penyeberangan kapal Rp61.000 – Rp220.000

Baca: Tiket Masuk Wisata Alam WAGOS Gosari Gresik dan Tempat Foto

Jadwal kapal dan harga tiket Gresik – Bawean – Gresik

Jam buka Pulau Bawean juga gratis. Hanya saja, jadwal kapal yang digunakan melintas harus diperhatikan. Karena kapal tidak selalu tersedia di pelabuhan.

Jadwal kapal ekspres laut
rencana perjalanan Waktu keberangkatan
Gresik–Bawean 09.00 WIB
Bawean–Gresik 09.00 WIB

Sumber: Jadwal dan harga tiket lintas Gresik-Bawean gresikkab.go.id

Ragam aktivitas wisata di Pulau Bawean Gresik

Berikut aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di kawasan wisata Pulau Bawean:

1. Berenang di Danau Kastoba, Pulau Bawean

Berenang di Danau Kastoba BaweanBerenang di Danau Kastoba yang terletak di tengah pulau. Foto: Google Maps/Ian Muhammad

Danau Kastoba terletak di desa Paromaan di kecamatan Tambak. Danau yang terletak di tengah Pulau Bawean ini menawarkan pemandangan yang indah. Selain itu, perjalanan dari Pelabuhan Sangkapura ke Danau Katsoba disuguhi pemandangan perbukitan dan persawahan.

Perjalanan menuju Danau Katsoba dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Jalur yang ditempuh berupa jalan setapak dan berada di dalam hutan. Pengunjung harus berhati-hati karena jalurnya licin dan curam.

Setelah sampai di danau, pengunjung bisa mandi dan berenang di tepi danau. Danau Kastoba juga dikelilingi beberapa air terjun kecil yang bisa memanjakan mata Anda.

Baca: Tiket Masuk Wisata Edukasi Murah LONTAR SEWU Gresik

Pengunjung Danau Kastoba harus membawa perbekalan sendiri, karena tidak tersedia warung makan di danau ini. Meski tidak ada toko, di Danau Kastoba terdapat mushola untuk beribadah.

2. Menyelam di pantai Pulau Noko Selayar

Pantai Pulau Noko di Kepulauan BaweanWisatawan bermain dan bersantai di Pulau Noko Selayar yang berada di sekitar Pulau Bawean. Foto: Google Maps/Yosephin Lis Darna Silalahi

Pulau Noko Selayar adalah sebuah pulau kecil yang terletak 4,5 km dari Pulau Bawean. Pulau ini masih bagian dari desa Sungairujing, kabupaten Sangkapura. Pulau Noko Selayar memiliki pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Pengunjung dapat melihat banyak bunga karang berwarna-warni dan ikan laut.

Taman karang laut yang terletak di pantai memungkinkan pengunjung untuk tuba. Untuk menikmati pemandangan laut ini, pengunjung harus menyiapkan perlengkapannya tuba dan kamera kapal selam. Tak hanya itu, pantai ini juga menyuguhkan pemandangan sunset yang indah.

3. Memberi makan Rusa Bawean

Rusa BaweanRusa Bawean adalah spesies asli dan hanya ditemukan di pulau ini -Instagram/bawean_mbois

Peternakan Rusa Bawean awalnya milik pribadi masyarakat Bawean, yang kemudian dibeli oleh pemerintah. Rusa di penangkaran adalah rusa asli Bawean. Tidak hanya rusa, tetapi juga babi kutil, babi bagong, dan babi jawa. Babi kutil adalah salah satu spesies babi paling langka di dunia, menurut UCN.

Awalnya hanya ada dua ekor rusa Bawean, kemudian terus bertambah hingga mencapai 30 ekor. Peternakan rusa ini memungkinkan pengunjung untuk lebih dekat dengan rusa tersebut. Bahkan pada waktu-waktu tertentu pengunjung bisa memberi makan rusa.

4. Berenang dan Menyelam Pantai Pulau Gili Noko

Turis snorkeling di Pulau NokoBagi wisatawan yang suka berenang di pulau ini juga terdapat spot snorkeling yang sayang untuk dilewatkan. Instagram/bayu_alfahmii

Dari Pulau Bawean ke Pulau Gili Noko, pengunjung harus naik perahu selama 10 menit. Biaya sewa perahu Rp 250.000 hingga Rp 350.000 pulang pergi untuk 10 orang. Harga masih bisa dinegosiasikan oleh pengunjung.

Di pulau ini pengunjung bisa menyaksikan sunrise dan sunset yang sangat menakjubkan. Selain itu, pengunjung juga bisa membuatnya tuba. Pulau Gili Noko memiliki pasir putih dan air laut yang jernih.

Di Pulau Gili Noko terdapat penjual makanan ringan dan penjual kelapa muda. Toilet tersedia untuk fasilitas umum.

5. Nikmati suasana air terjun Laccar

Air Terjun LaccarSelain danau di pulau ini, juga terdapat air terjun yang cukup indah untuk dikunjungi. Foto: Google Maps/Yogi Arief

Terletak di Desa Kebun Teluk Dalam, Kecamatan Sangkapura, Air Terjun Laccar memiliki ketinggian 25m. Akses ke tempat ini cukup mudah. Dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Setelah menyusuri jalan setapak selama 15 menit, pengunjung sudah bisa menikmati air terjun ini.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Dynasty Water World Gresik

6. Cicipi ikan bakar di hutan bakau yang rimbun hijau

Wisata Mangrove berada di kawasan Desa Daun. Harga tiket masuk kawasan wisata ini hanya Rp 5.000 per orang. Akses menuju tempat wisata cukup mudah meski harus melalui jalan kecil.

Ada hutan mangrove dan hutan pinus di wisata mangrove ini. Di sini pengunjung juga bisa membakar ikan di tempat yang telah disediakan. Tempat ini sangat bersih dan terorganisir.

Lokasi tempat wisata

Terletak di kabupaten Gresik. Tepatnya 120 km sebelah utara Gresik. Jika pengunjung ingin ke Pulau Bawean Gresik harus menggunakan perahu untuk menyeberang. Anda juga bisa menggunakan pesawat yang tiketnya bisa dibeli secara online luring.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button