Air Terjun Teroh-Teroh, Air Terjun Mempesona dan Eksotis Kolam Alami di Langkat - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Teroh-Teroh, Air Terjun Mempesona dan Eksotis Kolam Alami di Langkat

Air Terjun Teroh-Teroh, Air Terjun Mempesona dan Eksotis Kolam Alami di Langkat
Harga tiket: Rp40.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

Sumatera Utara sepertinya tidak pernah kehabisan tempat wisata untuk ditawarkan wisatawan dari mana saja. Termasuk salah satu provinsi terbesar di tanah air, tak heran potensinya begitu diperhitungkan. Apakah itu atraksi berdasarkan sejarah, alam, budaya, atau sekadar aktivitas kuliner, semua yang Anda cari ada di sini.

Salah satu dari sekian banyak destinasi alternatif yang ada di provinsi ini, Anda akan menemukan Air Terjun Teroh-Teroh Langkat yang sangat diminati wisatawan. Suasana alam dengan kejernihan airnya pun tak kalah mempesona, pergi ke sana seperti menemukan kedamaian di tengah padatnya aktivitas sehari-hari.

Destinasi alam yang satu ini menyuguhkan rasa kesegaran yang kental sejak pertama kali Anda berada di jalur pendakian. Berada di tengah hutan dengan pepohonan yang menjulang tinggi di sekelilingnya, mungkin inilah sumber penyebab munculnya kesan abadi. Dari air, tanah lembap hingga daun-daun berguguran, kombinasi ini indah dipandang mata.

Objek wisata air terjun Teroh-Teroh

Objek Wisata Air Terjun Teroh-TerohKredit Gambar: Tur Google Maps Nuansa Indah

1. Keindahan air terjun

Ada sebuah air terjun yang oleh penduduk setempat diberi nama Tongkat karena keunikannya. Disebut demikian bukan tanpa alasan, melainkan ada batang kayu yang terbentuk mendatar di antara tebing dan kolam alami.

Selain keindahan air terjun Teroh-Teroh sendiri secara umum, semburan air yang jatuh dari atas tebing juga memukau. Apalagi bagi traveler yang hobi berkunjung ke pemandian, destinasi eksotik ini dijamin tidak akan mengecewakan.

Ternyata, ketinggian air terjun tersebut mencapai 12 meter yang artinya memiliki aliran yang cukup deras. Jadi sebaiknya hindari memposisikan diri langsung di bawah air terjun karena bisa berbahaya. Yang terbaik adalah bermain di kolam yang terbentuk secara alami, daripada mendekati pusat air yang jatuh.

2. Pemandangan alam yang eksotis

Tidak ada yang lebih menarik dari pemandangan eksotis yang terbentuk secara alami melalui ikon-ikon khusus. Ada kolam, air terjun, hutan rimbun, semuanya menyatu satu sama lain untuk menciptakan suasana yang berkesan.

Kapanpun Anda datang dan kemanapun Anda beraktivitas selama liburan, keindahannya tidak akan berubah. Sebaliknya, semakin lama dinikmati, rasa takut di hati akan semakin bertambah.

Apalagi traveler yang datang dari jauh dan tinggal di perkotaan, liburan ke air terjun Teroh-Teroh bisa menjadi kenyamanan terbaik. Luangkan waktu Anda dan nikmati semua yang ditawarkan destinasi indah ini.

3. Kolam alami

Kolam alami yang terbentuk dari pertemuan Air Terjun Pelaruga dan Air Terjun Tongkat menciptakan estetika tersendiri. Masyarakat setempat menyebutnya Kolam Abadi, suasana di sini sungguh asri.

Airnya yang jernih memungkinkan Anda untuk melihat dasarnya tanpa menggunakan alat apapun. Kolam renang cantik ini terus dijaga dan dirawat agar keawetannya tidak dirusak oleh ulah orang-orang iseng.

Berkat pesonanya, wisatawan kerap berfoto di dalam air dan memamerkannya di jejaring sosial. Toh keindahan alam Indonesia memang pantas untuk diabadikan bukan?

