Pulau Saronde Gorontalo, pulau romantis dan spot favorit para pecinta snorkeling - WisataHits
wisatahits

Pulau Saronde Gorontalo, pulau romantis dan spot favorit para pecinta snorkeling

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp25.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kepulauan Saronde Ponelo, Moluo, Kec. Kwandang, Kab. Gorontalo Utara, Gorontalo; Kasus: Cek lokasi

Pulau Saronde adalah surga tersembunyi di Gorontalo. Keindahan pulau ini begitu memesona sehingga menjadi destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Sekilas, eksotisme alam pulau ini mirip dengan Maladewa. Pantainya menakjubkan dengan laut yang jernih, didukung oleh lingkungan yang bersih dan indah.

Luas pulaunya sendiri tidak terlalu besar, hanya 8 hektar. Persentase dataran pasir adalah 20% sedangkan sisanya berupa perbukitan dan hutan. Ribuan burung hidup di hutan Saronde, sedangkan jika Anda pergi ke bagian utara pulau Anda akan menemukan berbagai bebatuan purba. Kemungkinan batuan purba ini muncul ribuan tahun lalu saat terjadi gempa besar.

Tidak hanya keindahan alam, pemandangan bawah laut Pulau Saronde juga kaya. Terdapat berbagai terumbu karang dan ekosistem laut yang indah. Kehidupan bawah laut ini hampir mirip dengan Manado, bahkan sesekali wisatawan juga bisa melihat hiu paus yang sudah lama terlihat. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat hiu paus ini jika berkunjung ke Saronde.

Atraksi Pulau Saronde

Tempat wisata pulau SarondeKredit gambar: Google Maps (Resor PULAU SARONDE)

Pulau Saronde yang memiliki banyak tempat wisata. Oleh karena itu, pulau ini menjadi destinasi yang wajib dikunjungi jika Anda berada di Gorontalo. Berbagai atraksi tersebut membuat liburan Anda semakin berkesan, sehingga Anda akan ingin kembali ke Maldives ala Indonesia ini. Beberapa atraksi tersebut adalah sebagai berikut.

1. Tempat yang bagus

Pulau ini terkenal dengan Maladewa. Pantainya sangat bersih dengan pasir putih yang lembut. Sementara lautnya biru dan jernih, Anda bisa melihat dasarnya. Bahkan kejernihan mengapungkan perahu di pantai. Ada juga daerah yang banyak terdapat bebatuan karang yang membuat pulau ini semakin menarik.

Di sekitar pulau Saronde terdapat jembatan kayu di atas perairan dangkal. Sangat indah dan menyenangkan untuk dilihat. Itulah mengapa jembatan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena keunikan dan keindahannya. Wisatawan juga bisa menyusuri jembatan kayu ini untuk mengamati laut lebih dekat.

2. Keindahan Bawah Laut

Kawasan perairan ini merupakan tempat yang sangat cocok bagi para penyuka snorkeling. Itu karena keindahan bawah lautnya. Ada beberapa titik snorkeling dengan keindahan terumbu karang dan ikan-ikan cantik. Pemandangan bawah laut yang megah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk datang.

3. Matahari terbenam

Pulau ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk menikmati sunset. Jika Anda berjalan di jembatan kayu, matahari terbenam jauh lebih indah. Matahari terbenam memang menjadi salah satu daya tarik, sehingga banyak pengunjung yang menunggu waktu-waktu tersebut. Bagi wisatawan yang menyukai kegiatan fotografi, sunset di pulau ini merupakan tempat yang sangat indah.

Objek wisata milik pulau SarondeKredit Gambar: Twitter.com @indtravel

4. Tempat romantis

Suasana malam di pulau Saronde sangat romantis. Lampu redup membuatnya mengesankan. Banyak yang akan menawarkan pengunjung untuk menyiapkan makan malam romantis di tempat ini. Oleh karena itu, pulau ini pada malam hari menjadi daya tarik bagi pasangan yang ingin mendapatkan kenangan tak terlupakan.

5. Tradisi lokal

Masyarakat setempat memiliki tradisi unik yang diadakan setiap tahun. Acara tahunan yang menarik pengunjung disebut Festival Saronde. Dalam festival ini, ada banyak kegiatan seru. Salah satunya adalah ketinting atau lomba perahu kecil. Ada juga acara lain seperti kontes Beach Boy, kontes Miss Tourist, Signal Hunting, serta olahraga pantai.

Alamat, lokasi, rute dan biaya perjalanan

Alamat Pulau SarondeKredit gambar: Google Maps (Syamsul Irfan)

Pulau Saronde berada di kecamatan Kwandang, sekitar 65 kilometer dari kota Gorontalo. Jika Anda datang dari luar Sulawesi, Anda bisa terbang ke Bandara Djalaluddin Gorontalo.

Sesampainya di bandara, anda dapat melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan kota Kwandang menggunakan kendaraan umum seperti bus, bentor, mikrolet, atau bisa juga dengan menyewa mobil pribadi. Kemudian Anda bisa menyeberang untuk menuju Saronde sekitar 1 jam perjalanan.

Untuk memasuki kawasan Pulau Saronde, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp25.000 per orang. Sedangkan untuk penyeberangan, Anda bisa menyewa speed boat berkapasitas 10 orang dengan harga sewa Rp 850.000 dengan waktu tempuh yang lebih singkat.

