Tiket Masuk Kebun Raya Purwodadi dan berbagai taman keren lainnya - WisataHits
wisatahits

Tiket Masuk Kebun Raya Purwodadi dan berbagai taman keren lainnya

Tiket Masuk Kebun Raya Purwodadi dan berbagai taman keren lainnya

Harga tiket masuk Kebun Raya Purwodadi: Rp 15.500 hingga Rp 25.500. Jam buka: 07:00 WIB-16:00 WIB. Nomor telepon: (0343) 615033/0811-9711-5900⁣⁣. Alamat/Lokasi: Jalan Raya Surabaya Malang KM.65, Capang, Purwodadi, Sembung Lor, Parerejo,, Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia, 67163.

Menikmati kesegaran alam sambil memperdalam pengetahuan tentang tumbuh-tumbuhan akan didapatkan selama berwisata Kebun Raya Purwodadi (KRP) di Pasuruan. Memang, Kebun Raya yang dikelola LIPI ini merupakan salah satu tujuan wisata edukasi di kawasan konservasi tumbuhan tropis.

Mutlak, terdapat lebih dari 2000 spesies tanaman dengan total jumlah spesies mencapai lebih dari 11.000 yang menempati area seluas 85 hektar. Meski lokasinya berada di ketinggian 300 meter di atas permukaan laut, cuacanya juga relatif sejuk. Oleh karena itu cocok sebagai pilihan tujuan wisata bersama keluarga atau teman.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Purwodadi

Meski memiliki ribuan koleksi tumbuhan dan taman yang luas, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk berkunjung ke kebun raya ini. Harga tiket masuk kebun raya ini sangat murah.

Biaya masuk
Tiket masuk wisata nasional dan internasional pada hari kerja Rp 15.500
Tiket masuk wisata akhir pekan nasional dan internasional Rp 25.500
Tiket kendaraan
Tiket Motor Rp5.000
tiket mobil Rp 15.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas GARDEN PAK BUDI Pasuruan

Informasi yang membutuhkan perhatian pengunjung:

  • Anak-anak berukuran 80 cm harus memiliki tiket masuk.
  • Untuk pembelian tiket masuk di website resmi www.kebunraya.id.
  • Kebun Raya Purwodadi memungkinkan wisatawan dari berbagai daerah dan segala usia untuk masuk ke kawasan tersebut.
  • Anda boleh membawa makanan dan minuman dari luar tetapi harus menggunakan wadah.
  • Kendaraan wajib parkir di tempat yang disediakan dan tidak boleh lewat.
  • Pengunjung dapat masuk melalui Gerbang 1.

Jam Buka Kebun Raya Purwodadi

Karena kunjungan ke kebun raya ini bisa dimulai dari pagi hingga sore hari. Sedangkan jam buka mulai pukul 07.00 pagi.

Jam buka
Jam operasional 07.00 – 16.00 WIB

Berbagai Taman dan Koleksi Kebun Raya Purwodadi

Taman Wisata dan Edukasi Kebun Raya PurwodadiKebun Raya Purwodadi bisa menjadi pilihan tempat wisata dan edukasi keluarga. foto: Bintang Aurel/googlemap

Kebun Raya Purwodadi didirikan pada tahun 1941 sebagai divisi dari Kebun Raya Bogor. Memiliki beberapa area tematik tergantung jenis tanaman yang dikembangkan.

Beberapa tempat juga tersedia khusus sebagai tempat rekreasi sehingga bisa menjadi pilihan untuk berwisata keluarga dan untuk anak-anak agar tidak membosankan. Beberapa area tematik bahkan sangat populer di KRP. Ini beberapa.

Baca: Tiket Masuk PRIGEN SAFARI TAMAN, Atraksi Satwa dan 10 Wahana

Taman Bougenville

ketatRumah kaca dengan berbagai koleksi tanaman dan bunga. foto: Rudy Santoso/googlemap

Bougenville Park menjadi salah satu tempat favorit pengunjung karena menawarkan viewpoint yang menarik, terutama untuk berfoto. Bunga bugenvil yang berwarna merah, pink dan jingga begitu mencolok di antara tumbuhan hijau disekitarnya. Kawasan ini juga sengaja didesain khusus agar terlihat rapi dan tertata.

Baca: Tiket Masuk, Wahana dan Aktivitas AGROWISATA BHAKTI ALAM

Selain itu, keberadaan gazebo di sekitar taman bisa menjadi tempat bersantai dan menikmati pemandangan. Ada juga pergola yang penuh dengan tanaman Bougenville sebagai atap yang sangat bagus untuk spot foto. Selain itu, keberadaan danau buatan menjadi pelengkap untuk menghadirkan suasana alam.

taman Meksiko

taman meksiko dengan tanaman khas meksikoTaman Mexico adalah salah satu theme park dari Kebun Raya Purwodadi. foto: Ricky Bayu

Tumbuhan khas dari daratan Meksiko seperti jenis kaktus juga koleksi di KRP. Menempati area khusus bernama Taman Meksiko, tanaman tinggi di area kering ini sangat eye-catching. Ini karena suasananya berbeda, tidak seperti daerah tropis.

anggrek hijau

Untuk pecinta anggrek, pastikan untuk pergi ke rumah kaca yang mengumpulkan lebih dari 2.000 bunga anggrek ini. Terdiri dari 319 spesies, 7 diantaranya endemik Jawa Timur. Beberapa koleksinya juga merupakan jenis anggrek yang sangat langka di alam.

Deretan pohon Jangot

Deretan pepohonan yang tertata rapi di kiri dan kanan jalan setapak mungkin terkesan biasa saja. Namun akan menarik jika jenis pohonnya adalah pohon Janglot. Pohon yang megah dengan batang ramping dan daun kecil ini memberikan tampilan visual yang tidak biasa.

Selain itu, keteduhan ini akan terlihat berbeda jika dinikmati pada musim hujan dan musim kemarau. Biasanya pengunjung sengaja berfoto di tempat ini untuk mendapatkan pemandangan seperti di drama Korea yang romantis.

danau wisata

Jika sudah cukup puas jalan-jalan dan belajar tentang tumbuhan, cobalah bersantai di danau wisata. Selama berada di kawasan ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam tropis KRP sambil bersantai di wahana bebek.

Baca: KEBUN RAYA Wisata Botani Bogor

Kolam renang anak-anak

taman tanaman airArea taman tanaman air di Kebun Raya Purwodadi. foto: farandika andiatma

Keistimewaan KRP adalah memiliki kolam renang untuk anak-anak. Ya, pengunjung yang membawa anak-anak juga bisa mengajak mereka bermain air di kolam. Menariknya, tentunya karena lokasinya yang berada di dalam kebun raya, sehingga memiliki suasana unik yang dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan.

Fasilitas Kebun Raya Purwodadi

Karena luasnya yang begitu besar, fasilitas yang tersedia di KRP cukup memadai. Toilet tersebar di banyak titik untuk memudahkan pengunjung. Anda tidak perlu khawatir jika berlama-lama disini karena disini juga tersedia mushola. Sedangkan untuk area relaksasi berupa gazebo dan kursi taman juga banyak tersedia di semua area.

Lokasi Kebun Raya Purwodadi

Taman hiburan ini sendiri terletak di Jalan Raya Surabaya-Malang KM 65, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Merupakan jalan tol yang menghubungkan 3 kota yaitu Malang, Surabaya dan Pasuruan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi media sosial KRP.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button