Kereta Api Indonesia Dukung Skema Angkutan Motor Gratis - WisataHits
wisatahits

Kereta Api Indonesia Dukung Skema Angkutan Motor Gratis

Kereta Api Indonesia Dukung Skema Angkutan Motor Gratis

Piknikdong.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mendukung program Angkutan Sepeda Motor Gratis (Motis) yang kembali diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan.

Motis merupakan program tahunan pemerintah melalui Kementerian Perhubungan bagi masyarakat yang mudik dengan sepeda motor dan diangkut dengan kereta api tanpa dipungut biaya.

Kereta Api Indonesia mendukung MotisPerkeretaapian Indonesia mendukung Motis, foto: KAI.id

Tujuan diselenggarakannya program Motis ini adalah untuk mengurangi jumlah kendaraan roda dua dan angka kecelakaan di jalan saat mudik lebaran, sehingga tingkat keselamatan meningkat.

Pendaftaran program Motis 2023

Pendaftaran program Motis 2023 mulai 1 Maret s/d 3 Mei 2023 melalui mudikgratis.dephub.go.id atau langsung melalui Pos Motis di Stasiun Jakarta Gudang, Depok Baru, Tangerang, Bekasi, Cilegon, Kiaracondong, Cirebon, Semarang Tawang, Tegal, Pekalongan, Purwokerto, Kutoarjo, Gombong, Kroya, Sidareja, Purwosari dan Lempuyangan.

Angkutan Motis kepulangan akan diberangkatkan mulai 11 hingga 20 April, sedangkan angkutan Motis kepulangan akan dilakukan mulai 25 April hingga 4 Mei 2023.

DJKA Kemenhub akan mengintegrasikan angkutan Motis dengan pelayanan KA PSO (Public Service Obligation) yang akan melayani 3 lintas pelayanan yaitu Lintas Utara dengan jalur Cilegon – Jakarta Gudang – Semarang Tawang, Lintas Tengah dengan jalur Jakarta Gudang – Purwosari, dan Lintas Selatan dengan Kiaracondong – Purwosari.

Masyarakat bisa menikmati Rp 0 untuk angkutan sepeda motor dan hanya Rp 10.000 hingga Rp 20.000 untuk tarif penumpang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Motis, masyarakat dapat mengakses mudikgratis.dephub.go.id melalui akun Instagram @motis_2023 atau melalui customer service WhatsApp Motis 2023 di 0812-1995-8427.

Senior Manager KAI, Didiek Hartantyo mengatakan, “KAI sebagai operator kereta api umum mendukung penuh program Motis untuk memberikan pelayanan kepada pemudik yang ingin membawa sepeda motornya ke kampung halaman.

“KAI siap berperan dalam meningkatkan keselamatan penumpang dengan menyediakan rangkaian kereta angkut Motis.

Dengan menggunakan kereta api untuk mengangkut penumpang dan barang, kemacetan bisa dikurangi dan keselamatan pemudik saat mudik Lebaran 2023 bisa berkurang,” ujarnya.

Didik menjelaskan.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Djarot Tri Wardhono mengatakan pada Motis tahun ini, DJKA Kemenhub akan menyiapkan 10.440 slot sepeda motor gratis dan 46.720 kursi penumpang.

“Diharapkan kepulangan masyarakat terakomodasi dengan lebih baik, momen ini juga mengajak masyarakat untuk bisa pulang kampung dengan selamat, nyaman dan selamat.

Sebab, melihat data periode lebaran sebelumnya, tingkat kecelakaan kendaraan roda dua pada masa mudik cukup tinggi, sehingga dengan program motis ini kemacetan roda dua bisa diminimalisir”, ungkapnya.

ujar Djarot Tri Wardhono.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button