Tiket KETEP PASS & Mantra - WisataHits
wisatahits

Tiket KETEP PASS & Mantra

Tiket KETEP PASS & Mantra

Harga tiket masuk Ketep Pass: Rp 10.500 – Rp 12.500. Jam buka: 08:00 – 17:00. Nomor Telepon : 08112640046 / 081802743722. Alamat : Jl. Blabak – Boyolali n° KM. 16, Ketep Pas, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56481.

Ketep Pass termasuk sebagai salah satu tempat wisata alam Magelang. Dari tempat ini pengunjung bisa melihat pemandangan alam dari ketinggian. Salah satu situs yang dapat diamati dari kawasan wisata ini adalah Gunung Merapi.

Berada di antara 2 gunung Merapi dan Merbabu menawarkan keindahan yang tiada duanya. Bahkan dari view Gadu tempat wisata ini pengunjung bisa melihat puncak 4 gunung. Yakni Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing.

Harga Tiket Masuk Ketep Pass

Untuk memasuki kawasan Ketep Pass dan Museum, pengunjung harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Berikut tarif masuk wisatawan lokal dan mancanegara serta tiket menggunakan fasilitas Ketep Pass.

Harga Tiket Masuk Ketep Pass
Tiket masuk dari Senin sampai Sabtu Rp 10.500
Tiket masuk pada hari Minggu dan hari libur nasional Rp 12.500
Tiket masuk ke bioskop Rp9.000

Baca: Tiket Masuk KRAGILAN PINE FOREST Magelang dan Selfie Spot

Bagi wisatawan mancanegara, silahkan baca artikel ini untuk informasi lengkap Ketep Pass (biaya masuk asing dan kegiatan utama).

Jam Buka Ketep Pass Magelang

Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari, buka dari pagi hingga sore hari. Baik hari kerja maupun akhir pekan.

Jam operasional
Jam buka 08.00 – 17.00

Aktivitas wisata di Ketep Pass Magelang

Panorama keindahan puncak gunung tentu menjadi hiburan utama bagi wisatawan yang datang ke sini. Selain tentunya udara segar dan keindahan alam kawasan wisata serta berbagai aktivitasnya. Berikut beberapa kegiatan wisata yang bisa dilakukan di sini.

Puncak 5 Gunung

Puncak Gunung Sindoro Sumbing dari Ketep PassKeindahan Puncak Gunung Sindoro Sumbing dari Ketep Pass. Foto: Google Maps/Iwan Kusnawan

Ketep Pass berada di lereng Merbabu dengan ketinggian 1.200 mdpl. Dari tempat ini, jika cuaca sedang cerah, Anda bisa melihat puncak Merapi. Sebagian besar sisa-sisa letusan yang terjadi pada tahun 2010 lalu. Pengunjung juga bisa melihat asam sulfat dari kubah lava Merapi.

Selain Gunung Merapi, dari kawasan wisata ini Anda juga akan melihat puncak 4 gunung lainnya. Gunung kembar Sindoro dan Sumbing, Gunung Slamet dan Gunung Merbabu dimana tempat wisata ini berada.

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan Wisata Lembah Sindoro Posong

Museum Vulkanologi dan Teater Vulkanik

Model gunung museum vulkanologiSelain keindahan alam, wisatawan juga bisa mengunjungi Museum Vulkanologi. Foto: Google Maps/Habib Subrata

Dengan menggunakan teropong, pengunjung yang ingin belajar vulkanologi juga bisa melihat Merapi dari dekat. Misalnya melihat bentuk setelah erupsi atau mempelajari ciri-ciri Merapi. Jika merasa kurang informasi, Anda bisa datang ke Ketep Vulcano Center.

Bangunan yang juga dikenal sebagai Museum Vulkanologi ini berbentuk lingkaran. Di dalam gedung ini terdapat miniatur Gunung Merapi, misalnya dari bebatuan sisa letusan. Selain itu, Museum Vulkanologi juga memiliki poster dan foto aktivitas Merapi dan peringatan dini lahar Merapi.

Pengunjung dapat mengunjungi bioskop mini yang menampilkan film dokumenter. Beberapa di antaranya dokumenter sejarah terbentuknya Merapi, penelitian Puncak Garuda, letusan Merapi. Film berdurasi 25 menit itu hanya bisa ditonton maksimal 78 pengunjung per sesi.

