Dari Bandara YIA, Anda bisa langsung belanja batik dan berwisata ke Imogiri by Damri - WisataHits
Yogyakarta

Dari Bandara YIA, Anda bisa langsung belanja batik dan berwisata ke Imogiri by Damri

Dari Bandara YIA, Anda bisa langsung belanja batik dan berwisata ke Imogiri by Damri

TEMPO.CO, Yogyakarta – Wisatawan yang turun di Bandara Internasional Yogyakarta atau Bandara YIA di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta kini bisa langsung menuju kawasan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta dengan transportasi umum. Perusahaan Umum (Perum) DAMRI kini memperkenalkan rute baru yang melayani penumpang di rute Terminal Imogiri – Terminal Palbapang – Bandara YIA mulai 10 Januari 2023.

“Pembukaan rute baru YIA-Bandara Imogiri ini hadir sebagai bagian dari pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur, kata Singgih Riyadi, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Rabu, 11 Januari 2023.

Destinasi Imogiri merupakan daerah yang kaya akan berbagai potensi wisata. Bagian kota ini tidak hanya dikenal sebagai pusat produksi batik tulisnya yang terkenal, tetapi juga memiliki sejumlah tempat wisata. Ada Makam Para Raja hingga Kompleks Target Hutan Pinus Mangunan.

Layanan DAMRI dari YIA – Bandara Imogiri memiliki harga yang cukup terjangkau yakni hanya Rp 20.000 sekali jalan. Wisatawan yang ingin mencoba layanan ini bisa datang langsung ke loket DAMRI di Terminal Imogiri dan Terminal Palbapang.

Jumlah armada yang beroperasi di rute baru ini awalnya terdiri dari dua unit dengan kapasitas 14 penumpang.

Operasional Damri untuk rute baru YIA-Bandara Imogiri terbagi antara lain untuk rute Imogiri menuju Bandara YIA mulai pukul 04.00-13.00 WIB. Sedangkan start dari bandara YIA menuju Imogiri pukul 08.00-16.00 WIB.

“Dengan adanya rute baru ini, kami berharap ada peningkatan rasio konektivitas angkutan umum dari kawasan wisata di Kabupaten Bantul, dan tarifnya bisa dikatakan cukup terjangkau,” kata Singgih.

Pembukaan rute baru dari Bandara YIA ke Imogiri juga dinilai cocok untuk semakin mendongkrak sektor pariwisata di Bantul secara umum agar lebih berdaya saing. Mengingat Bantul adalah sebuah kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, terdapat berbagai macam destinasi mulai dari pantai, pegunungan, hutan, wisata sejarah hingga wisata religi.

Baca juga: Cara Yogyakarta menarik wisatawan Eropa melalui Bandara YIA

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button