Pantai Parai Tenggiri, destinasi wisata bahari yang menawan di Bangka - WisataHits
wisatahits

Pantai Parai Tenggiri, destinasi wisata bahari yang menawan di Bangka

Harga tiket: Rp 25.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung; Kasus: Verifikasi lokasi

Menghabiskan liburan di Bangka tentunya bukan waktu yang tepat jika belum mengunjungi pantainya yang indah. Meski banyak pantai indah di Bangka yang sangat terkenal, namun ada satu pantai yang cukup unik dan wajib dikunjungi. Pantai yang unik ini adalah Pantai Parai Tenggiri.

Pantai unik ini merupakan tujuan wisata swasta yang dikelola oleh sebuah resor swasta di Sungailiat. Meski merupakan pantai pribadi, masyarakat tetap bisa mengunjungi wisata bahari ini dengan membayar biaya kepada pengelola.

Pantai yang terkenal dengan panorama alamnya yang indah ini selalu menjadi pusat perhatian wisatawan yang berlibur ke Bangka. Tidak hanya pemandangannya saja, pantai yang sejuk ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai membuat setiap orang yang berkunjung merasa nyaman dan betah untuk menginap di pantai Parai Tenggiri yang menawan ini.

Daya tarik yang dimiliki Pantai Parai Tenggiri

Objek Wisata Pantai TenggiriKredit gambar: Google Maps Toto Hugo

1. Ada pulau batu yang indah

Pantai Hits yang sangat terkenal dengan keindahan alamnya ini juga memiliki sebuah pulau kecil. Berbeda dari pulau biasanya, pulau ini tidak terbentuk dari tanah melainkan tersusun dari bebatuan di sekitar pantai.

Yang membuat pulau ini begitu indah dan eksotik adalah batu-batu penyusunnya yang ukurannya tidak sama. Fenomena ini mampu menciptakan lanskap yang benar-benar megah.

Pulau yang indah ini dikenal sebagai Rock Island. Entah siapa yang mencetuskan namanya, tapi yang jelas pulau batu ini sungguh indah dan indah dipandang.

2. Suasana damai

Meski sudah mendapat intervensi atau pengelolaan, suasana Pantai Parai Tenggiri tidak berubah seperti dulu. Pantai yang sangat alami dan masih mempertahankan keindahannya ini membuat pengunjung terlena.

Semilir angin sepoi-sepoi dan suara merdu ombak berpadu dengan hijaunya pepohonan tentu membuat suasana damai dan asri pantai sejuk ini semakin kental. Pepohonan rindang yang menciptakan suasana teduh juga ikut menambah keindahan suasana pantai yang indah ini.

3. Keindahan alam yang memukau

Karena sudah memiliki konsep tata ruang, pantai keren ini sudah memiliki tata ruang yang begitu indah. Saat memasuki kawasan pantai, Anda akan disuguhkan pemandangan dua sisi pantai yang indah ini.

Pemandangan pertama yang akan Anda lihat adalah hamparan bebatuan karang yang indah berpadu dengan putihnya pasir pantai dan birunya air laut yang membuat pemandangan semakin indah dan menawan. Di sisi lain, Anda akan melihat pemandangan pantai yang berisi perpaduan antara laut biru dan pasir putih yang sungguh menakjubkan.

4. Banyak wahana air yang menarik

Tak perlu khawatir liburan Anda akan membosankan di Pantai Parai Tenggiri. Pantai indah ini menawarkan banyak keseruan, beberapa wahana patut dicoba.

Mulai dari permainan air yang memacu adrenalin hingga wahana yang akan membuat Anda terbang mengitari pantai, semuanya tersedia di sini.

Jika Anda menyukai keseruan bermain wahana air bersama keluarga, maka Banana Boat layak untuk dicoba. Sedangkan bagi Anda yang suka ngebut di air, jetski sangat cocok untuk menyalurkan hobi tersebut. Selain itu, Anda juga akan diajak untuk mengikuti wisata pantai bertingkat tinggi dengan wahana parasailing.

5. Jembatan kecil yang manis

Saat berkunjung ke pantai ini, Anda akan menemukan pemandangan laut dengan jembatan kecil. Jembatan yang berfungsi sebagai sarana penyeberangan yang menghubungkan stasiun ke Rock Island ini ternyata menawarkan panorama yang cukup menawan.

Pada siang hari, jembatan kayu kecil itu seakan menambah kesan eksotik panorama pantai yang sejuk ini. Tidak berhenti sampai di situ saja, pemandangan yang tak kalah indah dan sungguh menawan diperlihatkan oleh jembatan kecil ini pada sore atau malam hari dengan lampu-lampu kecil yang menerangi sepanjang jembatan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Wisata Pantai Parai TenggiriKredit gambar: Google Maps Eddy Irawan

Lokasi pantai yang indah ini cukup mudah diakses. Terletak tidak jauh dari Kota Bangka, pantai indah ini memiliki lokasi yang strategis. Bahkan untuk sampai ke pantai keren ini, hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit dari bandara Depati Amir.

Untuk mengunjungi pantai Parai Tenggiri, lebih mudah menggunakan kendaraan umum. Anda hanya perlu menggunakan angkutan umum atau bus kota dari Pangkal Pinang menuju Terminal Sungailiat. Setibanya di Sungailiat, perjalanan selanjutnya menuju lokasi pantai dapat ditempuh dengan menggunakan becak di area terminal.

