Pantai Elyora Batam, pantai pasir putih yang eksotis di Jembatan Barelang - WisataHits
wisatahits

Pantai Elyora Batam, pantai pasir putih yang eksotis di Jembatan Barelang

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga Tiket Pantai Elyora salah satu pantai pasir putih terindah di ujung jembatan Barelang Batam, Kepulauan Riau. Pantai yang bersih dengan panorama alam yang menawan dan didukung dengan fasilitas yang memadai layak menjadi destinasi liburan Anda.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Galang Baru, Kec. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Kasus: Cek lokasi

Berbicara tentang kota Batam, tidak akan ada habisnya membahas keindahan pantai kota ini. Tak heran karena lokasi tempat ini dikelilingi pantai dan laut dari segala arah. Dari sekian banyak pantai di Batam, salah satu yang dijadikan rekomendasi wisata adalah Pantai Elyora.

Pantai yang dibuka untuk umum pada Januari 2018 ini menawarkan pemandangan yang sangat indah. Namun, sebelum diresmikan, pantai ini sangat sepi karena hanya sedikit orang yang mengetahuinya. Seiring berjalannya waktu, keberadaan pantai ini mulai dikenal masyarakat luas.

Oleh karena itu, pemerintah setempat akhirnya memperbaiki fasilitas yang ada di pantai dan menata bagian pantai agar lebih indah. Tentunya setelah resmi dibuka, pantai ini menjadi incaran para wisatawan yang datang ke kota Batam untuk menikmati keindahan alam yang ditawarkan.

Atraksi Pantai Elyora

Aktivitas di Pantai ElyoraKredit gambar: Google Maps Kambing beraroma

1. Memiliki pantai yang luas

Pantai Elyora memiliki kemiripan dengan salah satu pantai lain yang ada di Batam, yaitu Pantai Reviola. Kemiripan kedua pantai ini terletak pada lebar pantainya. Sehingga banyak yang mengira pantai ini adalah saudara kembar dari pantai Reviola. Tak hanya itu, kedua pantai ini juga memiliki pemandangan yang sama-sama indah.

Luasnya pantai akan semakin terlihat saat air laut surut. Pantai ini sepertinya memiliki pasir yang sangat luas dan bisa digunakan untuk bermain pengunjung. Jadi saat air surut Anda bisa melakukan banyak hal di pantai.

Momen air surut ini bisa Anda manfaatkan untuk berbagai aktivitas. Biasanya, pengunjung memanfaatkan luasnya pantai untuk berbagai permainan seperti sepak bola, voli atau sekedar jogging.

2. Pasir putih lembut

Pantai ini terkenal dengan pasirnya yang indah. Pasir putihnya yang halus menjadi daya tarik tersendiri yang ditawarkan kepada pengunjung. Inilah salah satu keunggulan pantai ini karena tidak semua pantai di Kota Batam memiliki pasir putih yang bersih.

Anda akan merasa takjub dan terpesona saat tiba di pantai ini. Keindahan pasir putih akan menyambut Anda. Tempat wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Anda bisa membawa keluarga untuk piknik di hamparan pasir yang indah. Anak-anak bisa bermain pasir di tepi pantai.

3. Mangrove kering di tengah pantai

Saat cuaca terik, wisatawan umumnya berteduh di bawah bakau kering yang besar ini. Pengunjung bisa bersantai di bawah pohon bakau sambil menikmati makanan atau minum air kelapa yang sudah dipesan. Karena saat cuaca panas, Anda akan lebih cepat merasa lelah dan haus dibandingkan saat cuaca normal.

Selain sebagai tempat berteduh dari terik matahari, tak jarang orang berfoto di bawah pohon bakau yang kering ini. Wisatawan percaya bahwa mangrove kering memiliki nilai estetika ketika difoto. Tak ayal, banyak orang ramai di bawah hutan bakau, meski tidak panas.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket Pantai Elyora

Alamat Pantai ElyoraKredit gambar: Google Maps Nurrina Dwi Larasati

Pantai pasir putih ini terletak di Pulau Galang, lebih tepatnya sekitar 75-80 km dari pusat kota Batam. Oleh karena itu, waktu untuk sampai ke pantai ini sekitar 2 jam tergantung kondisi jalan dan juga pengemudinya.

Sepanjang perjalanan, Anda bisa melihat pemandangan alam yang sejuk berupa hutan atau kebun yang akan menemani perjalanan Anda. Tempat wisata ini terletak di ujung Jembatan Barelang yang berada di atas jembatan yang bernama Raja Kecik atau bisa dibilang jembatan 6. Tak perlu takut tersesat, karena di sepanjang jalan terdapat banyak arah.

Setelah menemukan panduan terakhir tempat wisata yang ingin Anda tuju, tinggal beberapa langkah lagi untuk menuju tempat wisata tersebut. Jalan menuju tempat wisata ini cukup berbatu dan juga berlumpur. Namun, hal tersebut bisa terbayar saat tiba dan Anda bisa menikmati keindahan ciptaan Tuhan berupa pantai di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Saat Anda tiba di Pantai Elyora, agen akan menjual tiket masuk pantai dengan harga yang sangat terjangkau. Harga tiket masuknya hanya sekitar 10.000 rupiah untuk satu orang bukan untuk 1 kendaraan. Hanya dengan 10.000 rupee Anda dapat menikmati pantai yang indah.

