Sebanyak 19 warisan budaya takbenda Jawa Barat diakui - WisataHits
Yogyakarta

Sebanyak 19 warisan budaya takbenda Jawa Barat diakui

Depok, IDN Times – Sebanyak 19 ekspresi warisan budaya takbenda ditemukan dari Jawa Barat, sebagian besar di Indonesia. Hal itu disampaikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada acara Pekan Budaya Daerah Jabar di Alun-alun Kota Depok.

Selama menjabat, kata Ridwan Kamil, telah diakui 81 ekspresi warisan budaya takbenda Indonesia. Total warisan budaya takbenda Jawa Barat yang diakui mencakup 105 budaya.

“Tahun 2022, Jawa Barat telah mendapatkan pengakuan 19 warisan budaya takbenda dari 81 warisan selama saya menjabat,” ujar pria yang kerap disapa Kang Emil ini. kali IDNKamis (15/12/2022).

Baca Juga: 12 Makanan Khas Jogja yang Diakui sebagai Warisan Budaya Takbenda

1. Tari Topeng Cisalak merupakan bagian dari Warisan Budaya Tak Benda Jawa Barat

19 Ekspresi Budaya yang Kini Diakui di Jawa Barat, Terbanyak di Indonesia!Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan penambahan 19 aset budaya takbenda yang diakui milik Jawa Barat di Alun-alun Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Emil mengatakan bahwa hidup tidak selalu tentang perut atau ekonomi, tetapi juga membutuhkan bentuk ekspresi budaya. Dari 19 benda budaya takbenda yang diakui tahun ini, salah satunya berasal dari Kota Depok.

Dari 19 itu, salah satunya di Kota Depok, yakni Tari Topeng Cisalak, kata Emil.

Apresiasi dan pengakuan terhadap warisan budaya takbenda Jabar, kata dia, menunjukkan bahwa Jabar memiliki kekayaan budaya. “Posisi saya tinggal delapan bulan lagi, semoga bisa menghasilkan penghargaan dan menunjukkan banyak perubahan di waktu yang tersisa,” harap Emil.

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Baca Juga: 19 Produk Budaya Jawa Barat Ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda

2. Kondisi pariwisata membaik

19 Ekspresi Budaya yang Kini Diakui di Jawa Barat, Terbanyak di Indonesia!Berbagai budaya ditampilkan dalam Pekan Budaya Daerah Jawa Barat di Alun-alun Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Emil mengungkapkan, keadaan pariwisata di Jabar sudah kembali normal, bahkan lebih tinggi lagi. Hal ini membuat pemerintah provinsi Jawa Barat cukup kewalahan. Pemerintah provinsi telah merevitalisasi sejumlah tempat wisata di Jawa Barat.

“Destinasi wisata banyak yang direvitalisasi,” kata Emil.

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Polemik di SDN Pondok China 1 Tak Diperbaharui

3. Sepanjang tahun 2022, dua warisan budaya kota Depok diakui sekaligus

19 Ekspresi Budaya yang Kini Diakui di Jawa Barat, Terbanyak di Indonesia!Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ditantang sebagai bagian dari tradisi Kota Depok di Alun-alun Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, Pemkot Depok akan terus mengembangkan dan melestarikan budaya Kota Depok. Hingga akhir tahun 2022, Kota Depok telah memiliki dua warisan budaya takbenda yaitu Gong Si Bolong dan Tari Topeng Cisalak.

“Alhamdulillah kota Depok bangga. Semoga semakin banyak budaya yang dikenal di Indonesia ke depannya,” tutupnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button