Tiket Masuk PANTAI KUTANG dan Pesona Hutan Mangrove - WisataHits
wisatahits

Tiket Masuk PANTAI KUTANG dan Pesona Hutan Mangrove

Tiket Masuk PANTAI KUTANG dan Pesona Hutan Mangrove

Harga tiket masuk Pantai Kutang Lamongan: Rp 5.000. Jam buka: 07:00 – 17:30 WIB. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Dukuh Kentong, Desa Labuhan, Brondong, Lamongan, Jawa Timur, Indonesia, 62263.

Lamongan memiliki nama pantai yang unik yaitu Pantai Kutang. Asal usul nama ini menggambarkan kondisi di masa lalu tempat ini. Dimana banyak bra atau pakaian dalam wanita yang digantung di area pantai. Ada sesuatu di pohon bakau, di dahan, di sampah lain yang juga berserakan, membuat tempat ini terlihat kumuh.

Sekarang tidak ada tampilan celana dalam. Setelah pengelolaan BUMDes yang baik. Pantainya bersih, dengan berbagai fasilitas dan spot foto yang menarik. Beragam aktivitas juga tersedia di sini untuk menjadikan tempat wisata ini sebagai daya tarik wisata.

Harga Tiket Masuk Pantai Kutang Lamongan

Meski sudah memiliki berbagai fasilitas yang bagus, tiket di sini masih terjangkau. Hanya biaya masuk dan biaya parkir yang akan dibebankan kepada wisatawan. Jika ingin menyewa pelampung, dikenakan tarif tersendiri khusus untuk penyewa.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp5.000
Tarif parkir
Sepeda motor Rp3.000
Mobil Rp6.000
bus Rp 10.000
Tarif kendaraan
Sewa pelampung Rp 15.000

Baca: Tiket Masuk WBL Lamongan, Jam & Wahana

Jam Buka Pantai Kutang Lamongan

Untuk bisa menikmati objek wisata ini, wisatawan bisa datang dari pagi hingga sore hari. Waktu yang tepat untuk menikmati wisata ini adalah pagi atau sore hari. Di sore hari, wisatawan juga bisa menyaksikan sunset yang indah.

Jam operasional
Setiap hari 07:00 – 17:30 WIB

Pesona Pantai Kutang Pantai Utara Jawa Timur

Pantai KutangPantai Kutang. Foto: Marble Gmap/BBG

Hamparan air laut berwarna biru kehijauan yang sangat luas akan mendominasi pemandangan wisatawan saat tiba di Pantai Kutang.

Sejauh mata memandang, pasir putih tampak menutupi pantai. Ombak yang datang silih berganti, dengan deru yang tenang. Gulungan itu berubah menjadi busa putih di pantai.

Tempat wisata ini begitu indah, apalagi dengan pepohonan yang tumbuh di sekitarnya. Bahkan, ada pohon bakau yang memenuhi garis pantai.

Area teduh yang bisa dinikmati wisatawan sambil berjalan di jembatan dekat hutan Mangrove. Lokasi pengambilan gambar sering dilakukan di pantai ini.

Pantai di sini cukup bersih, tidak banyak sampah berserakan di sekitar area. Banyak juga spot foto yang disediakan disini. Sehingga memungkinkan wisatawan untuk mencoba semua spot foto unik tersebut. Karena semuanya gratis, jadi wisatawan tinggal berfoto di spot fotonya.

Baca: Tiket dan Wahana WEGO Lamongan

Asal usul nama pantai kutang

Sesuai dengan namanya, dulu di pantai ini Anda bisa menemukan banyak pakaian dalam wanita, atau bra. Itu tergantung pada pohon bakau dan pohon-pohon di sekitarnya.

Kemudian, warga membersihkan dan merenovasinya. Jadi sekarang menjadi pantai dengan nama yang sama, tetapi situasinya jauh lebih baik.

Berjalan melalui hutan bakau melintasi jembatan yang indah

Foto Gmap Jembatan Warna Warni - Arfin ArfiyantoFoto Gmap Jembatan Berwarna-warni – Arfin Arfiyanto

Tak jauh dari bibir pantai, terdapat sebuah jembatan panjang yang mengitari hutan bakau. Jembatan ini terbuat dari kayu dan bambu, dengan banyak tiang penyangga.

