Pantai Mandorak, pantai berpasir putih yang dikelilingi tebing eksotis di Sumba Barat - WisataHits
wisatahits

Pantai Mandorak, pantai berpasir putih yang dikelilingi tebing eksotis di Sumba Barat

Pantai Mandorak, pantai berpasir putih yang dikelilingi tebing eksotis di Sumba Barat

Pantai Mandorak adalah pantai kecil dengan pemandangan indah di barat daya Sumba. Pantai ini masih sangat alami dan bersih karena letaknya yang tersembunyi.

Harga tiket: Rp 50.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kalena Rongo, Kec. Kodi Utara, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Pulau Sumba di NTT merupakan destinasi wisata yang menawarkan pantai-pantai indah yang tak kalah indahnya. Jumlah wisatawan di pantai ini memang tidak sebanyak di pantai Jawa dan Bali. Sehingga, beberapa pantai terkadang terlihat seperti pantai pribadi. Salah satu pantai tersebut adalah Pantai Mandorak Sumba.

Mandorak bukanlah pantai yang sangat besar. Selain itu, pantai ini juga terhalang oleh dua tebing yang saling berhadapan. Kesenjangan antara keduanya sekitar lima meter. Dengan demikian, pantai ini terlihat seperti pantai tertutup atau pantai pribadi. Meski diselimuti tebing, keindahan pantai ini sudah tidak diragukan lagi.

Selain itu, suasana pantai ini sama dengan pantai lainnya. Wisatawan akan melihat dan merasakan deburan ombak dan semilir angin sepoi-sepoi saat datang ke sini. Pantai cantik ini terletak tak jauh dari Weekuri Lagoon. Maka dari itu, wisatawan yang sedang berlibur di danau wajib mampir ke Mandorak.

Atraksi yang ditawarkan Pantai Mandorak

Atraksi Pantai MandorakKredit gambar: Google Maps Koen Vanhollebeke

Pantai Sumba Mandorak biasanya tidak terlalu ramai di hari biasa. Namun saat musim liburan, pantai ini banyak dikunjungi wisatawan. Mereka hadir karena penasaran dengan keindahan dan daya tarik wisata yang ramai dibicarakan netizen. Lantas, tempat wisata apa saja yang bisa Anda temukan di pantai cantik ini?

✦ Tebing pantai

Pantai bernama Mandorak ini memiliki dua tebing pembatas yang menutupi hampir seluruh pantai. Tebing ini terletak hanya beberapa meter dari bibir pantai. Di luar ada tebing lain yang lebih besar dan tidak jauh dari tebing bagian dalam. Tebing-tebing inilah yang membuat pantai ini terlihat unik dan tidak biasa.

✦ Air laut dan ombak

Air laut di pantai ini jernih dan memiliki warna biru kehijauan yang indah. Keindahan air lautnya membuat banyak wisatawan berenang di dalamnya. Namun, pada waktu-waktu tertentu ombak di sana cukup besar sehingga membuat pantai ini tidak cocok untuk berenang. Ombak itu sendiri membuat suara menabrak bebatuan, yang membuat beberapa musik alami menarik untuk didengar.

✦ Pasir putih

Daya tarik lain dari Pantai Mandorak adalah pasir putihnya yang bersih dan bebas sampah. Hamparan pasirnya menciptakan pemandangan yang indah jika dipadukan dengan air laut berwarna biru kehijauan atau turquoise. Pasir pantai ini juga lembut di kaki atau kulit. Jadi berjalan tanpa alas kaki pun di pantai ini tetap nyaman

✦ Panorama sekitar

Panorama alam di sekitar pantai ini sangat indah dan rindang karena dipenuhi pohon kelapa dan tanaman lainnya. Jadi ketika wisatawan mengarahkan mata ke daratan, mereka akan melihat pepohonan hijau yang indah. Mereka juga bisa berteduh di bawah pohon jika pantai terlalu panas.

✦ Matahari terbenam yang indah

Pantai kecil ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang menawan. Saat senja, matahari jingga terlihat di celah antara dua tebing. Alhasil, terciptalah pemandangan yang kontras antara tebing yang terlihat lebih gelap dan matahari yang bersinar. Selain menyaksikan sunset dari pantai, wisatawan juga bisa menikmatinya dari atas tebing.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai MandorakKredit gambar: Google Maps Alfi Falakh

Pantai Mandorak agak tersembunyi dan jauh dari pemukiman penduduk. Alamat pantai indah ini tepatnya di Desa Pero Batang. Desa tersebut masuk dalam wilayah administratif Kecamatan Kodi, Sumba Barat, NTT. Jarak tempuh dari bandara Tambolaka kurang lebih 90 menit dengan kendaraan bermotor.

