Taman Kencana, taman bersejarah untuk keluar dan memasak di kota Bogor - WisataHits
wisatahits

Taman Kencana, taman bersejarah untuk keluar dan memasak di kota Bogor

Taman Kencana adalah salah satu taman paling keren di Babakan, Kota Bogor, Jawa Barat. Taman peninggalan Belanda ini menjadi destinasi bagi warga yang ingin bersantai sambil menikmati kuliner di ruang terbuka hijau yang menenangkan.

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 07.00-22.00 WIB, Alamat: Jl.Lodaya Blok Metal No.40, Babakan, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Taman Kencana mungkin nama ini masih asing di telinga Anda warga luar Bogor, namun bagi warga Bogor pasti sudah mengetahui tempat yang satu ini. Taman ini merupakan salah satu destinasi yang menawarkan suasana tenang yang asri dan pepohonan yang rimbun.

Ada fakta mengejutkan bahwa taman ini pernah menjadi proyek pembangunan yang akan dibangun pada masa Belanda. Taman ini dibangun seiring dengan proses perkembangan kota Bogor saat itu. Fakta ini sendiri mungkin tidak diketahui oleh masyarakat Bogor karena jarang diketahui.

Selain sejarah sejarah yang berkaitan dengan Belanda, taman ini cocok sebagai tempat bersantai atau mengajak anak-anak bermain di sini. Karena memiliki ukuran yang besar dan lingkungan yang hijau membuat Anda merasa nyaman.

Tempat Wisata Taman Bogor Kencana

Daya tarik Parc d'OrKredit gambar: Facebook @kusmayadi.buitenz

Taman ini sebenarnya memiliki daya tarik yang bisa membuat tempat ini lebih dikenal pengunjung dan membuat pengunjung datang. Berikut beberapa tempat wisata di Taman Kencana.

1. Taman bersih dan suasana tenang

Taman ini tidak jauh dari Kebun Raya Bogor dan kawasan Taman Sempur yang biasa digunakan warga untuk berolahraga. Lokasi tempat ini sebenarnya dekat dengan keramaian dan berada di kawasan perkotaan, namun sayang taman ini jarang dijamah oleh masyarakat sekitar.

Padahal taman ini memiliki banyak pepohonan yang menambah sejuk dan rindangnya suasana sekaligus tempat berteduh saat terik matahari. Tempat ini memiliki lingkungan yang bersih, asri dan tentunya nyaman, namun anehnya orang jarang datang kesini. Bahkan taman ini nyaris terlupakan karena jarang dikunjungi.

Hingga akhirnya pada tahun 2015 dilakukan revitalisasi dan membuat tempat ini ramai kembali. Memang sebagian besar pengunjung yang hanya mencari wisata kuliner di sini tidak layak untuk dikunjungi. Tempat ini harus direvitalisasi lagi agar lebih banyak pengunjung yang datang ke sini.

2. Asal Usul dan Sejarah Taman Kencana

Memiliki keterkaitan dengan masa penjajahan Belanda pada zaman dahulu menjadikan tempat ini unik. Awalnya, kawasan tersebut akan dibangun dengan tujuan untuk dihuni oleh para bangsawan Eropa atau kelas sosial tinggi. Oleh karena itu, ketika mengunjungi tempat ini, Anda akan terkesan dengan gaya bangunan Indo-Eropa dan fiturnya adalah kemiringan atap 35 derajat.

Tujuan dibangunnya atap bernada adalah untuk mengantisipasi curah hujan yang tinggi di kota ini. Perancang desain bangunan ini berencana menjadikan taman sebagai tempat rekreasi dan ruang terbuka hijau. Akhirnya rencana pengembangan kawasan ini disetujui oleh pemerintah Belanda pada saat itu dan pembangunannya dilakukan antara tahun 1926 dan 1930.

Setelah dibangunnya taman tersebut diberi nama Von Imhoff Plein atau Place Von Imhoff, nama ini diambil dari pendiri Istana Bogor atau dulunya Buitenzorg. Setelah kemerdekaan Indonesia, kawasan ini dialihkan oleh pemerintah Indonesia dan nama taman ini diubah menjadi Taman Kencana.

3. Tempat berolahraga

Dengan luas sekitar 5.000 meter persegi, taman ini cocok untuk olahraga outdoor. Di ruang terbuka hijau ini juga telah dibangun jogging track yang diperuntukkan untuk berolahraga.

4. Tempat Menyegarkan

Atraksi Aman Kencana BogorKredit gambar: Instagram Dicky Pratama

Dengan suasana yang tenang dan asri, tempat ini sangat cocok untuk bersantai atau sekedar menikmati berlalunya kendaraan. Bagi Anda yang menginginkan suasana santai di tengah kota Bogor, tempat ini menjadi salah satu rekomendasinya.

Taman ini memiliki suasana dan lingkungan yang kondusif bagi Anda yang membutuhkan suasana santai untuk diri sendiri. Atau duduk di bangku taman bersama teman atau pasangan dan bicarakan kegiatan hari itu.

5. Wisata Kuliner

Ketika anda berkunjung kesini maka perut anda akan lapar, ada beberapa penjual yang menjajakan berbagai macam makanan, seperti acar bakso, kupat, gentong, makanan khas Bogor. Di sekitar tempat ini juga terdapat restoran dan kafe, namun semuanya tetap dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Beberapa makanan yang dijual di sini memiliki cita rasa khas londo, begitu kata pengunjung yang pernah mencoba masakan di sini. Ada beberapa makanan ikonik di sekitar tempat ini seperti lasagna roll, pia apple pie, cupcake house dan makaroni bakar yang diburu pengunjung.