4. Jalur pendakian

Atraksi air di Air Terjun Teroh-TerohKredit gambar: Google Maps Hanya Didit

Untuk menuju pusat air terjun Teroh-Teroh, Anda perlu menempuh jalur pendakian khusus. Bagi para petualang, kawasan wisata alam ini pasti akan menguji adrenalin Anda.

Meski tidak terlalu ekstrim, pendakian ini layak untuk ditunggu. Sepanjang jalan, Anda akan melewati pepohonan yang menjulang tinggi, daun-daun mati berserakan di tanah, diiringi suara serangga atau burung.

5. Aspek Keamanan yang Menjadi Perhatian Tinggi

Sedikit berbeda, destinasi wisata alam air terjun Teroh-Teroh memberlakukan kewajiban menyewa guide bagi wisatawan. Anda tidak diperbolehkan melakukan perjalanan sendiri ke pusat air terjun kecuali didampingi oleh pemandu. Memang setiap pengunjung akan diberikan jaket pelampung sebelum memulai petualangan.

Mungkin aturan semacam ini terkesan sedikit merepotkan, namun kenyataan di lapangan adalah bentuk jaminan keamanan. Karena rute sepanjang perjalanan cenderung terjal, masuk akal bagi manajemen untuk menetapkan aturan yang ketat.

Di sisi lain, hal seperti ini juga bisa menjadi daya tarik, terutama bagi wisatawan keluarga. Artinya, Anda tidak perlu terlalu khawatir saat harus membawa anak kecil karena ada pemandu berpengalaman yang siap membimbing Anda. Jadi wisatawan akan mendapatkan jalan terlebih dahulu setelah membayar retribusi Air Terjun Teroh-Teroh.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat air terjun Teroh-TerohKredit Gambar: Google Maps Nazaruddin M.Pd

Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Jalan Sungai Wampu dari Tol Medan-Binjai. Setelah itu lanjutkan hingga memasuki kampung Rumah Galuh melalui Jalan Sungai Wampu.

Air terjun Teroh-Teroh terletak di Kabupaten Langkat, 48 km dari pusat kota Medan, Sumatera Utara. Tepatnya di Kecamatan Sei Bingai, wisatawan membutuhkan waktu setidaknya 1,5 jam untuk sampai ke tempat tujuan.

Untungnya, perjalanan akan ditingkatkan dengan angin sepoi-sepoi di antara perkebunan, sawah hijau, dan jalan pedesaan. Kondisi ini sedikit banyak bisa mengurangi potensi kelelahan dan menjadi menyenangkan jika Anda menyetir sendiri.

Namun berhati-hatilah saat berkendara karena Kota Medan memiliki reputasi lalu lintas yang buruk. Sebagai informasi tambahan, mungkin sering terlihat aksi timbal balik antara pengemudi di area ini.

Jika ingin situasi yang cenderung lebih aman, disarankan menyewa mobil dengan supir. Tidak ada salahnya jika Anda harus membayar ekstra selama Anda tiba dengan selamat di tempat tujuan, bukan?

Toh, setelah melihat keindahan alam air terjun dan kolamnya nanti, kemungkinan besar semua penat Anda akan sirna.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Teroh-TerohKredit gambar: Twitter Hardrock FM Bali

Biaya akses ke air terjun Teroh-Teroh terbilang cukup mahal untuk sebuah objek wisata alam. Anda harus membayar pajak sebesar Rp 40.000, tetapi ini sudah termasuk penyimpanan, sewa parkir, bermain di kolam abadi, dan layanan pemandu.

Jika ingin berlama-lama di destinasi bahari ini, disarankan datang dari pagi hingga malam hari jika memang benar-benar diperlukan. Anda tidak perlu khawatir karena pengelola menyelenggarakan program operasional 24 jam penuh setiap hari, sehingga Anda bisa datang kapan saja dan sesering mungkin.