Baca: Keindahan Borobudur dari Punthuk Setumbu Magelang Tiket Masuk dan Aktifitas

Melihat alam lebih dekat

Pemandangan alam keep passPemandangan perbukitan di sekitar Ketep pass. Foto: Google Maps/Arif Budiman

Pengunjung bisa melihat pemandangan alam dari ketinggian di kawasan wisata ini. Ada 2 teropong yang bisa digunakan pengunjung untuk melihat lebih dekat. Teropong berada di atas gardu pandang Panda Arga dan Pandang. Beberapa pemandangan yang bisa dinikmati menggunakan teropong adalah Merapi, Andong, Merbabu.

Selain menggunakan teropong, pengunjung juga bisa melihat pegunungan dari dekat di pelataran Pancaarga. Dari lokasi tertinggi Ketep Pass ini akan terlihat jelas Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi, Merbabu, Slamet. Selain kelima gunung tersebut, beberapa situs lain yang bisa dilihat antara lain Gunung Tidar, Andong, Pring.

Wisatawan juga bisa menikmati pemandangan alam sekitar dari pos pengamatan. Panorama berupa hamparan lahan pertanian Merapi dan Merbabu dari belvedere seluas 4m2 ini. Selain itu, Anda bisa bersantai di pos pengamatan setelah berkeliling kawasan wisata.

Baca: Tiket Masuk Gereja Rhema Chicken Hill dan Aktivitas di Magelang

Matahari terbit dan terbenam di Ketep Pass

matahari terbit di atas gunung berapiSaksikan matahari terbit pagi di balik Gunung Merapi dari Ketep Pass.

Pengunjung bisa datang pagi-pagi sekali atau bahkan sore hari agar tidak terlalu panas. Di pagi hari, pengunjung dapat menyaksikan matahari terbit, udara segar, dan kabut tipis. Sedangkan pada sore hari, pengunjung bisa melihat sunset sambil menyantap jagung bakar.

Pengunjung dapat mengabadikan pemandangan alam melalui foto. Misalnya mengambil foto dengan tulisan “Ketep Pass”. Atau, jika cuaca cerah, latar belakang Gunung Merapi dan Merbabu bisa menjadi foto yang lebih baik. Pengunjung yang datang pada pagi atau sore hari bisa berfoto sambil menikmati sunset/sunrise.

Baca: Tiket Masuk Taman Wisata Papringan Magelang dan Spot Foto

Piknik dan permainan

Pengunjung yang membawa anak-anak bisa bermain di arena bermain. Ada berbagai permainan di taman ini. Salah satunya slide. Selain bermain seluncuran, anak-anak juga bisa lebih bebas berlarian di arena bermain.

Di sini pengunjung bisa piknik keluarga. Misalnya dengan membawa makanan sendiri dari rumah atau memesan dari warung makan. Sambil bersantai dengan piknik, pengunjung bisa menikmati udara yang lebih sejuk di sini.

Meditasi

Pengunjung bisa bermeditasi, terutama di pagi hari saat tempat wisata ini tidak terlalu ramai. Pengunjung dapat duduk dan bersantai di dek observasi atau gazebo dan bermeditasi. Udara pagi yang segar dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh. Apalagi jika sebelumnya tubuh dan pikiran cukup lelah akibat berbagai aktivitas seperti bekerja.

Reda

Tempat wisata ini menawarkan berbagai fasilitas tidak hanya untuk rekreasi tetapi juga untuk belajar. Selain toilet, warung makan, mushola juga ada museum vulkanologi, bioskop mini, teropong, halaman pancaarga. Ada juga pos pengamatan untuk melihat pemandangan alam di sekitar Ketep Pass dengan lebih leluasa.

Lokasi Ketep Pass Magelang

Obyek wisata ini terletak di Jl. Blabak-Boyolali KM. 16, Ketep Pass, Ketep, Sawangan, Magelang. Untuk informasi lebih lanjut, misalnya mengenai tiket masuk, bisa menghubungi 0811-2640-046. Atau hubungi 081-802-743-722.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button