Jika dari Weekuri Lagoon, jarak menuju pantai ini hanya sekitar 2 km saja. Jika wisatawan berangkat dari bandara Tambolaka, bisa melalui jalur Jl. Raja Yohanes Ngogo Bani atau jalur Jl Luc Dairo Billi. Akses jalan dari bandara menuju tempat parkir pantai merupakan jalan beraspal dengan kondisi cukup baik.

Namun, sesampainya di tempat parkir wisatawan harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati jalan tanah dengan medan yang tidak terlalu mudah. Panjang jalur ini sekitar 500 meter. Selama perjalanan ini, wisatawan akan menemukan padang rumput dan perkebunan di sepanjang jalan setapak.

Pantai Mandorak buka 24 jam sehari sehingga wisatawan bisa mengunjunginya kapan saja. Tiket masuk ke pantai ini dihitung per kendaraan dan sudah termasuk biaya parkir. Besaran htm adalah Rp 50.000 per kendaraan. Selama berada di pantai ini, wisatawan juga harus menyediakan uang tambahan, misalnya untuk toilet (Rp 20.000 per sekali pakai).

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas seru di Pantai MandorakKredit Gambar: Google Maps Sugi Arti

Mengingat ukuran pantainya yang tidak terlalu besar dan ombak yang terkadang cukup besar, tidak banyak aktivitas rekreasi yang bisa dilakukan di Pantai Mandorak. Namun, bukan berarti pantai cantik ini tidak asyik untuk dikunjungi. Berikut beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan di pantai.

1. Berburu foto keren

Kegiatan utama dan tidak boleh dilewatkan saat berlibur di pantai cantik ini adalah berfoto. Foto wisata dengan latar keindahan pantai ini akan menjadi kenangan manis selama liburan di Mandorak. Beberapa spot foto instagenic di pantai cantik ini ada di depan dua tebing, di atas tebing dan saat sunset.

2. Mendaki Tebing di Pantai Mandorak

Wisatawan yang ingin menikmati pemandangan laut lepas bisa menaiki tebing pantai ini. Kegiatan ini cukup sulit untuk dilakukan, tetapi juga menyenangkan. Trekking di tebing ini cukup aman, namun harus dilakukan dengan hati-hati. Di salah satu tebing, wisatawan akan menemukan pendopo atau gazebo untuk beristirahat dan menikmati pemandangan.

3. Nikmati pemandangannya

Beberapa wisatawan lebih memilih untuk bersantai dan menikmati keindahan pantai. Mereka melakukannya dengan cara yang berbeda-beda, seperti sekadar duduk di atas pasir pantai, berjalan-jalan dan duduk di paviliun, atau duduk di perahu nelayan yang sudah tidak terpakai. Setelah menikmati pemandangan ini, wisatawan pasti merasa lebih istirahat dan tenang.

4. Permainan pasir

Pasir di pantai Mandorak terlihat sangat bersih dan berkilau. Keindahan ini membuat beberapa wisatawan ingin bermain di sana. Permainan pasir tidak hanya menyenangkan untuk anak-anak, tetapi juga untuk orang dewasa. Jika beruntung, wisatawan akan menjumpai kerang-kerang cantik sambil bermain di pasir pantai yang menawan ini.

5. Mainkan air

Saat air surut, ombak di Pantai Mandorak tidak terlalu besar. Dengan demikian, wisatawan bisa bermain air dengan aman. Namun, berenang di sini tetap tidak disarankan. Meski aktivitas permainan air ini hanya bisa dilakukan di area yang dekat dengan pasir putih, namun aktivitas ini tetap bisa membuat liburan Anda berkesan.

6. Mainkan olahraga pantai

Jika wisatawan membawa bola saat liburan ke pantai cantik ini, mereka bisa menikmati olahraga pantai yang seru, misalnya voli pantai. Berlatih olahraga pantai di pantai seindah Mandorak tentunya akan semakin istimewa. Kegiatan ini juga bisa mempererat silaturahmi dengan keluarga atau teman yang ada di group trip ini.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai MandorakKredit Gambar: Teman Google Maps Bajar

Potensi wisata Pantai Mandorak belum dikembangkan secara optimal oleh pemerintah setempat. Alhasil, fasilitas di kawasan wisata tersebut masih cukup minim.

Fasilitas utama pantai indah ini adalah toilet, area parkir, dan paviliun. Selain itu, banyak juga pedagang asongan lokal yang menjual air kelapa muda dan oleh-oleh.

Pantai Mandorak adalah pantai kecil yang tersembunyi. Meski kecil, keindahan pantainya telah memukau banyak wisatawan. Keunikan dari pantai ini adalah memiliki dua tebing yang saling berhadapan dengan jarak yang tidak terlalu lebar diantara keduanya. Di sini wisatawan bisa berfoto, memanjat tebing, dan bermain air.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button