Tiket & Koleksi Museum Ronggowarsito - WisataHits
wisatahits

Tiket & Koleksi Museum Ronggowarsito

Tiket & Koleksi Museum Ronggowarsito

Harga tiket masuk Museum Ronggowarsito: Rp 4.000 – Rp 6.000. Jam buka: 08:00 – 15:00. Nomor Telepon: (024) 760 2389. Alamat/Tempat: Jl. Abdul Rahman Saleh No.1, Kalibanteng Kidul, Semarang Barat, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50149.

Semarang adalah ibu kota yang kaya akan sejarah. Peninggalan sejarah mulai dari sejarah budaya hingga sejarah kemerdekaan ada di sini. Sebaik Museum Ronggowarsitoyang telah menjadi pusat kebudayaan terbesar Indonesia di Semarang.

Museum ini terletak di pusat kota Semarang. Bahkan mudah diakses karena letaknya di sepanjang jalan utama. Dulu, wisatawan bisa mengunjungi museum saat transit di Bandara Ahmad Yani.

Harga Tiket Masuk Museum Ronggowarsito

Untuk mengunjungi objek wisata ini, pengunjung harus membayar tiket masuk. Biayanya tidak mahal, bahkan cukup murah. berikut rinciannya

Harga Tiket Masuk Museum Ronggowarsito
Tiket masuk dewasa Rp6.000
Tiket masuk untuk anak-anak Rp4.000

Baca: Tiket Masuk Kampung Pelangi Semarang dan Beauty Ticket

Jam Buka Museum Ronggowarsito

Pengunjung dapat menikmati atraksi ini setiap hari. Buka dari pagi hingga sore hari. Namun, dengan jam buka yang berbeda.

Jam operasional
Senin kamis 08.00 – 15.00 WIB
Jumat Minggu 08.00 – 14.00 WIB

Keanekaragaman koleksi budaya di Museum Ronggowarsito

berbagai koleksi benda budaya di museum ronggowarsitoBerbagai koleksi artefak budaya di Museum Ronggowarsito. Foto: Gmap/M. Andhen resmi

Ronggowarsito atau Rangga Warsito, diambil dari nama orang yang sangat terkenal. Dia adalah seorang penyair dengan banyak karya sastra. Telah melahirkan banyak karya dalam bentuk kronik yang cenderung simbolik.

Ronggowarsito terkenal dengan karyanya Serat Kalatida yang memperkenalkan istilah Jaman Gila. Karena terkenal dan sangat berpengaruh ini, nama penyair diabadikan sebagai museum. Yang masih ada di Jalan Abdurrahman Saleh Semarang.

Baca: Tiket Masuk dan Selfie Spot Ayanaz Gedongsongo Semarang

Museum ini berdiri di atas tanah seluas 1,8 hektar. Dimana pertama kali diluncurkan pada tahun 1975 dan resmi dibuka pada Juli 1989. Hingga saat ini objek wisata ini masih populer sebagai tujuan wisata.

Koleksi Museum Ronggowarsito

Kerangka gajah di museumKerangka gajah di Museum Ronggowarsito. Foto: Gmap/Cherrylia Septa

Museum ini memiliki puluhan ribu koleksi. Ini sama dengan sekitar 59.802 yang terbagi menjadi 10 jenis. Diantaranya geologi, biologi, arkeologi, sejarah, filologi.

Ditambah ilmu numismatik, heraldika, kramologika, teknologi, etnografi dan seni rupa. Oleh karena itu, museum ini ditetapkan sebagai aset pelayanan publik di bidang pelestarian budaya. Selain itu juga sebagai wahana pendidikan dan rekreasi.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana SALOKA PARK Semarang

Fosil tersebut juga merupakan koleksi unik milik Museum Ronggowarsito. Salah satunya adalah fosil gajah purba.

Gedung Museum Ronggowarsito

Bangunan museum dilihat dari luarBalai Museum Ronggowarsito. Foto: Gmap/Prasetiyo Budi Utomo Photography

Di bagian depan, pengunjung akan disambut oleh patung kuda yang dipasang oleh seorang tokoh sejarah. Di sebelahnya terdapat paviliun yang merupakan pintu masuk museum. Sebuah pendopo dengan gaya arsitektur Jawa yang sangat khas.

Arsitektur bangunannya menggunakan gaya klasik, joglo dan konstruksi post-modern. Sedangkan hall terdiri dari pendopo, gedung pameran, gedung koleksi, ruang konservasi dan auditorium. Gedung pamerannya sendiri terbagi menjadi empat hall dan memiliki dua lantai.

Baca: Tiket Masuk dan Pesona Lawang Sewu Simpang Lima Semarang

Dibagi menjadi kamar bertema alam, yang berisi segala sesuatu tentang alam dan ruang. Ada juga bangunan yang digunakan untuk menggambarkan sejarah peradaban kerajaan Hindu Budha. Dan ruangan bertemakan era pembangunan di Indonesia dan sejarah perjuangan perlawanan rakyat Indonesia.

Mulai dari replika seni budaya hingga replika ritual kuno

Koleksi wayang kulitSalah satu koleksi seni wayang kulit di Ronggowarsito. Foto: Google Maps/Setia Irak

Museum ini juga menyajikan keragaman budaya nusantara. Diantaranya terdapat replika acara sedekah bumi yang biasa diadakan oleh masyarakat Jawa. Ada juga topeng dari Barong Spooky Show asli Blora.

Selain itu, ada juga wayang yang lengkap dengan geber dan gamelan asli. Tentu saja terlihat sangat besar dan mewah. Juga, ditampilkan sebagai single like di tengah pertunjukan.

Baca: Aktivitas dan Tiket Masuk Candi Gedong Songo Semarang

Ada juga yang unik, yakni replika bernama Didi Nini Towok. Replika ini merupakan replika dari ritual pemanggilan hujan. Uniknya, replika ini ditampilkan full kayu dengan kebaya.

Koleksi batuan meteorik dan objek vulkanik

Koleksi Museum Ronggowarsito tidak terbatas pada budaya dan fosil. Bisa dibilang museum ini menyimpan berbagai benda yang luar biasa. Salah satunya adalah meteorit.

Tampil adalah meteorit yang ditemukan bertahun-tahun yang lalu. Selain itu, pasir dari letusan Gunung Merapi, batu dari Gunung Merapi dan material lainnya.

Koleksi ini awalnya diambil Mus dari alam liar pada saat kejadian. Sehingga pengunjung bisa melihat wujud aslinya.

Lokasi Museum Ronggowarsito

Museum Ronggowarsito terletak di Jalan Abdul Rahman Saleh No.1 Semarang. Pengunjung dapat memulai perjalanan dari Simpang Lima ke arah barat. Dari sana waktu tempuh kurang lebih 20 menit.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button