6. Pohon hijau

Memiliki banyak ekosistem pohon di taman ini berkontribusi pada masalah penghijauan di Kota Bogor. Pepohonan hijau di taman ini juga menjadi daya tarik yang membuat pengunjung datang untuk berteduh atau sekedar ingin merasakan suasana di sini.

Alamat dan Arah Lokasi Taman Kencana

Alamat taman emasKredit gambar: Twitter Yudha Dharma Putra

Lokasi taman bersejarah ini terletak di Kecamatan Bogor Tengah, Jalan Taman Kencana 1, RT 03/RW 03 Babakan, Kota Bogor, Jawa Barat. Lokasi taman ini merupakan pertemuan beberapa rute seperti Jalan Ceremai Ujung, Jalan Tangkuban Perahu dan Jalan Salak.

Karena merupakan pertemuan beberapa jalan, Anda dapat dengan mudah mengakses taman ini, pengunjung juga dapat mengaksesnya dengan menggunakan kendaraan umum. Bagi Anda, pengunjung yang berada di wilayah Jakarta akan dengan mudah mengaksesnya. Pertama masuk tol Jagorawi dan keluar di pintu tol Bogor.

Dari sana, belok kanan di pertigaan setelah tol, lalu lurus terus di jalan utama melewati Kebun Raya Bogor. Pilih arah Jalan Raya Pajajaran dan masuk ke Jalan Salak. Atau lebih mudahnya Anda bisa melihat aksesnya di Google Maps.

Untuk mengunjungi dan memasuki taman ini, pengunjung tidak dikenakan biaya yang artinya gratis. Taman ini buka setiap hari dari pukul 08:00 hingga 22:00, yang berarti Anda dapat mengunjunginya setiap hari hingga malam hari. Hanya saja bagi anda yang datang kesini dengan membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Taman Kencana

Aktivitas di Taman EmasKredit Gambar: Google Maps Muhamad Ridwan

1. Latihan

Tempat ini cocok untuk dijadikan tempat olahraga bagi Anda, karena Taman Kencana memiliki ukuran yang besar, sehingga cocok untuk kegiatan olahraga outdoor. Bagi Anda yang sedang mencari tempat untuk berolahraga, taman ini bisa menjadi tempat yang direkomendasikan untuk berolahraga. Pada Minggu pagi, beberapa warga juga melakukan olahraga di sana.

2. Pertemuan santai

Dengan suasana yang tenang dan asri, tempat ini cocok bagi anda yang ingin bersantai dan menikmati keadaan kota Bogor. Biasanya pengunjung hanya datang untuk hang out bersama teman-teman duduk dan mengobrol. Suasana taman ini memang kondusif untuk relaksasi banyak pengunjung yang betah dan betah berada disini.

3. Nikmati memasak

Ada banyak penjual makanan, warung makan dan kafe yang menjual makanan khas daerah Bogor. Bagi Anda yang bukan penduduk asli atau pengunjung dari luar kota Bogor wajib membeli dan mencoba mencicipi makanan ini. Makanan khas daerah ini juga bisa dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Kota Bogor.

4. Abadikan momen

Kegiatan Taman EmasKredit Gambar: Google Maps Aries Yuda

Saat berkunjung ke Taman Kencana Bogor Anda harus memanfaatkan momen tersebut, terutama bagi Anda yang datang bersama teman, keluarga atau sahabat. Ada beberapa spot foto yang bagus di sini, jadi jangan lupa untuk mengabadikan momennya.

5. Piknik keluarga

Anda juga bisa datang bersama keluarga dan anak-anak untuk piknik atau sekedar mengajak anak bermain. Di tempat ini juga terdapat taman bermain anak-anak yang akan membuat anak-anak senang berada di sini. Karena berada di jalan yang ramai, Anda juga perlu mewaspadainya.

Beberapa pengunjung yang datang ke sini membawa keluarga mereka untuk berlibur atau piknik di sini juga. Pasalnya, suasananya yang cozy, asri berpadu dengan rimbunnya pepohonan di taman asri ini.

Fasilitas yang tersedia di Taman Kencana Bogor

Fasilitas Taman EmasKredit gambar: Google Maps Rifki Syahputra

Dari segi fasilitas di Taman Kencana sudah banyak fasilitas yang memadai. Seperti adanya pagar pembatas di pintu gerbang yang mencegah sepeda motor masuk secara tidak sengaja. Selain itu, terdapat fasilitas lain seperti tempat duduk, tempat parkir yang nyaman dan aman, pos satpam, kamar mandi, mushola.

Ada juga wifi di taman ini bagi anda yang ingin mengakses internet secara gratis. Selain itu, tersedia juga jogging track bagi Anda yang sengaja datang ke taman untuk berolahraga.

Taman Kencana sebenarnya tidak kalah dengan taman-taman lain yang ada di Kota Bogor. Mungkin kurangnya daya tarik dan fasilitas yang dirasakan warga masih kurang dan taman ini kurang menarik. Jika pemerintah bisa memperbarui fasilitas yang ada, kemungkinan besar taman ini akan diminati dan ramai pengunjung.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button