Tiket Pantai Santolo dan 9 Kegiatan - WisataHits
wisatahits

Tiket Pantai Santolo dan 9 Kegiatan

Harga tiket masuk ke Pantai Santolo : Rp 10.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat: Pamalayan, Cikelet, Garut, Jawa Barat, Indonesia, 44177.

Pantai Santolo merupakan salah satu primadona tujuan wisata pantai di Garut. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih bersih nan lembut yang dikelilingi deretan perbukitan.

Pantai yang terletak di kecamatan Cikelet ini sering disebut sebagai “surga tersembunyi” di selatan Garut. Pesona keindahannya terkesan alami karena kawasannya selalu bersih dan tertata rapi.

Harga Tiket Masuk Pantai Santolo

Untuk memasuki kawasan wisata pantai, pengunjung tidak perlu khawatir akan mahal, bahkan bisa dikatakan sangat murah. Tiket berlaku untuk anak-anak dan dewasa dan berlaku dengan cara yang sama setiap hari.

Harga Tiket Masuk Pantai Santolo
Tiket masuk Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk Darajat Pass Garut dan Aktivitas Wisata Seru

Jam Buka Pantai Santolo

Pantai ini terbuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Pengunjung juga bisa datang pada malam hari.

Jam kerja
Senin minggu 24 jam

Aktivitas wisata di pantai Santolo

Sesampainya di pantai, wisatawan akan disuguhi hamparan batu karang panjang dengan perahu nelayan di sampingnya. Pantai Santolo merupakan tujuan wisata utama di pesisir selatan Kabupaten Garut, Jawa Barat. Banyak turis berulang kali datang berlibur ke sini karena terpikat oleh keindahan pemandangannya.

Sebagian besar wisatawan datang dari Bandung dan Jabodetabek menggunakan transportasi umum seperti bus dan konvoi bermotor. Di puncak musim liburan, puluhan ribu wisatawan mengunjungi pantai ini setiap hari.

1. Menikmati suasana Pantai Santolo

Suasana Romantis di Pantai Santolo GarutDi Pantai Santolo, wisatawan bisa beristirahat dan bersantai sambil menikmati keindahan panoramanya. Foto: Instagram/lensa_sambas

Pantai Santolo memiliki hamparan pasir putih halus yang panjang. Wisatawan bisa menikmati suasana pantai yang tenang dengan semilir angin pantai yang sejuk. Di sini wisatawan juga bisa beristirahat dan bersantai sambil menikmati keindahan pantai.

Pantai ini cukup bersih dengan ombak yang tidak terlalu besar. Pantai memiliki karang dan air surut. Hal ini membuat ombak tertahan di tengah, tidak sampai ke bibir pantai.

Pantai ini terkenal dengan air lautnya yang jernih dan pasir putih yang lembut. Kehadiran Taman Wisata Alam Santolo dengan hewan laut di pinggir pantai menjadi daya tarik tersendiri. Burung camar dan perahu kecil di tengah lautan menambah eksotisme pantai ini.

2. Navigasi ke pulau tetangga

Pemandangan laut dengan latar pegununganDari atas perahu, wisatawan bisa menikmati pemandangan laut biru dan pegunungan di sekitarnya. Foto: Instagram/lizikridamar

Untuk masuk lebih jauh ke kawasan pantai, wisatawan bisa menyeberang menggunakan perahu nelayan. Pantai Santolo merupakan bagian dari desa nelayan, sehingga mudah untuk menemukan perahu untuk disewa.

Di atas kapal nelayan lokal, wisatawan akan menikmati nuansa ombak pantai selatan yang ganas. Dari atas perahu, wisatawan bisa menikmati pemandangan laut biru sejauh mata memandang. Biota laut juga bisa diamati sambil menikmati panorama sekitar ditemani pepohonan hijau yang sejuk.

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan Sabda Alam Garut

Kapal membawa turis berkeliling pantai dan melintasi Pulau Santolo. Di sana wisatawan bisa melihat air laut yang jernih dan dangkal dengan ombak yang cukup tenang. Kembali menyusuri pantai menuju penyeberangan, wisatawan akan menemukan gundukan batu besar.

3. Karang kukus

Pantai Santolo menawarkan pemandangan atol seluas 35 hektar yang menakjubkan. Kelompok karang hitam setinggi tiga meter itu dikenal dengan nama Kukus Karang. Batu karang yang terlihat menonjol sering diidentikkan dengan karang yang ada di pantai Tanah Lot Bali.

Penduduk setempat menyebut hamparan atol itu Pulau Santolo karena lokasinya yang menyerupai sebuah pulau. Sisi-sisi lahan selalu tergenang air sehingga tampak terpisah dari daratan utama. Debur ombak saat memecah Kukus Karang sungguh luar biasa.

4. Main air dan pasir

bermain air dan pasir di pantai yang bersihAir laut yang jernih dan pasir putih umumnya dinikmati dengan berbasah-basahan sambil bermain air dan mengejar ombak. Foto: Instagram/ramdan_guswandi

Jernihnya air laut dan pasir putih Pantai Santolo biasanya dinikmati sambil bermain air. Wisatawan bisa saja basah-basahan dan mengejar ombak. Yang lain, terutama anak-anak, juga suka bermain pasir di pesisir pantai.

