Pengalihan lalu lintas saat KTT OKI di Bandung pada 24-26 Oktober 2022 - WisataHits
Jawa Barat

Pengalihan lalu lintas saat KTT OKI di Bandung pada 24-26 Oktober 2022

bandung

Sejumlah ruas jalan, terutama Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, akan ditutup saat penyelenggaraan KTT Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) pada 24-26 Oktober 2022.

Dalam pelaksanaannya, Satlantas Polrestabes Bandung akan melakukan pengaturan arus lalu lintas dengan mengatur kembali arus lalu lintas. Direktur Lalu Lintas AKBP Ariek Indra Santanu mengatakan acara tersebut akan dihadiri oleh 49 delegasi dari negara-negara yang tergabung dalam OKI.

Ariek mengatakan ada tiga titik yang menjadi fokus rencana pengamanan dan pengalihan tersebut, yakni di sekitar Hotel Pullman Jalan Diponegoro, Gedung Asia Afrika dan Hotel Savoy Homan.

“Semua perwakilan delegasi akan menginap di Hotel Pullman. Acaranya sendiri akan diadakan di Gedung Asia Afrika, dan sebelum acara berlangsung, delegasi akan melakukan perjalanan ke Hotel Savoy Homman,” katanya dalam keterangan tertulis yang diperoleh detikJabar, Rabu (19/10/2022).

Ariek mengumumkan, pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas selama kegiatan OKI di mana pengemudi tidak diperbolehkan melewati Jalan Majapahit-Dipenogoro dari Cilamaya ke Fly over M Kusumaatmaja dan direkomendasikan ke Jalan Dipenogoro-Jalan Sentot Alibasah-Jalan Trunojoyo-Jalan pass Sulanjana dan Jalan Dago, Cikayang.

“Sementara, masyarakat yang ingin ke Pasteur melalui Jalan Supratman diperbolehkan melewati Jalan Diponegoro-Jalan Sentot Alibasah-Fly Over M Kusumaatmaja-Jalan Dago Sulanjana,” kata Ariek.

Sedangkan bagi pengendara yang ingin menuju Jalan Asia Afrika, pertigaan Tamblong-Asia Afrika dari arah Simpanglima akan dialihkan total ke Lengkong Besar. “Rute Asia-Afrika ditutup selama kegiatan di Gedung Merdeka,” ujarnya.

Selain itu, pengalihan arus lalu lintas dari arah Pos Giro dan dari arah Pasar Baru-ABC juga akan dilakukan di simpang Banceuy-ABC yang akan dialihkan melalui Jalan Banceuy-Jalan Suniaraja.

“Dan kendaraan dari simpang Braga-Naripan dialihkan ke Jalan Braga Panjang. Karena short Jalan Braga ditutup total,” kata Ariek.

Pengalihan arus lalu lintas lainnya akan berada di Jalan Daleum Kaum-Alun-alun Timur, dimana pengendara yang datang dari arah Dalem Kaum menuju Simpang Lima atau Jalan Sunda, jika Jalan Simpang Lengkong Besar-Jalan Lengkong Kecil macet, pengendara akan dialihkan ke Alun-alun Timur, Jalan Asia Afrika, Jalan Banceuy, Jalan ABC, Jalan Naripan, Jalan Sunda, Jalan Sunda Veteran, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Simpang Lima.

“Kami mohon maaf kepada masyarakat atas pengalihan aliran sungai sehingga perjalanan dapat terganggu. Hal ini terjadi karena kegiatan OKI. Semoga kegiatannya lancar dan aman,” tutup Ariek.

Polisi siap melakukan pengamanan

Kapolres Bandung Kombes Pol Aswin Sipayung mengatakan, pihaknya tidak hanya mengamankan arus lalu lintas tetapi juga menyiapkan personel keamanan.

“Polres Bandung sudah menyiapkan rencana pengamanan yang melibatkan aparat keamanan dari Polrestabes Bandung sendiri dan juga dari Polda Jabar,” kata Aswin.

“Jadi aparat keamanan Polrestabes Bandung berjumlah 350 orang yang terdiri dari seluruh satuan Polrestabes Bandung dan kami meminta kepada Wakapolres untuk meningkatkan kekuatan Polda baik Satbrimob maupun Sabhara. Rencananya akan ditambah empat kompi dari Brimob dan gabungan Ditsabahara Polda Jabar,” kata Aswin.

Rencana pengamanan telah dilakukan, menurut Aswin, setiap delegasi atau staf delegasi atau tamu internal di lingkungan pemerintahan yang ingin memasuki gedung Merdeka harus menggunakan ID masuk dan memiliki barcode yang dihasilkan di gedung Merdeka. Tujuannya untuk mencegah tamu tak diundang masuk ke gedung Merdeka.

Kemudian Hotel Savoy Homann sebagai persiapan sebelum peralihan menuju Gedung Merdeka dan kemudian Hotel Pullman sebagai tempat peristirahatan para delegasi juga diboyong menjadi fokus posko keamanan.

“Kami sudah siapkan satpam di tiga tempat ini dan semua aparat Polrestabes terlibat, dan kami juga sudah siapkan satpam untuk tempat wisata seperti mall, kebun binatang dan tempat kuliner yang kemungkinan akan dijadikan tempat wisata yang dikunjungi para delegasi, ” pungkasnya.

(gesek/bola)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button