Pantai Alam Indah (PAI) Tegal : Tiket Masuk, Fasilitas, Aktivitas Seru, Sunset, Dermaga Apung, Monumen Bahari, Hutan Mangrove dan Festival Cahaya - WisataHits
wisatahits

Pantai Alam Indah (PAI) Tegal : Tiket Masuk, Fasilitas, Aktivitas Seru, Sunset, Dermaga Apung, Monumen Bahari, Hutan Mangrove dan Festival Cahaya

PAI Tegal – Ingin tahu ada apa saja di Pantai Alam Indah (PAI) Tegal? Berikut ulasan lengkapnya mulai dari harga tiket masuk, wahana permainan/hiburan, fasilitas, lokasi/alamat dan petunjuk arah mengemudi. Matahari terbenam yang indah, membuat semua orang betah berlama-lama di sana.

Dikenal sebagai kota laut, Tegal memiliki pelabuhan dan pantai yang layak dikunjungi di akhir pekan atau saat hari libur. Pantai tersebut adalah Pantai Alam Indah atau lebih dikenal dengan PAI. Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata favorit di Tegal bagi wisatawan lokal. Pasalnya, tiket masuknya sangat murah dan fasilitasnya cukup lengkap.

Review Pantai Alam Indah (PAI) Tegal

Deskripsi Keindahan Pantai Alami Indah (PAI) Tegal

Pantai-Alam-Mewah-PAI-TegalIlustrasi Pantai Alam Tegal Indah (IAP)

Saat memasuki kawasan Pantai Alam Indah, Anda akan disambut oleh tugu bahari dengan berbagai koleksi kendaraan tempur seperti tank PT 76, kendaraan tempur Pintam BRDM, pesawat Nomad N-22, meriam darat, bouyance, lampu navigasi, jangkar dan rantai. , ranjau tanduk dan torpedo MK 44.

Berjalan menuju pantai, Anda akan dimanjakan dengan keindahan pantai pasir hitam berpadu dengan tenangnya ombak khas pantai utara pulau Jawa. Pantainya terlihat bersih, ada juga tenda untuk bersantai seperti pantai-pantai di Bali.

Berjalan ke timur pantai Anda akan menemukan jogging track dan jembatan terapung di sisi paling timur. Di sepanjang garis pantai terdapat pepohonan rindang yang asik untuk duduk-duduk bersama keluarga atau teman-teman.

Baca juga: Wahana mendebarkan dan tiket masuk ke Rita Park

Aktivitas Seru di Pantai Alam Indah (PAI) Tegal

Pantai Alam Indah Tegal menawarkan berbagai pilihan aktivitas/kegiatan yang menarik dan seru, beberapa di antaranya adalah:

  • Berenang dan bermain pasir. Bagi yang ingin berenang harus berhati-hati meski ombaknya tidak sekuat di pantai selatan. Pakailah jaket pelampung dan jangan berenang di tengah laut.
  • Kunjungan edukasi sambil berfoto di Tugu Bahari.
  • Bersantai di bawah pohon sambil menikmati minuman/makanan seperti kelapa mudamie, ayam, bakso atau kuliner lainnya.
  • Tonton acara “Topeng Monyet”.
  • Carilah berbagai penjual makanan lezat yang dijual di sekitar pantai.
  • Lari pagi atau sore hari saat tidak panas.
  • Uji adrenalin Anda dengan mendaki jembatan ponton / dermaga apung.
  • Nikmati keindahan matahari terbenam (sunset) di sore hari.
  • Lihat “Festival Of Light” dengan berbagai lentera dan air mancur menari yang sering diadakan di sana (biasanya setahun sekali).
  • Bermain dengan mobil dan mewarnai gambar khusus untuk anak-anak.
  • Tonton acara musik jika ada acara tertentu.
  • Kunjungi hutan mangrove dan berfoto selfie dengan berbagai spot foto yang instagramable.

Fasilitas dan Taman Bermain di Pantai Alam Indah (PAI) Tegal

Berbeda dengan kondisi tahun-tahun sebelumnya, PAI Tegal kini telah mengalami peningkatan dan kemajuan pesat dalam hal instalasi. Secara pribadi, saya sedikit terkejut ketika saya pergi ke sana beberapa waktu lalu karena perubahan besar menjadi lebih baik.

