Pekan Seni Budaya Nganjuk, generasi muda yang menyadarkan kembali keagungan budaya daerah - WisataHits
Jawa Timur

Pekan Seni Budaya Nganjuk, generasi muda yang menyadarkan kembali keagungan budaya daerah

SURYA.CO.ID, NGANJUK – Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Nganjuk menyelenggarakan Pekan Seni dan Budaya Daerah Nganjuk tahun 2022. Acara ini digelar untuk melestarikan budaya dan seni serta mengedukasi generasi muda tentang sejarah budaya Kabupaten Nganjuk.

Plt Bupati Nganjuk H. Marhaen Djumadi mengatakan: Nganjuk memiliki banyak ragam seni dan budaya yang perlu dilestarikan, apapun bentuk seni dan budayanya. “Mengingat, “Asor Luhur e Bangso Gumantung Ing Budoyo”. Oleh karena itu, seni budaya Nganjuk harus dilestarikan,” kata Marhaen, Minggu (27/11/2022).

Budaya juga bisa diartikan secara luas, kata Marhaen. Dimana budaya akan selalu mewarnai kehidupan manusia. Termasuk budaya perilaku, budaya kerja dan budaya seni dan lain-lain.

Melalui budaya yang baik, lanjutnya, cita-cita Nganjuk yang maju dan bermartabat diharapkan dapat terwujud. Itu kuncinya, Nganjuk Nyawiji, Guyup Rukun, Sae, Jaya Abadi, jelas Marhaen.

Sementara itu, Gunawan Widagdo, Plt Kepala Disporabudpar Nganjuk, mengatakan pihaknya berharap melalui pekan seni budaya daerah ini, seni budaya di Kabupaten Nganjuk dapat dinikmati dan terus lestari.

“Generasi muda harus mengetahui kearifan lokal nusantara yang luar biasa. Termasuk di Kabupaten Nganjuk,” kata Gunawan.

Kedepannya, kata Gunawan, Kabupaten Nganjuk juga akan merintis museum mini geopark prasejarah untuk melestarikan cagar budaya di Nganjuk. Meski pilot project ini masih dalam tahap penyelesaian karena nantinya Museum Geopark akan menjadi andalan wisata sejarah di Nganjuk.

“Tentu banyak sejarawan yang bisa belajar tentang kehidupan pada zaman dahulu kala di Kabupaten Nganjuk di Museum Geopark,” kata Gunawan. ****

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button