Demi keselamatan di stasiun dan kereta api, perhatikan 6 hal penting ini! - WisataHits
wisatahits

Demi keselamatan di stasiun dan kereta api, perhatikan 6 hal penting ini!

Keselamatan dan keamanan harus menjadi prioritas dalam melakukan apapun.

Bagaimanapun, kehidupan manusia lebih berharga dari apapun dan harus terus berusaha untuk tidak disia-siakan hanya karena kelalaian.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk keselamatan di stasiun dan kereta apiBeberapa hal yang perlu diperhatikan untuk keselamatan di stasiun dan kereta api, foto: KAI.id

Terutama dalam dunia transportasi. Mobilitas manusia dari satu tempat ke tempat lain meningkatkan risiko kecelakaan.

Untuk itu, banyak pihak terutama pengelola moda transportasi terus berupaya meningkatkan kesadaran pelanggan agar pelanggan selalu berhati-hati dalam setiap langkahnya.

Semua merupakan upaya untuk mengurangi tingkat kecelakaan yang dapat menyebabkan cedera dan kematian.

Salah satunya adalah PT Kereta Api Indonesia (Persero), pengelola angkutan umum yang semakin hari semakin diminati.

Memang dalam penggunaan kereta api terdapat aturan penting terkait keselamatan yang masih sering dilanggar.

Dengan berbagai kemudahan yang bisa kita nikmati sebagai penumpang kereta api, bukan berarti kita bisa melakukan apapun yang kita inginkan saat bepergian dengan roda besi ini.

Oleh karena itu, penting untuk diingat kembali bagaimana aturan terkait keselamatan.

Agar aman sampai tujuan, beberapa pedoman keselamatan harus diikuti saat Anda berada di area stasiun atau kereta berikutnya.

Ketika Anda berada di stasiun

1. Penyeberangan Penumpang

Area jalur penumpang sangat rentan, sehingga keamanan tidak boleh asal-asalan.

Pelanggan juga harus disiplin dan berhati-hati saat melintasi rel.

Lihat ke kiri dan ke kanan, pastikan Anda bisa menyeberang dengan aman. Selalu ikuti instruksi dari agen jika Anda ingin menyeberang.

Garis kuning (safety line) di peron stasiun merupakan penanda batas aman menunggu kereta api saat berdiri dan menunggu kereta di stasiun.

Berdiri di belakang garis kuning sambil menunggu kereta untuk keselamatan Anda sendiri.

Karena jika berdiri di depan garis kuning akan sangat berbahaya, karena kereta api yang lewat dapat meniupkan angin yang cukup kencang dan berbahaya.

Untuk itu, penyiar stasiun terus mengingatkan penumpang untuk berdiri di belakang antrean.

Jika sebuah benda jatuh di atas rel dari platform yang ditinggikan, pengguna layanan kereta api dapat menghubungi agen untuk mengambilnya, jadi jangan mengambilnya sendiri.

2. Waspadai Kekurangan Platform

Prioritaskan keselamatan dengan memperhatikan celah platform saat berjalan.

KAI juga menghimbau kepada pelanggan untuk bergiliran saat hendak naik kereta dengan mengutamakan penumpang yang akan turun.

Ikuti aturan untuk keselamatan Anda dan orang lain.

3. Hati-hati dengan lantai yang licin

Lantai licin bisa berbahaya. Selain itu, orang tua yang sudah tidak memiliki keseimbangan yang baik dapat dengan mudah terpeleset karena lantai yang licin.

Oleh karena itu, penting bagi pengguna jasa kereta api di stasiun untuk lebih memperhatikan lantai yang licin.

Petugas kebersihan selalu menggunakan tanda peringatan jika ada lantai yang licin untuk meminimalkan risiko tergelincir.

Di kereta api

4. Larangan di Bordes

Tentu saja, semua orang tahu istilah pendaratan.

Bordes sendiri merupakan ruangan di ujung kereta untuk naik turun penumpang, ruangan ini juga merupakan akses untuk naik turun antar kereta.

KAI melarang pelanggannya berada di tempat pendaratan kecuali ke toilet.

Berdiri di tempat pendaratan kereta api dapat membahayakan keselamatan, terutama saat membuka pintu pendaratan kereta api.

Saat kereta sedang melaju, tentunya tekanan angin menjadi lebih tinggi. Kereta juga memiliki getaran dan osilasi yang tentunya akan mengganggu kestabilan Anda saat berdiri.

Selain itu, jika terjadi kecelakaan, zona pendaratan akan terkena dampak kerusakan terbesar. Selalu utamakan keselamatan saat bepergian.

5. Hati-hati jangan sampai terjepit pintu

Di kereta api, banyak stiker yang menghimbau keselamatan penumpangnya, antara lain larangan merokok, himbauan untuk tidak tidur di lantai kabin/landasan kereta, serta peringatan pintu diblokir.

Setelah masuk atau keluar kabin kereta, baik ingin ke toilet, kereta depan atau belakang, atau gerbong makan, pastikan Anda telah menutup pintu kabin kereta dan selalu berhati-hati agar tidak ketahuan.

Hal ini tentunya dapat menjaga kenyamanan di dalam kabin kereta api, selain mampu meredam kebisingan, tentunya juga dapat menjaga suhu lingkungan kabin tetap sejuk selama perjalanan.

6. Peringatan terhadap makanan/minuman panas

Perjalanan kereta api jarak jauh biasanya memakan waktu lama. Oleh karena itu, tidak jarang kita pasti lapar di tengah jalan.

Saat lapar menyerang, Anda bisa memesannya saat Prama dan Prami lewat. Selain itu, Anda juga bisa langsung menuju ke gerbong makan di tengah rangkaian.

Di gerbong makan, ada banyak jenis menu yang pastinya menggiurkan. Selain bisa makan di tempat, makanan atau minuman yang Anda pesan juga bisa dinikmati di kabin penumpang.

Namun, saat membawa makanan atau minuman panas, berhati-hatilah agar tidak tumpah dan menabrak pelanggan lain.

Mengutamakan kenyamanan bersama agar perjalanan kereta api berjalan lancar, termasuk dalam hal katering.

Ini adalah beberapa saran saat menggunakan kereta api. Hal ini tentunya bertujuan agar Anda tetap aman, nyaman, dan aman hingga tiba di stasiun tujuan.

Mari kita tetap aman bersama!

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button