Pantai ini tidak bisa digunakan untuk berenang bebas. Wisatawan disarankan untuk berhati-hati agar tidak terlalu banyak bermain air. Rambu-rambu peringatan juga dipasang dan seiring meningkatnya kunjungan wisatawan, begitu pula patroli.

5. Perahu pisang

Bagi wisatawan yang ingin mencoba aktivitas yang lebih menantang di pantai Santolo Garut, Anda bisa mencoba banana boatBagi wisatawan yang ingin mencoba aktivitas yang lebih menantang, bisa mencoba Banana Boat. Foto: Google Maps/Bonank Eker

Bagi wisatawan yang ingin mencoba aktivitas yang lebih menantang, bisa mencoba Banana Boat. Wahana ini bisa disewa untuk menambah keseruan bersama keluarga atau kolega dan teman. Mengikuti laju Banana Boat akan semakin melengkapi momen liburan yang penuh kesan.

6. Amati hewan laut

Salah satu kegiatan yang menarik adalah pengamatan satwa laut di pantai Santolo. Kegiatan ini bisa dilakukan karena pantai ini memiliki perairan yang dangkal.

Karang dan hewan laut dapat terlihat dengan jelas tanpa perlu menyelam. Wisatawan bisa mengamati berbagai jenis ikan kecil yang terperangkap di antara kolam karang. Berbagai flora laut yang unik juga bisa dilihat di Pulau Santolo.

7. Matahari terbit dan terbenam di Pantai Santolo

Matahari terbenam dari pantaiMenikmati keindahan sunset saat senja memang sangat romantis seperti halnya sunset di pantai ini. Foto: Google Maps/Sahabat Sidiq

Keindahan pantai Santolo tidak hanya dengan lautnya yang biru dan pasirnya yang putih. Di sini wisatawan bisa menikmati indahnya matahari terbit saat fajar Matahari terbit di pagi hari.

Selain matahari terbit, pantai ini juga memiliki momen yang indah matahari terbenam pada senja. Santolo berasal dari kata Zon (diucapkan San) dan Tulu, yang berarti matahari terbenam dalam bahasa Belanda. Penyebutan ini karena dari tempat ini wisatawan dapat melihat dengan jelas keindahan matahari terbenam.

8. Jembatan Gantung Pantai Santolo

Jembatan gantung di pantai Sentolo, GarutSelain menantang, berfoto di jembatan gantung ini juga sangat menyenangkan. Foto: Google Maps/Sahabat Sidiq

Pantai Santolo memiliki dermaga dari zaman penjajahan Belanda sepanjang kurang lebih 100 meter. Ada juga jembatan gantung yang menghubungkan Pulau Santolo dan Pulau Curugan. Kawasan ini selalu menjadi spot selfie dan mancing para wisatawan.

Di kawasan pantai juga terdapat stasiun peluncuran roket LAPAN (Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional). Jika beruntung, wisatawan bisa menyaksikan dari dekat peluncuran roket untuk keperluan luar angkasa. Keberadaan Muara Cilauteureun juga menjadi salah satu daya tarik lain dari kawasan wisata ini.

Baca: KAMOJANG ECOPARK Garut: Tiket Masuk dan Aneka Kegiatan

Disebutkannya Cilauteureun karena air di muaranya tidak mengalir ke arah laut tetapi kembali ke arah benua. Hal ini terjadi karena adanya cekungan karang yang menyebabkan naiknya permukaan air laut.Konon kejadian seperti ini hanya terdapat di Pantai Santolo dan di Perancis.

9. Wisata Kuliner

Usai berwisata kuliner di Pantai Santolo, wisatawan bisa menikmati seafood di beberapa restoran. Di pinggir pantai, wisatawan bisa menyantap ikan segar langsung dari laut sambil mencicipi kelapa muda. menu tanda tangan makanan laut termasuk cumi-cumi, ikan layur, gurita, udang dan sebagainya.

Wisatawan juga bisa membuat masakan sendiri dengan membeli ikan laut segar. Pantai ini memiliki tempat pelelangan ikan, sehingga wisatawan biasanya membawa ikan segar sebagai oleh-oleh.

Meredakan

Berbagai fasilitas penunjang wisata tersedia di Pantai Santolo. Toilet dan tempat parkir mobil yang luas juga telah disediakan. Berbagai tempat makan menyajikan berbagai menu khas pantai yang bisa dinikmati wisatawan.

Mengantisipasi masalah keamanan, petugas masih melakukan patroli di tepi pantai dan tengah laut menggunakan perahu nelayan.

Di sepanjang sungai Cilauteureun terdapat landasan pendaratan dan pelelangan. Ratusan perahu nelayan berlabuh di tempat dengan hasil tangkapannya. Wisatawan bisa membeli berbagai jenis ikan luat yang dijual di sekitar pelelangan.

Lokasi Pantai Santolo

Kawasan wisata pantai ini terletak di Kesamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44177. Berjarak sekitar 80 km, Pantai Santolo berjarak 3 jam berkendara dari Kota Garut.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button