Tiket Masuk dan Wahana Wisata DUSUN SEMILIR - WisataHits
wisatahits

Tiket Masuk dan Wahana Wisata DUSUN SEMILIR

Biaya masuk Dusun Semilir : Rp 30.000 – Rp 90.000Jam buka: Hari kerja: 9:00 – 18:00, Akhir pekan: 8:00 – 20:00Tidak. Panggilan: 08112747724Alamat: Jalan Soekarno Hatta No.49 Ngemple, Bawen, Ngemplak, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50661

Dusun Semir merupakan tempat rekreasi keluarga yang mengusung tema wisata alam bernuansa outdoor. Kawasan ini memiliki sejumlah wahana yang sangat lengkap. Misalnya wisata edukasi, permainan air dan beberapa spot foto unik. Setiap kendaraan memiliki konsep dan tampilan yang berbeda.

Selain terkenal dengan berbagai wahananya. Dusun Semilir memiliki 7 bangunan perlambang berupa stupa. Tempat itu adalah bagian dari atap aula utama aula. Dimana fungsinya adalah sebagai pintu masuk tempat wisata.

Harga Tiket Masuk Dusun Semilir

Untuk Dusun Semilir, harga tiket masuk berbeda tergantung hari kunjungan dan pilihan paket. Namun relatif masih terjangkau.

Harga Tiket Masuk Dusun Semilir
Jenis tiket hari biasa Akhir pekan dan Hari Libur
Tiket reguler Rp40.000
Paket murah Rp 50.000 Rp 70.000
Tiket paket salju Rp65.000 Rp 90.000

Baca: Harga Tiket SALOKA PARK dan 7 Wahana Seru

Jam Buka dari Dusun Semilir

Kawasan wisata Dusun Semilir masih buka setiap hari. Mulai dari hari kerja, akhir pekan, dan hari libur. Adapun jam buka dari pagi hingga sore hari pada hari kerja dan malam hari pada akhir pekan.

Jam buka
Senin Jum’at 09.00 – 18.00 WIB
Sabtu Minggu 08.00 – 20.00 WIB

Berbagai wahana di Dusun Semilir

Dusun Semilir menawarkan sejumlah wahana menegangkan yang siap memanjakan pengunjung. Semua wahana bisa dicoba oleh semua kalangan, dari anak-anak hingga dewasa. Salah satu yang paling populer adalah Alun Europa yang terlihat seperti kota kecil. Kemudian yang lainnya adalah Alas Tirta, Banyu Biru, Alas Angon dan Pelangi Slide.

Alun-alun Eropa

Alum Eropa Dusun Semilir.AlunEurope merupakan spot foto wisata yang paling instagenic di Dusun Semilir. Foto: Googlemap/romadhoni rahmanto

AlunEurope merupakan kota kecil yang memiliki bangunan khas benua Eropa. Sebagian besar desain terinspirasi oleh Prancis, Italia, dan Inggris. Di sini pengunjung bisa naik gondola sambil menikmati keindahan kota. Di sepanjang sungai Anda bisa melihat rumah-rumah khas Eropa berwarna cerah.

Sebagian besar rumah tidak memiliki balkon dan berlantai 2. Lantai atas hanya dipasang 1-3 jendela sebagai tempat masuk dan keluarnya udara. Lalu ada bangunan lain yang atapnya dihiasi kubah. Ada juga yang terlihat seperti bangunan tanpa atap.

Bisa dibilang desainnya terinspirasi dari pariwisata Santorini di Yunani. Dengan unsur warna bangunan lebih memadukan warna putih dan biru tua. Lengkap dengan jalan setapak berwarna abu-abu bulat sebagai jalan setapak. Kemudian antara kedua bangunan tersebut dipisahkan oleh sebuah sungai dan dihubungkan oleh sebuah jembatan putih.

Baca: UMBUL SIDOMUKTI: Tiket & Aneka Kegiatan

Alas Tirta

Para ibu-ibu berfoto di depan patung Alas Tirta Dusun Semilir.Alas Tirta Dusun Semilir memiliki spot foto keren berupa patung besar berbentuk manusia berdoa. Foto: Googlemap/Toktil73Adinda

Lokasi Alas Tirta berada persis di sebelah wahana Jembatan Senggol. Daerah ini memiliki banyak tanaman hijau yang sangat subur. Salah satu spesies yang bisa ditemukan seperti Saw Palmetto dan Serrated Philo. Keduanya tumbuh di sekitar bantaran Sungai Alas Tirta bersama tanaman lainnya.

