Pantai Botunuo Gorontalo, pantai yang indah dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan - WisataHits
wisatahits

Pantai Botunuo Gorontalo, pantai yang indah dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Trans Sulawesi, Botutonuo, Kec. Kabila Bone, Kab. Bone Bolango, Gorontalo; Kasus: Cek lokasi

Pantai Botutonuo adalah tempat wisata keluarga yang populer di Bone Bolango, Gorontalo. Air lautnya bersih dan ombaknya cukup tenang, sehingga pengunjung bisa leluasa bermain air dan berenang di perairan dangkal. Tak heran jika tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi pengunjung terutama di akhir pekan atau saat hari libur.

Sebelum menjadi destinasi wisata murah, pantai ini sebenarnya hanya tempat untuk mengikat perahu nelayan setelah kembali dari melaut.Melihat potensi pantai ini, akhirnya pada tahun 2009 masyarakat setempat mulai mengelolanya secara mandiri sebagai pelengkap perekonomian masyarakat. masyarakat di bidang pariwisata.

Sebagai tempat wisata untuk menghabiskan liburan, Pantai Botutonuo tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah tetapi juga didukung dengan fasilitas yang memadai. Pengunjung bisa leluasa menikmati liburan. Karena pantai ini cukup ramai saat musim liburan atau di akhir pekan, Anda bisa mengunjunginya di hari biasa jika ingin suasana yang lebih tenang.

Atraksi Pantai Botunuo

Aktivitas di Pantai BotutonuoKredit gambar: Google Maps frp monoarfa

Pantai indah ini menjadi destinasi wisata favorit warga Gorontalo karena murah dikunjungi. Apalagi pantai ini juga memiliki daya tarik yang membuatnya tidak pernah sepi pengunjung. Memiliki potensi sebagai tempat wisata yang menarik, tidak heran jika masyarakat mulai mengelolanya agar semakin banyak pengunjung yang datang.

1. Pemandangan pantai

Pantai Botutonuo memiliki pasir putih halus dengan laut biru jernih. Dengan keindahan pantai ini, banyak pengunjung yang datang untuk menikmati keindahannya. Di sepanjang pantai terdapat jejeran pohon kelapa yang membuat pemandangan terlihat lebih hijau dan sejuk. Ditambah dengan udara yang bersih karena jauh dari polusi kendaraan.

Ombak di pantai ini tidak besar, sehingga pengunjung bisa bermain air dengan aman. Waktu terbaik untuk datang adalah di pagi hari ketika cuaca bagus. Pemandangannya akan jauh lebih indah. Matahari juga tidak terlalu panas saat ini. Namun, sebaiknya jangan datang saat musim angin kencang karena air laut akan tinggi.

2. Wisata murah

Sejak dibuka, pantai ini sangat populer di kalangan penduduk Gorontalo. Banyak yang membawa keluarganya berlibur ke sini. Pasalnya, pantai ini merupakan destinasi yang murah, cocok untuk semua kalangan dan segala usia. Pengunjung tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati liburan yang menyenangkan.

Meski dijalankan oleh warga sekitar, fasilitas yang disediakan juga memadai. Pengunjung juga bisa menikmati keindahan laut di atas perahu. Sayang sekali melewatkan fasilitas ini, karena sangat menyenangkan untuk segala usia. Sewa perahu juga tidak terlalu mahal, mengingat pantai ini merupakan tempat wisata yang tidak menghabiskan isi dompet.

Makanan yang banyak dijual di sekitar Pantai Botutonuo ini juga relatif terjangkau namun dengan rasa yang sesuai dengan lidah. Pengunjung bisa mengisi perut sambil menikmati pemandangan sekitar dan suara deburan ombak. Tak heran, pantai dengan garis pantai yang luas ini terasa seperti lautan manusia, terutama saat musim liburan.

3. Karakteristik yang berbeda

Jika menyusuri pantai ini, pengunjung akan menemukan keistimewaan yang berbeda di beberapa tempat. Di sisi barat, karakter pasirnya berwarna putih dan terasa halus. Berbeda jika menyusuri bagian tengah dan timur yang lebih banyak kerikilnya. Perbedaan karakter ini menjadi daya tarik karena pengunjung memiliki spot yang cukup berbeda meskipun selalu berada di satu area yang sama.

Karakteristik yang berbeda juga didukung oleh rentang bersih. Tidak ada sampah yang dibuang sembarangan. Karena itu, pemandangannya juga lebih indah. Kebersihan pantai ini membuat pengunjung semakin nyaman dan membuat mereka ingin kembali lagi. Saat menjelajahi area untuk mencari tempat yang berbeda, pengunjung tidak akan terganggu oleh sampah yang mengelilinginya.

4. Matahari terbenam

Atraksi milik Pantai BotunuoKredit gambar: Google Maps Abi Lokeen

Pagi hari bukan hanya waktu terbaik untuk datang ke Pantai Botutonuo. Sore hari juga menjadi waktu yang banyak diburu pengunjung. Memang pantai Bututonuo menawarkan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Sunset adalah waktu yang tepat untuk mencari background foto. Jika Anda dapat menemukan tempat yang tepat, Anda juga bisa mendapatkan bidikan siluet yang bagus.