Jika perjalanan dari Kabupaten Bangka akan memakan waktu lebih lama untuk mencapai lokasi. Dibutuhkan sekitar 50 menit perjalanan untuk sampai ke tempat wisata.

Rute yang bisa ditempuh dari Kabupaten Bangka Kepulauan Bangka Belitung melewati Jalan Raya Pangkal Layang hingga Bakem. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Belinyu menuju Jl Hotel Parai Indah. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan menuju Jalan Pantai Pata Resort.

Lalu belokkan kendaraan ke kiri menuju perempatan Para Beach Hotel and Resort. Lanjutkan perjalanan melewati jalan berkelok, lalu belok kiri menuju pantai Parai Tenggiri.

Harga tiket masuk wisata pantai

Tiket Wisata Pantai TenggiriKredit gambar: Google Maps A RS

Meski milik pribadi, pantai keren ini juga bisa dikunjungi wisatawan untuk menikmati pesona alamnya. Wisatawan yang berlibur di Pantai Parai Tenggiri akan dikenakan tarif hanya Rp 25.000.

Selain itu, pihak pengelola pantai juga mengenakan biaya parkir. Pengunjung harus membayar biaya sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 untuk satu kendaraan.

Kegiatan seru bisa dilakukan di Pantai Parai Tenggiri

Kegiatan wisata di Pantai Parai TenggiriKredit gambar: Google Maps Raynardthan Pontoh

1. Mendaki

Bebatuan yang tertata indah dengan bentuk yang tidak seragam ini tentunya sangat menarik jika digunakan untuk kegiatan hiking. Ukuran bukit bebatuan yang tidak terlalu tinggi tentunya sangat cocok untuk kegiatan pendakian bagi anak-anak.

Berjalan di bebatuan dengan tekstur berbeda dan ukuran serta bentuk berbeda pasti akan menantang adrenalin anak-anak. Tidak berhenti sampai di situ, deburan ombak yang menghantam bebatuan semakin memacu adrenalin anak-anak saat mendaki bukit bebatuan tersebut.

2. Berjalan di sekitar pantai

Menyusuri pantai memang menjadi kegiatan yang paling menarik selama liburan pantai Parai Tenggiri. Berjalan di atas pasir yang lembut dan deburan ombak yang menyentuh kaki Anda pasti akan membuat Anda merasa lebih tenang dan damai.

Selain berjalan langsung di pinggir pantai, Anda juga bisa menikmati suasana malam hari dengan berjalan kaki melewati jembatan kecil yang menghubungkan hostel dengan Rock Island. Berjalan di atas jembatan ditemani lampu-lampu kecil dan indahnya suasana sunset di pantai pasti akan menciptakan kenangan indah yang tidak akan pernah terlupakan.

3. Berenang

Bermain di pantai tentunya belum lengkap jika belum mencoba kesejukan air lautnya, jika berkunjung ke pantai cantik ini anda bisa mencoba berenang dan menikmati kesejukan air laut yang masih alami ini.

Ombak di pantai ini cukup tenang, membuat pantai cantik ini menjadi area yang aman untuk berenang. Anda juga bisa mengajak anak-anak dan kerabat untuk berenang dan bermain air di sini. Bermain di pantai bersama keluarga atau sahabat tercinta pasti akan menambah keseruan liburan anda.

4. Memancing ikan

Kondisi alam yang masih sangat terjaga membuat pantai Parai Tenggiri memiliki kekayaan bahari yang cukup melimpah. Banyak jenis ikan dan spesies laut lainnya dapat ditemukan di sini.

Ini tentu menjadi tawaran menarik bagi pecinta kegiatan memancing. Mancing di pantai ditemani dengan keindahan alam yang begitu memukau dan memanjakan mata pasti akan membuat kegiatan mancing anda begitu menyenangkan dan tentram.

5. Berburu Foto

Keindahan panorama alam yang ditawarkan oleh pantai cantik ini tentu sayang untuk dilewatkan. Untuk itu, wajib bagi wisatawan untuk mengabadikan momen indah saat berlibur ke sini.

Setiap sudut pantai seakan menawarkan berbagai spot foto yang sungguh indah dan menawan. Berpose dengan background alam yang sangat indah pastinya akan membuat hasil foto kalian semakin keren dan menarik.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Wisata Pantai Parai TenggiriKredit gambar: Google Maps Daniel Haposan Marbun

Pengelolaan pantai yang berada di bawah naungan resort ini menjadikan pantai yang indah ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas unggulan dan menarik. Wisatawan khususnya pengunjung resort akan dimanjakan dengan segala fasilitas yang telah disiapkan oleh pihak pengelola.

Tempat pertama yang dihadirkan tentu saja sebuah penginapan dengan pantai pribadinya. Tidak hanya itu, pantai Parai Tenggiri juga menawarkan restoran dengan berbagai menu dasar dengan rasa yang sangat enak dan nikmat.

Pengunjung resor juga akan menikmati fasilitas berupa kolam khusus untuk berenang di tepi pantai. Selain itu, beberapa fasilitas umum seperti mushola dan toilet yang cukup bersih dan nyaman juga tersedia di sini.

Hasil keseriusan stasiun dalam pengelolaan pantai Parai Tenggiri sampai saat ini terbayar dengan keindahan panorama pantai yang tetap megah dan selalu terjaga. Keindahan alam dan keindahannya juga membuat banyak wisatawan lupa waktu saat berkunjung ke sini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button