Harganya sangat murah dengan banyak atraksi dan fasilitas yang memadai. Untuk biaya lainnya terdapat biaya parkir yang disesuaikan dengan jenis kendaraan yang dibawa. Biaya parkir untuk kendaraan roda empat adalah Rp 5000 dan untuk kendaraan roda dua hanya Rp 2000.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Elyora

Aktivitas Seru di Pantai ElyoraKredit gambar: Google Maps Cahya Setiawan

1. Coba fasilitas judi

Jika bosan berenang atau bermain pasir, ada beberapa fasilitas bermain air yang menarik untuk dicoba. Pengelola pantai menyediakan fasilitas bermain air seperti banana boat dan perahu kecil.

Bagi Anda yang suka memacu adrenalin, bermain banan boat bisa menjadi pilihan wahana yang tepat. Tidak perlu khawatir karena wahana banana boat telah dilengkapi dengan keamanan yang terjamin. Untuk menikmati wahana-wahana tersebut Anda harus merencanakan budget di luar harga masuk tentunya.

Selain itu, di sini juga ada persewaan perahu kecil untuk menuju pulau di seberang. Tarifnya sendiri sangat murah yaitu hanya sekitar Rp 30.000 untuk satu orang. Nantinya, Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan laut yang indah.

2. Berfoto di tempat yang indah

Kurang afdhol kalau pergi ke suatu tempat yang eksotis dan mempesona tapi lupa berfoto dan mengabadikan momen. Inilah yang dilakukan wisatawan yang berkunjung ke Pantai Elyora. Hal ini tidak mengherankan memang karena di pantai ini banyak terdapat spot foto yang instagramable dan kondusif untuk dibagikan di jejaring sosial.

Tak jarang pantai cantik ini juga dijadikan lokasi pemotretan prewedding. Keindahan alam pantai yang mempesona memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai background foto pasangan pengantin. Tentunya pasangan yang mengabadikan momen spesial akan senang dengan hasil foto yang dihasilkan.

3. Berenang di dekat pantai dan bermain pasir

Ombak di sini cukup tenang dan bersahabat sehingga sangat aman untuk berenang. Namun, Anda harus memastikan keselamatan Anda dan orang yang Anda cintai.

Tentunya jika ingin berenang, pastikan Anda tahu cara berenang dan menggunakan alat keselamatan seperti pelampung. Jika Anda tidak membawa peralatan, di sini juga ada tempat persewaan yang bisa Anda manfaatkan.

Jika Anda membawa keluarga ke sini, Anda bisa mengajak anak-anak bermain pasir putih yang indah. Pasir lembut Pantai Elyro tentunya bisa dijadikan berbagai miniatur bangunan unik seperti istana, rumah, dan miniatur binatang.

Penginapan murah terdekat dengan lokasi pantai Elyora

Penginapan murah terdekat dengan lokasi pantai ElyoraKredit gambar: Google Maps Dikdok B

1. Stasiun Morelo Kelong

Bagi yang memiliki budget pas-pasan, hostel ini bisa dijadikan patokan yang tepat. Kompleks ini memiliki fasilitas yang tidak terlalu banyak, namun sangat nyaman untuk ditinggali. Pemandangan di sekitar lokasi juga sangat indah. Jarak antara hostel dan pantai hanya sekitar 15 km. Lokasinya di daerah Sijantung.

2.Stasiun SBS

Hotel ini cukup lengkap dengan fasilitasnya. Namun, jaraknya lebih panjang dari asrama sebelumnya, yakni 20 km. Hotel bintang 3 ini terletak di Sambulang. Untuk masalah akomodasi, harganya juga masih cukup terjangkau. Selain itu, Anda juga dapat menikmati pemandangan di sekitar hostel yang sangat mempesona.

3. Pulau Labun

Rekomendasi terakhir yang bisa kamu pilih untuk menginap di sekitar Pantai Elyora adalah Pulau Labun. Jarak dari hotel ini sangat dekat dengan lokasi pantai yang hanya berjarak 6,9 km sehingga cukup dekat. Fasilitas yang disediakan di hostel ini juga cukup lengkap.

Fasilitas wisata yang tersedia di Elyora Beach Batam

Fasilitas di Pantai Elyora di BatamKredit gambar: Google Maps Ade Jaya S

Dari segi fasilitas, Pantai Elyora memiliki banyak fasilitas yang sangat memenuhi kebutuhan pengunjung yang datang ke tempat tersebut. Fasilitas tersebut seperti toilet, kamar mandi atau ruang ganti dan juga terdapat tempat sholat.

Selain itu, di tempat wisata ini terdapat gazebo yang disewakan, biaya sewanya dipatok Rp 100.000. Gazebo ini bisa digunakan untuk menikmati bekal yang dibawa atau menikmati kuliner di sekitar pantai. Selain itu, pantai ini juga tersedia dengan tempat parkir yang cukup luas.

Kalau ke Kota Batam, jangan lupa mampir ke Pantai Elyora. Karena dengan kedatangan Anda, destinasi wisata ini semakin dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga semakin banyak wisatawan yang datang ke pantai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button