5. Dermaga

Di salah satu tempat pantai ini terdapat dermaga panjang yang menjorok ke laut, dermaga ini menjadi tempat yang banyak dikunjungi oleh pengunjung sebagai daya tarik. Beberapa anak menggunakannya sebagai tempat untuk turun ke laut dan berenang, yang lain menggunakannya hanya untuk spot foto dengan dasar laut pada jarak yang lebih dekat.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket

Alamat Pantai BotutonuoKredit gambar: Google Maps Muthia Hiola

Pantai Botutonuo terletak di Jl. Trans Sulawesi, Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Jaraknya kurang lebih 17 kilometer dari pusat kota Gorontalo. Jika Anda menggunakan transportasi umum, Anda hanya membutuhkan waktu 35 menit untuk berkeliling. Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi karena jalannya cukup bagus dan beraspal.

Jalan yang harus dilalui cukup berliku dan berada di sisi tebing karena letaknya yang berada di lembah. Namun, perjalanan akan menyenangkan karena Anda bisa melihat Pantai Leato dari jauh. Sedangkan hanya ada satu jalur yang harus ditempuh.

Dari Kota Gorontalo tepatnya Bundaran Tugu Saronde, ambil arah kanan. Kemudian belok kiri ke Jl.Jalaluddin Tantu. Kemudian Anda kembali ke kanan arah ke Jl Mayor Dullah kemudian menuju ke Jl Laksamana Martadinata dan masuk ke Jl Trans Sulawesi di lokasi. Sudah ada panel yang akan memudahkan Anda.

Pantai Botutonuo adalah tempat wisata yang murah. Karena masih dikelola secara mandiri oleh masyarakat sekitar, biaya masuknya juga tidak mahal. Anda hanya perlu membayar Rp 5.000. Tiket ini dipungut oleh warga saat memasuki kawasan pantai.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Botutunuo

Aktivitas Seru di Pantai BotunuoKredit gambar: Google Maps Muthia Hiola

Pantai Botutunuo adalah tempat yang bagus untuk liburan. Selain itu, banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di kawasan ini. Beberapa kegiatan tersebut, misalnya, adalah sebagai berikut.

1. Bermain air

Karena ombaknya yang tenang, pantai yang indah ini menjadi tempat yang aman untuk bermain atau berenang di perairan dangkal. Banyak juga anak-anak yang menceburkan diri ke dalamnya tanpa takut tersapu ombak. Kegiatan ini memang paling banyak dipraktikkan. Selain itu, air lautnya sangat segar dan bebas limbah.

2. Perjalanan dengan kapal

Anda bisa mencoba pengalaman naik perahu di kawasan ini. Penyewaan perahu tersedia sehingga Anda dapat melihat keindahan tengah laut di atas perahu. Terkadang Anda juga akan ditemani oleh musik agar perjalanan laut menjadi lebih menyenangkan.

3. Nikmati pemandangannya

Anda bisa berjalan di sepanjang Pantai Botutonuo sambil menikmati pemandangan. Akan ada banyak tempat menarik yang Anda temukan. Dengan angin sepoi-sepoi dan deburan ombak, Anda bisa bersantai dengan pemandangan alam yang indah.

Akomodasi murah di sekitar pantai Lokasi

Akomodasi murah di sekitar pantai LokasiKredit gambar: Google Maps Abdurrahim Djula

1. Akomodasi di Pantai Botunuo

Akomodasi tersedia di kawasan pantai, sehingga Anda tidak perlu jauh-jauh mencari tempat menginap jika ingin bermalam. Harga sewa per malamnya juga sangat murah namun dengan kamar yang nyaman dan fasilitas yang memadai. Hanya dengan membayar Rp 150.000 kamu bisa liburan lebih lama di pantai ini.

2. Resor Pantai Century

Hostel ini terletak di Bumbo Raya, di kota Gorontalo. Tidak hanya menawarkan akomodasi yang cukup nyaman dan fasilitas yang lengkap, hostel ini juga menawarkan pemandangan matahari terbenam dan pantai. Hostel ini juga ramah anak, jadi buat kamu yang liburan keluarga bisa menginap di Century Beach Resort.

3. RedDoorz Syariah

Hostel ini terletak di Heledula, di kota Gorontalo. Hostel ini cukup terjangkau dengan kamar yang nyaman dan fasilitas yang memadai. Fasilitas yang akan Anda dapatkan berupa AC, Wi-Fi gratis, dan resepsionis 24 jam. Berjarak sekitar 13 kilometer dari pantai, hostel ini bisa menjadi rekomendasi untuk Anda menginap.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Botutonuo Gorontalo

Pantai Botutonuo Gorontalo.Kredit gambar: Google Maps Flo Jusung

Pantai indah ini sudah memiliki fasilitas keuangan yang memadai. Jika Anda tidak membawa tikar untuk duduk-duduk dan bersantai, ada gazebo-gazebo di pinggir pantai yang bisa disewa. Di gazebo Anda bisa duduk sambil menikmati pemandangan laut yang indah.

Ada juga kamar mandi dan toilet. Fasilitas ini tentu saja sangat dicari oleh para pengunjung. Selain itu, pantai ini memiliki ombak yang bersahabat untuk aktivitas berenang, sehingga membutuhkan tempat untuk bersih-bersih dan berganti pakaian.

Jika tidak membawa bekal, ada juga warung makan yang menyajikan makanan khas Gorontalo. Dengan harga yang cukup murah, Anda sudah bisa mencicipi hidangan lezat dan mengenyangkan perut.

Pantai Botutonuo kini menjadi destinasi wisata bahari yang menarik untuk dijelajahi di Bone Bolango, Gorontalo. Saat musim liburan, wisata pantai ini pasti akan dipadati pengunjung. Dikelola secara swadaya oleh warga sekitar, pantai ini sudah memiliki fasilitas yang memadai. Namun, banyak pengunjung yang mengharapkan pemerintah menambah fasilitas dan amenitas ke pantai yang memiliki potensi wisata tersebut.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button