Di sana terdapat berbagai fasilitas yang akan memanjakan wisatawan, mulai dari mushola, area parkir, toilet, kamar kecil/bilas, warung makan, persewaan tenda/tikar, jogging track, jembatan apung warna-warni/floating dock, area bermain untuk anak-anak seperti mainan. . mobil dan mewarnai, atraksi topeng monyet, spot foto di hutan mangrove, event menarik seperti musik dan Festival of Light.

Baca juga: Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal

Harga tiket masuk dan jam buka Pantai Alam Indah (PAI) Tegal

Dari sekian banyak tempat wisata di Kota Tegal dan Kabupaten Tegal, harga tiket masuk PAI bisa dikatakan paling murah. Untuk memasuki area pantai, Anda hanya akan dikenakan biaya 3000 rupee untuk dewasa dan 2000 rupee untuk anak-anak.

Sangat murah bukan? Padahal, PAI mungkin merupakan destinasi wisata termurah di Provinsi Jawa Tengah. Untuk jam operasional, Pantai Unggulan Kota Tegal buka 24 jam sehari. Namun, loket tiket sepertinya hanya beroperasi dari pukul 05:00 hingga 20:00 WIB.

Lokasi / Alamat dan Petunjuk Arah Menuju Pantai Alam Indah (PAI) Tegal

Alamat Pantai Alam Indah (PAI) Tegal terletak di Jalan Sangir, Desa Mintaragen, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah. Lokasinya cukup strategis, hanya sekitar 1 km dari jalur Pantura. Rute menuju ke sana dari Pacific Mall dapat ditempuh melalui Jl. Dr. Soetomo (Mal Pacific ke arah utara), lalu Jl. Gajah Mada menuju Jl. Raya Tegal – Pemalang.

Dari Jl Raya Tegal – Pemalang lurus terus sampai Jl Pantura kemudian belok ke Jl Sangir di PAI. Ikuti saja petunjuk Google Map, kalau bingung bisa tanya ke warga sekitar. Berikut saya sajikan gambar peta lokasi dari Google Map :

Tips mengunjungi pantai alam yang indah (PAI) Tegal

Menghabiskan akhir pekan mengunjungi Pantai Alam Indah menjadi pilihan sebagian warga Tegal dan sekitarnya. Tak ayal, pantai ini juga terlihat ramai pengunjung di hari Minggu. Nah, bagi Anda yang ingin datang ke PAI, berikut beberapa tips sederhana yang bisa membuat liburan Anda menyenangkan dan nyaman.

  • Datanglah saat cuaca bagus, hindari hujan. Jika ingin tidak terlalu panas, Anda bisa datang pagi atau sore hari.
  • Karena cuaca pantai sangat panas/panas, Anda perlu memakai tabir surya/sunscreen untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari.
  • Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman.
  • Kenakan pelindung kepala seperti topi atau payung jika Anda datang pada siang hari untuk melindungi kepala dari panas.
  • Bawalah baju ganti jika ingin bermain air atau berenang di pantai.
  • Bawa makanan dan minuman dari rumah jika ingin lebih hemat.
  • Bawa kamera terbaik untuk mendokumentasikan setiap momen di sana.
  • Bawa pass/uang receh untuk naik wahana dan berbelanja makanan, minuman dan pernak-pernik di sana.
  • Datang sebagai kelompok untuk lebih menyenangkan.
  • Jika ingin suasana lebih tenang, maka datanglah di hari biasa, bukan akhir pekan. Pasalnya, hampir setiap akhir pekan, PAI selalu dipadati pengunjung.

Demikian sekilas informasi mengenai Pantai Alam Tegal yang menjadi primadona warga Tegal dari dulu hingga sekarang. Jika Anda ingin berbagi pengalaman/memberikan informasi tambahan, Anda dapat menuliskannya melalui kolom komentar. Sekian dari saya, terima kasih dan semoga bermanfaat.

Source: www.anekawisata.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button