Di sisi lain, sebaiknya hindari berkunjung saat musim hujan karena kondisi jalan bisa sangat licin dan hal ini jelas memiliki potensi bahaya tersendiri. Buatlah rencana liburan saat musim kemarau saat matahari bersinar terik.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Air Terjun Teroh-Teroh

Aktivitas air terjun Teroh-TerohKredit gambar: Google Maps JURAI PESIRA

1. Lompat tebing

Apakah Anda menyukai tantangan? Ingin merasakan sensasi menyelam ke dalam air dengan keamanan terbatas? Jika iya, Air Terjun Teroh-Teroh adalah tempat wisata yang cocok untuk orang seperti Anda. Di sini, wisatawan diperbolehkan melompat dari tebing curam sesering dan sepuasnya.

Pasalnya, ada sungai yang membentuk cekungan agak dalam, lalu sekitarnya terhalang oleh tebing-tebing tinggi. Meski begitu, koleksi batu tersebut tetap bisa diakses jika Anda memang menginginkannya.

Ada jalur khusus yang biasa digunakan para pecinta tantangan untuk memulai aktivitas lompat tebing. Hanya saja, pastikan Anda cukup berani untuk melintasi jalan terjal yang ditumbuhi tanaman rambat lumut.

2. Arung jeram

Dengan mengikuti body rafting, Anda bisa menelusuri aliran sungai dengan mengasyikkan. Dengan berkelompok, setiap pengunjung bisa bertahan untuk menaklukan air putih.

Namun, body rafting ini mengharuskan wisatawan menyeberangi sungai dengan menggunakan anggota badan sebagai kerajinan sekaligus dayungnya. Sebagai persiapan tambahan, jangan lupa kenakan perlengkapan keselamatan seperti jaket pelampung terlebih dahulu untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Selain itu, kegiatan seperti ini hanya disarankan bagi wisatawan yang pandai berenang, apalagi sungainya cukup dalam. Saat melewati Kolam Abadi, kehati-hatian harus dilakukan.

3. Piknik di alam

Aktivitas di Air Terjun Teroh-TerohKredit gambar: Twitter Pariwisata Bersih Sumatera Utara

Piknik juga menjadi salah satu jenis aktivitas yang banyak dinikmati pengunjung selama berada di Air Terjun Teroh-Teroh. Mungkin Anda juga tertarik untuk mencobanya, jadi lebih baik membawa persiapan dari rumah.

Kalaupun ada stand makanan di lokasi, kondisinya akan jauh lebih menyenangkan jika Anda menyiapkan semuanya sendiri. Toh, ada barang lain yang perlu diperhatikan, seperti bantal duduk atau sekedar losion anti serangga agar aktivitas tetap nyaman dimanapun dan kapanpun.

4. Berburu Foto

Dari hutan hingga badan air hingga tebing terjal, semuanya memiliki daya tarik untuk diabadikan. Jika Anda adalah pengguna media sosial yang aktif dan sering melakukan petualangan pribadi, Air Terjun dan Kanal Sungai tidak akan mengecewakan.

Akan lebih sempurna lagi jika perlengkapan kamera Anda tetap kompatibel saat digunakan di dalam air. Pasalnya, Eternal Pool memiliki suasana yang jernih, sehingga terlihat eksotik saat difilmkan.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Pemasangan air terjun Teroh-TerohKredit gambar: Twitter sitindaonnews

Hal yang paling menarik dari air terjun Teroh-Teroh adalah adanya pemandu dan aturan untuk mengikuti pembekalan sebelum memulai perjalanan. Keadaan ini membuat keamanan wisatawan cenderung lebih terjamin daripada dibiarkan bebas bepergian seperti itu.

Di sisi lain, kebutuhan dasar seperti tempat makan dan toilet sudah terpenuhi dengan baik. Jadi Anda tidak perlu khawatir kegiatan liburan terganggu karena keterbatasan.

Namun kondisi secara umum belum sempurna dan memuaskan. Pada dasarnya, fasilitas wisata air ini cukup menarik untuk dijelajahi karena kondisi alamnya yang menakjubkan.

Air Terjun Teroh-Teroh sebenarnya hanya sebagian kecil dari potret keindahan alam Kabupaten Langkat. Berkunjung ke sini berarti memajukan destinasi negara dan membanggakannya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button