Padahal, konsep kendaraan ini mengusung tema hutan hujan tropis. Hampir terlihat seperti hutan hujan Amazon di Brasil. Namun jangan khawatir, tidak ada hewan berbahaya seperti ular atau ikan Piranha disini. Namun yang ada hanyalah patung berupa orang yang sedang berdoa.

Patung itu mengapung di atas sungai dengan alas batu bulat besar. Anggota tubuh diwakili dari kepala sampai perut saja. Wajahnya ditutupi topeng hijau dengan mata tertutup. Tempat ini menjadi spot foto favorit wisatawan saat berkunjung ke wahana Alas Tirta.

Baca: Tiket dan Aktivitas Taman Wisata KOPENG

Sungai Biru

Selain itu, ada wahana yang mirip dengan wahana pantai bernama Banyu Biru. Lokasinya persis di depan taman bermain anak. Dilihat dari jauh, desainnya terlihat seperti set dari film Moana. Dimana di tengah laut terdapat patung wanita besar berwarna hijau sedang bertapa.

Di depan patung wanita, ada air mancur yang disejajarkan dengan hati-hati di sekelilingnya. Maka tak heran jika pengelola kerap mengadakan atraksi air mancur menari Di area ini. Kemudian, di tengah laut terdapat replika 9 pulau yang membentuk lingkaran. Jangan lupa tambahkan pohon kelapa untuk menghiasi pinggir pantai.

Banyu Biru memiliki ukuran yang sangat besar seperti perairan laut lepas, airnya pun terlihat jernih dengan warna hijau kebiruan. Di sini pengunjung tidak hanya bisa bersantai. Tapi Anda juga bisa melakukan aktivitas seperti kano, kano, bola Airbermain di pasir.

Baca: Kebun Binatang SEMARANG: Tiket dan Atraksi

Alas Angon

Jika bosan melihat wahana air, pergilah ke wahana Alas Angon. Tempat yang menampilkan beragam koleksi hewan. Diantaranya ada kelinci, burung hantu, domba dan masih banyak lagi lainnya. Lokasinya berseberangan dengan Taman Truwelu.

Suasananya begitu asri dengan pepohonan rindang yang tumbuh di sekitar Alas Angon. Permukaan tanahnya terlihat segar karena ditumbuhi rerumputan hijau. Bentuknya berupa dataran perbukitan dengan hiasan bebatuan besar dan patung mirip singa. Lalu ada juga gua-gua kecil di bawah bukit untuk kelinci.

Di kawasan ini, pengunjung bisa berinteraksi dengan kumpulan satwa dari jarak dekat. Tidak hanya untuk melihat, tetapi juga untuk memberi makan dan mengajak bermain. Apalagi pengelola juga memperbolehkan pengunjung untuk berfoto bersama. Jangan takut, secara keseluruhan hewan ini jinak dan mudah beradaptasi.

Baca: Tiket RAWA PENING dan 4 Kawasan Wisata

Seluncuran pelangi

Seluncuran pelangi Dusun Semilir.Dusun Semilir memiliki perosotan yang jalurnya memiliki warna seperti warna pelangi. Foto: Googlemap/Arif fachrudin

Kemudian ada seluncuran pelangi yang merupakan wahana ikonik di Dusun Semilir. Letaknya di sebelah kiri Alas Angon. Treknya sangat panjang dengan turunan dan level. Bisa dibilang wahana ini cukup ekstrim karena pengunjung akan meluncur turun dari ketinggian.

Warna dan bentuk seluncuran menyerupai pelangi dengan dekorasi merah, kuning, hijau, ungu, dan jingga. Sedangkan jumlah lagunya sebanyak 5 buah. Dengan banyaknya arena, pengunjung bisa meluncur tanpa harus mengantri cukup lama. Tempat pendaratannya juga sangat nyaman karena permukaannya ditutupi hamparan rumput hijau.

Fasilitas Umum Dusun Semilir

Agar aktivitas liburan terasa nyaman, pihak pengelola menyediakan beberapa fasilitas umum. Ini termasuk musala, tempat parkir, toilet, masjid, area merokok, klinik dan restoran. Kemudian juga ada ATM center, mobil golf, ruang laktasi dan proyek foto luma. Menariknya, terdapat fasilitas khusus untuk penyandang disabilitas seperti kursi roda dan toilet khusus.

Lokasi dan jalur Dusun Semilir

Wisata ini berlokasi di Jalan Soekarno Hatta No.49 Ngemple, Bawen, Ngemplak, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 46 kilometer dari kawasan wisata kota lama Semarang. Melewati Tol Semarang – Solo. Jika menggunakan kendaraan, dibutuhkan waktu hingga 1 jam untuk sampai ke sana.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button