Gili Ketapang Probolinggo - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Gili Ketapang Probolinggo – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp95.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sapia, Gili Ketapang, Kec. Sumberasih, Kab. Probolinggo, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Wisata alam menawarkan liburan yang berbeda dengan wisata lainnya. Salah satu ciri khasnya adalah jauh dari hiruk pikuk kota yang membuat pikiran lebih tenang. Jika Anda mencari tempat wisata yang memiliki pemandangan indah seperti Gili di Lombok, Anda bisa mengunjungi Gili Ketapang di Probolinggo. Ingin tahu lebih banyak tentang wisata bahari terindah di Jawa Timur? Yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Daya Tarik Pulau Gili Ketapang

Aktivitas di Gili KetapangKredit gambar: Google Maps Rio Wija

Pesona Gili Ketapang di Probolinggo terlihat melalui pantai pasir putih dan keindahan pantainya. Pasir di tempat ini terlihat halus dan lembut, karena area ini sangat bersih. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang tertarik untuk berlibur di pulau kecil ini. Banyak titik yang digunakan khusus untuk berfoto, sehingga tempat ini menjadi destinasi yang tepat bagi Anda yang sedang mencari foto saat berlibur.

Tak hanya indahnya pasir putih atau birunya air pantai yang memanjakan mata, keindahan bawah lautnya pun tak kalah menarik untuk diburu. Ikan-ikan cantik dan lucu berwarna cerah yang merayap di atas terumbu karang adalah pemandangan yang sayang untuk dilewatkan. Jadi pastikan untuk membawa kamera terbaik untuk mengabadikan setiap momen liburan di Gili Ketapang.

Objek wisata ini tidak hanya fokus pada keindahan alamnya saja, keramahan masyarakat sekitar juga menjadi keuntungan selanjutnya yang akan didapatkan pengunjung. Mengunjungi tempat ini akan membuat Anda merasa seperti di rumah sendiri. Mereka melayani wisatawan dengan baik. Dengan luas hingga 68 hektar, pulau kecil ini berpenduduk kurang lebih 7.600 jiwa.

Alamat dan Arah Lokasi Gili Ketapang

Alamat Gili KetapangKredit gambar: Google Maps Rio Wija

Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Probolinggo, Jawa Timur. Jadi perjalanan pertama untuk sampai ke tempat ini, Anda harus mengambil arah ke Probolinggo. Jika Anda datang dari Malang, Surabaya dan sekitarnya, Anda bisa mengambil jalan Probolinggo melalui kabupaten Pasuruan. Setelah melewati jalan menuju kota Probolinggo, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan mengambil jalan menuju Pantura yang nantinya akan melewati pinggir laut.

Rute ini akan mengarahkan Anda ke pelabuhan tembaga Probolinggo. Sedangkan jika Anda datang dari wilayah selatan yang meliputi Lumajang, Jember dan sekitarnya, Anda bisa mengambil jalan ke pusat kota Probolinggo atau ke alun-alun kota. Kemudian Anda dapat mengambil jalan ke utara sampai Anda menemukan pelabuhan Probolinggo. Namun, jika Anda datang dari Bondowoso, Situbondo dan sekitarnya, Anda bisa mengambil jalur Pantai Utara.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa naik angkutan umum menuju terminal atau stasiun Probolinggo. Kemudian Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Tanjung Tembaga. Namun, jika Anda berlibur bersama keluarga, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi. Setelah sampai di pelabuhan Tanjung Tembaga, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan kapal untuk sampai ke Gili Ketapang Probolinggo.

Biaya Perjalanan ke Gili Ketapang Probolinggo

Biaya mengunjungi Gili KetapangKredit gambar: Google Maps Bayhaqi Ahmad

Saat berlibur di suatu tempat, tentunya Anda juga mencari tahu mengenai biaya untuk masuk ke tempat wisata tersebut. Dengan mengunjungi Gili Ketapang sendiri, Anda tidak dipungut biaya apapun atau bisa dikatakan gratis. Namun, melewati pelabuhan Probolinggo, Anda harus membayar tiket masuk sekitar dua ribu rupiah per orang. Sedangkan untuk biaya penyeberangan ke pulau Gili Ketapang dengan harga dua puluh ribu rupiah.

Biaya parkir motor di pelabuhan adalah lima ribu rupiah dan jika membawa mobil, biaya parkirnya lima belas ribu rupiah. Namun, untuk menikmati lebih banyak jalan-jalan, Anda bisa memilih menggunakan paket wisata. Biasanya harga yang ditawarkan sangat bervariasi, mulai dari Rp 95.000 hingga Rp 150.000 per orang. Namun, untuk perjalanan yang terorganisir ini, lebih cocok jika Anda berlibur bersama rombongan.