Jangan khawatir, meski terbuat dari kayu, jembatan ini sangat kokoh dan tahan terhadap ombak. Jembatan ini juga dihiasi dengan cat warna-warni yang membuatnya semakin hidup.

Jembatan ini sangat panjang, melingkari kawasan hutan mangrove di pesisir pantai. Dari jembatan tersebut, wisatawan dapat mengamati hutan bakau. Seberangi sambil mengagumi lanskap hutan lebat ini. Jangan lupa untuk mengambil foto khusus dengan latar belakang hutan bakau ini.

Uniknya, hutan bakau ini membentengi tambak ikan kerapu di belakangnya. Ada peternakan ikan kerapu di belakang hutan bakau ini.

Ikan kerapu ini sebenarnya hidup di laut dan kemudian dibawa ke daerah pesisir. Untuk dibesarkan dengan penanganan khusus.

Baca: Tiket, Wahana dan Koleksi Satwa Kebun Binatang Maharani Lamongan

Ambil foto yang memuaskan di beberapa titik foto

Viewpoint dan spot foto di jembatanBelvedere dan tempat foto di jembatan. Foto: Gmap/Maria Andreana

Ada banyak spot foto di pantai ini, dan terlihat terawat dengan baik. Ada ayunan di pantai yang dapat digunakan secara gratis.

Biasanya wisatawan akan menggunakannya saat matahari terbenam. Karena pemandangan di atas ayunan saat itu terlihat begitu menawan.

Ada juga paviliun yang dirancang khusus untuk berfoto. Dengan hiasan gapura kayu sederhana bertuliskan kata-kata indah. Pintunya juga dicat warna-warni agar lebih hidup. Ditambah lagi dengan adanya tanaman hias yang dilingkari pada tiang-tiang seolah-olah tanaman hidup.

Di jembatan kayu tersebut, wisatawan juga bisa menemukan kabin-kabin kecil. Kabin kecil ini berstruktur kayu semi permanen dengan atap genteng.

Wisatawan bisa memanfaatkannya sebagai spot foto yang menarik. Atau Anda bisa saja berlindung sambil menikmati pemandangan sekitar.

Menikmati keindahan sunset

Senja yang indah di Pantai Kutang.  Foto oleh Gmap - Wahyudi Dwy PurwantoSenja yang indah di Pantai Kutang. Foto Gmap – Wahyudi Dwy Purwanto

Sore hari adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai. Pasalnya, matahari sudah mulai menurun, sehingga nyaman untuk berjalan-jalan di pantai. Banyak tempat yang bisa dijelajahi di sore hari. Bahkan berjalan-jalan tidak akan memakan banyak waktu.

Bagi penikmat senja, duduk di tepi pantai menunggu matahari terbenam adalah waktu yang tepat. Wisatawan bisa duduk di atas karpet atau bahkan tanpa karpet.

Menghadap ufuk barat, tempat matahari akan kembali ke sarangnya. Perlahan tapi pasti matahari akan perlahan bergulir dengan cahaya redup.

Matahari bulat perlahan menyusut hingga hanya tersisa sebagian kecil. Langit cerah, perlahan gelap, dengan matahari bersinar di balik tempat tidurnya.

Lalu perlahan hadirkan kegelapan untuk menggantikan siang. Suasana romantis ini sangat cocok dinikmati bersama pasangan.

Bersepeda di area pantai

Sangat tidak biasa untuk bersepeda di daerah pesisir. Apalagi jika bukan karena medan yang sulit untuk mengayuh sepedanya. Namun, di sini wisatawan juga bisa melakukannya. Ada tempat persewaan tak jauh dari pantai.

Sepeda di sini biasanya memiliki roda yang besar. Ini membantu pengendara sepeda melintasi medan berpasir. Agar tidak mudah jatuh. Medan berpasir ini juga menjadi tantangan tersendiri di atas sepeda.

Alamat Pantai Kutang Lamongan

Pantai wisata unik ini terletak di Dusun Kentong, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan.

Jalan Pantai Kutang Lamongan

Kondisi jalan menuju pantai ini cukup baik. Dari pusat Kota Lamongan berjarak sekitar 62 kilometer arah utara. Dengan waktu tempuh rata-rata 1,5 jam menggunakan kendaraan.

Justru pantai ini lebih dekat dengan akses jalan dari kota Tuban. Karena jaraknya hanya sekitar 22 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 40 menit dengan mobil.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button