Pantai Trikora, pantai indah yang mempesona dan bebatuan granit di Bintan - WisataHits
wisatahits

Pantai Trikora, pantai indah yang mempesona dan bebatuan granit di Bintan

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Trikora, Kawal, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan, Kepulauan Riau; Kasus: Cek lokasi

Kepulauan Riau memiliki pantai pasir putih yang bernama unik, yaitu Pantai Trikora. Terletak di Bintan, nama pantai ini menurut masyarakat berasal dari tiga karang yang disebut oleh orang asing. Namun ada juga yang percaya bahwa nama ini berasal dari cerita Trikora atau Tri Komando Rakyat. Apapun versinya, pantai ini selalu indah dengan bebatuan besar di sepanjang pantai.

Keunikan lain dari pantai ini adalah garis pantainya yang sangat panjang. Oleh karena itu, wilayah pesisir dibagi menjadi beberapa bagian. Ada Trikora satu, dua dan tiga atau biasa disebut Trikora dan Trikora empat. Terdapat bebatuan besar yang membuat pantai ini semakin indah, posisinya dari tepi hingga menghadap ke laut, sedangkan di hamparan pasirnya yang landai, terdapat deretan pohon palem yang tertata rapi.

Waktu berkunjung ke Pantai Trikora sebaiknya tidak pada musim ombak. Saat itu, ombak akan lebih besar. Memang pantai ini memiliki ombak yang sedang. Oleh karena itu, pengunjung harus menggunakan pelampung pengaman jika ingin berenang. Orang tua juga harus memperhatikan anaknya bermain air agar tidak terbawa ombak.

Atraksi Pantai Trikora

Atraksi Pantai TrikoraKredit Gambar: Google Maps hana christina

Pantai ini biasanya ramai dikunjungi pengunjung saat musim liburan atau akhir pekan tiba. Saat lebaran, tempat ini juga akan ramai pengunjung. Tak heran karena pantai ini memiliki daya tarik yang menjadikannya tujuan wisata populer. Keunikan pantai ini sendiri juga berbeda dengan pantai-pantai lainnya, jadi wajib kamu kunjungi jika sedang berada di Bintan.

1. Pantai yang indah

Pantai Trikora memiliki garis pantai yang sangat panjang, bahkan sampai harus dibagi menjadi beberapa bagian. Air lautnya juga berwarna biru jernih, sehingga dari perairan dangkal pengunjung bisa melihat dasarnya. Keindahan pantai ini tidak kalah dengan pantai-pantai terkenal lainnya, sehingga menjadi daya tarik bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahannya.

Alamnya yang indah juga dikaitkan dengan lingkungan yang bersih. Pantai ini juga memiliki alam yang masih alami sehingga menjadi destinasi populer dan banyak pilihan wisata di Kepulauan Riau.

2. Batu Granit Raksasa

Ada beberapa bagian dari Pantai Trikora, tetapi jika Anda menjelajahi Trikora Tiga, pengunjung akan melihat batu granit putih raksasa berpadu dengan laut biru jernih dan pasir putih lembut. Batu-batu ini menjadi daya tarik tersendiri karena tidak semua pantai memiliki bebatuan seperti yang terlihat di pantai ini.

Jika Anda pernah menonton film Laskar Pelangi, batu-batuan ini sekilas terlihat seperti salah satu latar film yang sangat khas. Oleh karena itu, pengunjung lokal tidak perlu lagi bepergian ke Belitung karena pantai ini cukup representatif. Di antara bebatuan, pengunjung juga akan menemukan banyak spot foto yang indah untuk diabadikan.

3. Masakan Khas

Pantai Trikora menarik para pecinta kuliner khususnya seafood, terdapat banyak warung makan yang siap menyajikan masakan khas yang tidak akan Anda temukan di tempat lain. Rasanya sangat enak dan memanjakan lidah. Makanan khas ini juga sangat terkenal, karena sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Ikan otak-otak atau cumi-cumi merupakan menu unik dan khas yang bisa Anda temukan di kawasan pantai ini. Selain itu, ada juga menu siput laut atau warga sekitar biasa menyebutnya salak. Makanan ini khas Bintan. Rasanya seperti cumi yang kemudian disajikan dengan saus kacang yang menambah kenikmatannya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai TrikoraKredit gambar: Google Maps Randa Yuheldi

Pantai Trikora terletak di Bintan, tepatnya di Meeting Malang. Jika Anda berada di kota Tanjung Pinang, langsung saja menuju ke timur sejauh 45 kilometer. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Tidak ada angkutan umum, tetapi Anda dapat menyewa mobil atau sepeda motor jika tidak memiliki kendaraan.

Harga sewa kendaraannya sendiri tidak terlalu mahal. Jika Anda ingin menyewa sepeda motor, Anda hanya perlu merogoh kocek kurang dari Rp100.000 per hari. Anda juga dapat menyewa mobil dengan sopir. Biaya yang perlu Anda keluarkan sekitar Rp 200.000 hingga Rp 400.000 sudah termasuk jasa sopir. Untuk rombongan, bisa dikatakan sewa mobil cukup terjangkau.

Jalan menuju lokasi pantai sangat bagus. Akses jalan cukup mudah untuk dilalui. Jika Anda ingin mengunjungi bagian pantai dengan akomodasi dan lingkungan yang lebih aman, Anda dapat mengunjungi bagian tiga dan empat. Namun, Anda juga dapat mengunjungi bagian satu dan dua karena mereka juga memiliki pantai dengan pemandangan yang indah.

Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam. Oleh karena itu, Anda bisa berkunjung kapan saja untuk menikmati keindahan pantai. Pantai ini juga merupakan tempat liburan yang murah. Anda tidak perlu membayar harga tiket, Anda hanya perlu menyewa kendaraan jika tidak memiliki kendaraan pribadi.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Trikora

Aktivitas menarik di Pantai TrikoraKredit Gambar: Instagram azizan Anwa

Pantai ini dikenal memiliki pantai yang sangat luas, sehingga Anda bisa melakukan banyak aktivitas yang menyenangkan. Ada juga berbagai wahana dan aksesoris yang bisa kamu coba. Berikut beberapa aktivitas seru yang bisa Anda lakukan jika memilih untuk berlibur di Pantai Trikora.

1. Snorkeling

Kawasan pantai dengan air laut yang jernih ini menawarkan pemandangan bawah laut yang indah. Oleh karena itu, snorkeling menjadi aktivitas yang wajib Anda coba jika sedang berada di pantai hits ini. Peralatan snorkeling tersedia untuk disewa sehingga Anda tidak akan melewatkan terumbu karang dan ekosistem yang hidup di perairan ini.

2. Menara Air

Selain snorkeling, Anda juga bisa mencoba wahana lain yang sudah tersedia di kawasan ini. Wahana yang paling banyak dicoba pengunjung adalah banana boat yang memacu adrenalin. Asyiknya melawan ombak sambil diderek dengan perahu. Anda juga bisa merasakan naik kano lagi sehingga Anda bisa melihat laut di atas kapal.

3. Wisata kuliner

Aktivitas di Pantai TrikoraKredit gambar: Gambar Facebook Kepri

Kegiatan ini jangan sampai terlewatkan. Setelah melakukan berbagai aktivitas seru, Anda pasti perlu mengisi perut. Anda bisa berburu makanan khas di tempat ini. Dengan menawarkan berbagai macam menu seafood, Anda dapat menikmati makanan yang mungkin tidak Anda temukan di tempat lain.

4. Nikmati pemandangannya

Udara segar dan suara ombak adalah tempat yang tepat untuk duduk dan menikmati pemandangan. Melihat birunya laut dan pasir putih serta suara deburan ombak akan membuat pikiran anda lebih segar. Anda juga bisa mengabadikan tempat-tempat dengan pemandangan indah sebagai spot foto untuk diunggah ke media sosial Anda.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi di sekitar Pantai TrikoraKredit Gambar: Google Maps Muny Aswady Duray

1. Pantai & Resor Majorly Baru

Hanya 8 menit dari pantai Trikora, jadi ini bisa jadi rekomendasi pilihan terdekat untuk menginap. Bentuk bangunannya adalah kabin kayu. Kamar yang ditawarkan juga sangat nyaman dengan pelayanan yang memuaskan. Harga sewa per malamnya terjangkau, namun dengan fasilitas yang memadai akan Anda dapatkan.

2. Pantai & Resor Madu Tiga

Hostel ini adalah rekomendasi untuk Anda menginap hanya 15 menit dari pantai. Apalagi hostel ini juga dekat dengan destinasi wisata lainnya. Fasilitas yang akan Anda dapatkan sangat memadai untuk kebutuhan Anda. Kamarnya tentu juga nyaman. Namun, resepsionis hanya akan melayani pada jam-jam tertentu.

3. Resor Mutiara Bintan

Hostel ini menawarkan lokasi yang tenang dan pemandangan pantai yang indah dari setiap kamar. Tempat tidur yang disediakan juga nyaman dan fasilitas yang disediakan memadai. Hostel ini juga ramah anak, jadi Anda bisa membawa keluarga bersama Anda. Untuk fasilitas tambahan, terdapat kolam renang untuk pengunjung dan lokasi yang strategis dekat dengan pantai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Area Pantai TrikoraKredit Gambar: Instagram Shinta H Ningrum

Fasilitas yang ada di Pantai Trikora sudah cukup menjamin kenyamanan pengunjung. Terdapat toilet dan area pembilasan bagi pengunjung yang bermain air atau di wahana. Pengunjung hanya perlu membayar biaya pembersihan. Ada juga banyak warung yang tersedia dengan berbagai menu sehingga Anda dapat mengisi perut Anda.

Wahana yang disediakan juga menambah pengalaman pengunjung. Ada berbagai jenis olahraga yang dapat Anda sewa peralatan dan aksesorinya. Berbagai wahana tersebut antara lain kano, peralatan snorkeling, dan layang-layang.

Pantai ini juga menawarkan banyak akomodasi bagi pengunjung yang ingin bermalam. Harga yang ditawarkan relatif terjangkau dengan peralatan yang memadai. Jika Anda menginginkan perjalanan yang teratur, beberapa hotel menawarkan layanan berupa akomodasi untuk kegiatan seperti snorkeling atau menyelam.

Pantai Trikora Bintan saat ini menjadi tujuan wisata populer di Kepulauan Riau. Selain lokasinya yang unik, fasilitas yang tersedia juga memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Liburan Anda juga akan lengkap dengan mencicipi seafood unik yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button