Selain itu, ketika memilih perjalanan yang terorganisir, Anda harus memperhatikan jadwal kegiatan dan beberapa ketentuan lainnya. Namun perlu diketahui bahwa waktu penyeberangan ke tempat wisata ini bukan dua puluh empat jam, dimana pelabuhan hanya buka dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Dengan demikian, jam buka wisata ini juga mengikuti jam buka pelabuhan. Karena itu, Anda harus mengunjunginya saat port masih terbuka.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Gili Ketapang

Aktivitas di Gili KetapangKredit gambar: Google Maps Humada Alfian

Berkunjung ke tempat wisata ini tentunya banyak hal yang bisa Anda lakukan. Dari menikmati keindahan pantai hingga berenang di pantai. Namun dari sekian banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini, aktivitas yang menjadi andalan para wisatawan adalah snorkeling. Apalagi Gili Ketapang menawarkan keindahan bawah laut yang menakjubkan. Salah satu ikan yang bisa Anda temukan saat snorkeling di sini adalah ikan nemo.

Setidaknya ada sekitar 20 meter yang merupakan area snorkeling untuk menyaksikan pesona bawah laut Gili Ketapang. Anda tidak perlu khawatir jika kesulitan menemukan spot yang tepat untuk snorkeling, karena masyarakat setempat sangat mengetahui beberapa spot yang memiliki pemandangan keren. Ini adalah salah satu keuntungan bagi Anda ketika Anda mengunjungi tempat wisata ini.

Spot foto dengan blok persegi panjang menjadi salah satu poin utama wisatawan untuk mengabadikan momen saat snorkeling di Gili Ketapang. Ada tulisan-tulisan menarik yang bisa Anda temukan seperti Selamat Datang di Gili Ketapang, Kapan Berkunjung ke Gili Ketapang dan tulisan-tulisan unik lainnya. Penempatan balok-balok ini juga telah disesuaikan dengan keadaan terumbu karang, sehingga keberadaannya tidak mengganggu biota laut yang hidup di sana.

Akomodasi di Gili Ketapang Probolinggo

Akomodasi Gili KetapangKredit gambar: Google Maps Rio Wija

Jika Anda berasal dari daerah yang dekat dengan Probolinggo, tentunya Anda tidak membutuhkan tempat menginap selama berlibur di tempat ini. Namun, banyak wisatawan merasa tidak cukup menghabiskan satu hari di Gili Ketapang, sehingga mereka memutuskan untuk bermalam. Bagi Anda yang juga ingin bermalam di sana, tersedia akomodasi homestay di sekitar Pantai Gili Ketapang Probolinggo.

Banyak wisatawan juga lebih memilih untuk berkemah di pantai. Sedangkan dengan mendirikan tenda, Anda bisa menikmati alam sekitar Gili Ketapang pada malam hari. Tentunya akan sangat menyenangkan, apalagi jika Anda sedang berlibur bersama keluarga atau bersama orang-orang terdekat. Namun, itu semua kembali ke selera Anda, lebih memilih untuk tinggal dengan penduduk setempat atau berkemah.

Fasilitas yang tersedia di Gili Ketapang

Fasilitas Gili KetapangKredit gambar: Google Maps Bayhaqi Ahmad

Mengunjungi tempat wisata dengan sarana dan prasarana yang lengkap tentunya dapat menunjang kegiatan di tempat wisata. Di Gili Ketapang sendiri sudah disediakan fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari parkir, homestay dan spot foto menarik. Ada juga warung makan di sekitar pantai yang bisa Anda kunjungi untuk menghilangkan rasa lapar. Jika Anda ingin menikmati liburan yang lebih seru, Anda bisa memilih paket snorkeling yang berbeda.

Fasilitas untuk snorkeling sangat lengkap, jadi anda tidak perlu khawatir membawa peralatan snorkeling dari rumah. Selain itu, pemandu snorkeling yang berpengalaman akan memandu Anda untuk menikmati keindahan bawah laut pulau ini, termasuk menunjukkan tempat snorkeling terbaik. Selain itu, ada juga spot memancing bagi kamu yang ingin merasakan serunya menangkap ikan di pulau ini.

Fasilitas lainnya termasuk banana boat dan perahu motor. Berkunjung ke tempat wisata ini tidak akan mengecewakan Anda dengan berbagai fasilitas yang sudah tersedia di tempat wisata ini. Namun, untuk menikmati beberapa fasilitas, Anda harus membayar biaya tambahan seperti banana boat dan snorkeling. Tentunya sayang untuk dilewatkan jika Anda jauh dari Pulau Gili Ketapang tanpa mencoba berbagai aktivitas seru di sana.

Berkunjung ke Gili Ketapang merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang menyukai snorkeling, karena tempat ini menawarkan keindahan terumbu karang dan hewan bawah laut. Jika Anda ingin menikmati liburan yang lebih nyaman, Anda dapat memilih paket wisata yang ditawarkan oleh banyak layanan wisata dan perjalanan. Karena Anda hanya perlu membayar biaya akomodasi satu kali, di penginapan. Namun hal itu tidak menjadi masalah jika Anda ingin menikmati liburan Anda sebagai seorang backpacker.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button