KALIGUA TEA GARDEN Tiket dan Kegiatan - WisataHits
wisatahits

KALIGUA TEA GARDEN Tiket dan Kegiatan

KALIGUA TEA GARDEN Tiket dan Kegiatan

Harga tiket masuk Kebun Teh Kaligua: Rp 20.000. Jam buka: 08:00 – 16:00. Telepon: 0823-2555-4488/0823-2868-1129. Alamat/Lokasi: Jl. Kaligua No.6, Sawah, Sawah, Ragatunjung, Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah, Indonesia, 52276.

Perkebunan Teh Kaligua merupakan kawasan perkebunan yang terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Kebun teh dengan luas lebih dari 600 hektar ini dikelola oleh PT. Penanaman Nusantara IX atau PTPN IX. Kawasan perkebunan ini menjadi daya tarik utama zona agrowisata Kaligua.

Perkebunan Teh Kaligua menawarkan sebuah pengalaman jalan-jalan minum teh atau berjalan-jalan di kebun teh. Di ketinggian hingga 2.050 mdpl, wisatawan bisa menikmati segarnya udara di lereng Gunung Slamet. Selain panoramanya yang megah, kebun teh ini juga melengkapi sejumlah fasilitas pendukung lainnya. Dengan demikian, Agrowisata Kaligua bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai destinasi liburan keluarga.

Tiket Masuk Perkebunan Teh Kaligua

Perkebunan Teh Kaligua berada di kawasan agrowisata. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 20.000 rupiah untuk satu orang. Fasilitas lain yang tersedia di kawasan Kaligua membebankan harga tiket yang berbeda namun tetap terjangkau.

Tiket masuk
Biaya masuk Rp 20.000

Baca: CURUG PUTRI Brebes Tiket Masuk dan Pesona

Tiket masuk memberikan akses ke perkebunan teh, goa Jepang, clear tuk, spot foto, dan pocket pick.

Jam buka

Obyek wisata yang dikelola PT Perkebunan Nusantara IX ini dibuka setiap hari untuk umum. Pada siang hari, areal penanaman biasanya akan tertutup oleh kabut yang berjatuhan.

Jam operasional
Setiap hari 08.00 – 16.00 WIB

Kebun Teh Segar Kaligua

Agrowisata Kaligua di kaki Gunung SlametKawasan agrowisata Kaligua menempati kawasan desa Pandansari, kecamatan Paguyangan, kabupaten Brebes, provinsi Jawa Tengah – Foto: Google Maps/gazkart beckmann

Salah satu makanan pokok Indonesia sejak zaman dahulu adalah teh. Dataran tinggi Indonesia yang subur sangat erat kaitannya dengan keberadaan perkebunan teh. Bahkan, beberapa perkebunan telah dikelola sejak pendudukan Belanda. Salah satunya adalah Perkebunan Teh Kaligua di Kabupaten Brebes Jawa Tengah.

Obyek wisata perkebunan teh ini dikelola oleh PTPN IX. Dengan nama Agrowisata Kaligua, kebun teh ini tidak hanya menawarkan keindahan alam yang asri instagrammable. Wisatawan juga disarankan untuk belajar tentang pengolahan teh langsung dari ahlinya. Selain itu, masih banyak aktivitas dan wahana rekreasi lainnya yang bisa dinikmati.

Baca: Tiket Masuk Waduk Mahanayu dan Ragam Wahananya

Panorama Dataran Tinggi

suasana saat kabut mulai turun di kawasan perkebunan teh KaliguaKebun teh yang berada di ketinggian 1.200 hingga 2.050 mdpl ini diselimuti udara dataran tinggi yang sejuk dan asri – Foto: Google Maps/Ihza Iskandar Yusuf

Berbicara tentang Perkebunan Teh Kaligua, tidak mungkin tidak untuk tidak menyebutkan panorama alamnya. Kebun teh ini terletak di lereng barat Gunung Slamet. Daerah perbukitan yang subur ini telah ditanami teh sejak zaman Belanda. Produksi teh menjadi salah satu andalan Kabupaten Brebes saat ini.

Berdiri di lahan seluas lebih dari 600 hektar, perkebunan ini menampilkan pemandangan yang menakjubkan. Sejauh mata memandang, yang terlihat adalah hamparan daun teh hijau yang menyegarkan mata. Tidak ada salahnya berkunjung ke sini untuk relaksasi tubuh dan pikiran.

Kebun Teh Kaligua juga membentang hingga ketinggian mulai dari 1.200 hingga 2.050 meter di atas permukaan laut. Suhu di musim kemarau bahkan bisa mencapai 4 derajat Celcius. Pengunjung tentunya akan merasakan hawa dingin yang menggigit. Sebagai bonus, pada cuaca tertentu areal penanaman justru lebih indah karena diselimuti kabut.