Anda juga bisa menggunakan perahu katinting berkapasitas 20 orang dengan harga sewa Rp 500.000.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di pulau Saronde

Aktivitas di Pulau SarondeKredit gambar: Google Maps (Alana Sastra Khairiyah Paino)

Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Saronde. Oleh karena itu Anda akan membutuhkan beberapa hari untuk menikmati banyak kegiatan. Liburan Anda di pulau ini akan sangat seru dan berkesan. Hal tersebut juga didukung dengan berbagai fasilitas dan fasilitas yang tersedia di kawasan ini sehingga Anda bisa merasa lebih nyaman menghabiskan waktu di Saronde.

1. Snorkeling

Kegiatan ini tidak boleh dilewatkan jika Anda berada di Saronde. Banyak titik dengan pemandangan terumbu karang yang sangat indah. Anda juga bisa berenang bersama ikan-ikan cantik berwarna-warni. Banyak pengunjung yang datang hanya untuk melakukan kegiatan ini. Jika Anda berada di area tersebut, Anda harus mencobanya juga.

2. Berenang

Selain snorkeling, Anda juga bisa berenang. Di pantai, airnya tidak terlalu dalam sehingga aktivitas ini banyak dilakukan oleh pengunjung. Selain itu, ombaknya juga tenang, sehingga Anda bisa berenang di waktu senggang tanpa khawatir hanyut oleh ombak.

3. Nikmati pemandangannya

Menghadirkan pemandangan alam yang indah, wisatawan bisa menyusuri pulau untuk menikmatinya. Anda juga bisa berjalan di sepanjang jembatan kayu. Dari atas jembatan Anda bisa melihat laut lebih dekat. Jika Anda datang saat matahari terbenam maka pemandangannya akan jauh lebih bagus untuk Anda nikmati. Juga di malam hari saat mood menjadi lebih romantis.

Aktivitas seru di pulau SarondeKredit gambar: Facebook.com @(Ardy Hidayat)

4. Bergabunglah dengan Festival

Jika Anda datang ke pulau Saronde pada waktu yang tepat, Anda dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan festival yang diselenggarakan setiap tahun oleh pemerintah kota. Festival ini sangat seru dengan berbagai kegiatan seperti lomba yang bisa kamu ikuti. Di festival ini juga ada berbagai makanan khas yang bisa kamu coba.

5. Perkemahan

Terdapat camping ground bagi Anda untuk melakukan kegiatan camping di area ini. Tentunya kegiatan ini sangat menyenangkan karena Anda juga bisa merasakan malam di alam bebas. Anda dapat membangun tenda di hutan cemara. Tidak hanya tenda, Anda juga bisa memasang hammock untuk bersantai dan menikmati suasana pantai.

6. Memancing

Jika Anda suka memancing, area ini sangat cocok untuk berlatih aktivitas ini. Lebih seru lagi karena kamu mancing di ketinting. Perairan di sekitar pulau Saronde merupakan tempat dimana Anda dapat dengan mudah memancing. Beberapa ikan yang sering ditangkap oleh pemancing adalah rockfish, ikan ruma, dan tuna jika sedang beruntung.

Akomodasi murah terdekat

Pondok dekat pulau Saronde.Kredit gambar: Penginapan.net

1. Bumi Perkemahan

Bagi pengunjung yang ingin lebih menyatu dengan alam, di Saronde tersedia camping ground untuk mendirikan tenda. Pilihan tempat menginap banyak dipilih, terutama bagi wisatawan yang menyukai suasana alam. Plus, tinggal di tenda juga akan memangkas biaya.

2. Resor tepi laut di pulau Saronde

Hostel ini berbentuk cottage dan menjadi tujuan banyak wisatawan. Disusun dengan material kayu, desainnya terlihat seperti rumah adat setempat. Dengan harga sewa Rp 150.000 hingga Rp 250.000 per malam, fasilitas yang disediakan cukup memadai. Di setiap cottage juga terdapat teras yang langsung menghadap pantai dan laut.

3. Kabin Mohinggito

Anda juga bisa memilih untuk menginap di Pulau Mohinggito, tidak jauh dari Saronde. Akomodasi di kawasan ini sangat unik karena berbentuk segitiga. Ada juga pilihan chalet lain di atas laut, beberapa meter dari daratan. Ada juga hostel dengan model rumah biasa dengan ukuran yang jauh lebih besar.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Saronde

Fasilitas di Pulau SarondeKredit gambar: Google Maps (Pramudiyanto Wadjidi)

Saronde adalah pulau kecil yang sangat menyenangkan untuk mengisi liburan. Hal ini dikarenakan fasilitas yang disediakan juga cukup memadai bagi pengunjung. Ada banyak jembatan kayu yang membentang di perairan. Tak hanya sebagai atraksi, jembatan ini juga bisa dijadikan sebagai spot foto atau tempat menikmati keindahan alam.

Area ini juga dijaga kebersihannya agar pengunjung merasa nyaman. Ditambah dengan berbagai fasilitas wisata seperti banana boat atau fun boat. Layanan makan malam romantis juga tersedia jika Anda datang bersama pasangan. Apalagi festival ini juga diadakan setiap tahun untuk memberikan kesan dan pengalaman kepada pengunjung.

Jika ingin bermalam, ada juga chalet yang bisa disewa. Dengan tarif yang memadai, pengunjung bisa menikmati liburan lebih lama dan melakukan berbagai aktivitas seru. Disediakan pula bumi perkemahan bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana alam.

Pulau Saronde adalah pulau indah yang mirip dengan Maladewa. Dengan mengunjungi pulau ini, Anda akan menemukan pemandangan alam yang sangat indah dan menawan. Berbagai aktivitas menarik juga bisa Anda lakukan. Liburan Anda di pulau ini akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button