Baca: Wisata Selfie Waduk PENJALIN di Brebes

pendidikan budaya teh

petugas memberikan penjelasan tentang teh Kaligua kepada para pengunjungPengunjung tidak hanya dapat menikmati kegiatan rekreasi di alam, tetapi juga belajar tentang dunia teh – Foto: Google Maps / Kaligua Agro Tourism

Berkunjung ke Perkebunan Teh Kaligua, jangan hanya sekedar bersenang-senang memanjakan mata. PTPN IX juga membuka kesempatan bagi pengunjung yang ingin belajar tentang pengolahan teh. Pemandu akan dengan senang hati menjelaskan tahapan budidaya teh di Kaligua.

Pengunjung akan diajak melihat proses dan mencoba memanen daun teh langsung dari kebunnya. Rangkaian wisata edukasi ini meliputi penyiapan benih, perawatan tanaman, pemanenan dan pengolahan. Pengunjung dapat berkeliling pabrik teh dan melihat proses pembuatan teh hingga siap untuk dikonsumsi. Teh kaligua juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh, lho!

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas di Hutan Mangrove Brebes

Destinasi Liburan Keluarga

Pemandangan dari Kaligua Tea Gardens InnWisatawan bisa menginap di beberapa pilihan wisma dan homestay yang ada – Foto: Google Maps/Agro Wisata Kaligua_2

Perkebunan Teh Kaligua bukan sekadar “objek wisata instagramable”. Lebih dari itu, Kaligua menawarkan tempat liburan untuk semua orang. Tempat wisata ini menawarkan berbagai wahana dan aktivitas yang bisa dicoba bersama teman dan keluarga. Salah satunya adalah kolam air panas yang nyaman.

Bagi yang ingin menginap, Agrowisata Kaligua juga menawarkan beberapa pilihan wisma. Harga untuk wisma ini bervariasi, tetapi semuanya memiliki pemandangan kebun teh yang indah. Selain tempat tidur dan sarapan, penduduk setempat juga menawarkan layanan homestay. Bagi yang ingin lebih menyatu dengan alam, tersedia juga area camping.

Baca: Tiket Masuk TUK BENING & Brebes Goa Jepang & Aneka Pesonanya

Banyak pilihan wahana

kolam dengan gazebo dan pos pengamatan KaliguaPerkebunan Teh Kaligua dapat menjadi destinasi rekreasi keluarga yang menarik karena perpaduan antara suasana alam dan fasilitas yang tersedia – Foto: Google Maps / Misbahus Surur

Selain kebun teh, masih banyak objek wisata lain di Agrowisata Kaligua. Pengunjung dapat mencoba kegiatan yang merangsang seperti flying fox atau bersepeda melalui kebun teh. Anda juga bisa menyewa kostum petik teh dan berfoto di tengah areal penanaman.

Di bagian bawah perkebunan, terdapat sebuah gua bersejarah Jepang. Wisatawan bisa merasakan suasana mencekam di gua yang berfungsi sebagai penjara. Bagi yang tertarik dengan pertanian, wisata kebun mungkin menjadi jawaban yang tepat. Wisatawan dapat melihat edukasi tanaman dataran tinggi seperti strawberry dan berbagai tanaman hias.

Baca: 7 Destinasi Wisata Terbaik di Brebes

Fasilitas Perkebunan Teh Kaligua

Fasilitas Agrowisata Kaligua meliputi fasilitas umum dan rekreasi. Beberapa fasilitas umum antara lain tempat parkir, toilet umum, rumah makan, aula, panggung, mushola, dan unit pelayanan kesehatan. Adapun sarana rekreasi berupa sarana dan prasarana yaitu wisma, kolam renang air panas, a berkemahdaerah keluar, pos pengamatan, di lapangan olah raga.

Agrowisata Kaligua juga menawarkan berbagai paket dan layanan wisata untuk melengkapi pengalaman rekreasi. Wisatawan dapat memilih paket wisata edukasi, pertemuan keluargasejarah dan budaya, atau keluar. Tersedia juga persewaan kostum untuk berfoto dan transportasi odong-odong menuju gua Jepang.

Akses dan lokasi Perkebunan Teh Kaligua

Agrowisata Kaligua terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Obyek wisata ini terletak sekitar 75 kilometer dari pusat kota Brebes. Wisatawan bisa datang ke sini melalui Jalan Bumiayu yang berjarak 15 kilometer. Rute lainnya melalui Paguyangan yang jaraknya sekitar 10 kilometer.

Jalan dari desa ke Kaligua dalam kondisi baik. Namun, jalan menuju pintu masuk kawasan wisata tidak terlalu mulus. Jalan ini dilapisi bebatuan kasar dan konturnya selalu menanjak meski landai. Gunakan mobil atau motor yang sesuai dan dalam kondisi prima untuk menghindari masalah kendaraan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button