Tiket GUNUNG ANDONG dan jalur pendakian yang mudah - WisataHits
wisatahits

Tiket GUNUNG ANDONG dan jalur pendakian yang mudah

Harga tiket masuk Gunung Andong : Rp 20.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat : Girirejo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, -.

Mendaki gunung tampaknya mulai populer sebagai kegiatan rekreasi di Indonesia. Banyak anak muda mencoba dan akhirnya menikmati kegiatan ini. Tren ini tidak terlepas dari banyaknya pilihan lokasi hiking yang ada. Salah satu yang paling populer adalah Gunung Andong di Magelang, Jawa Tengah.

Gunung Andong dikenal bersahabat dengan pendaki pemula. Medan pendakiannya tidak terlalu sulit. Namun, pengalaman dan sudut pandang yang dihadirkan bisa menandingi Merbabu atau Sindoro.

Tiket masuk Gunung Andong

Mendaki gunung secara resmi tunduk pada hak kunjungan. Di Gunung Andong sendiri, biaya sidang sebesar 20.000 rupee. Tarif tersebut belum termasuk biaya parkir dan kebutuhan lainnya.

Biaya masuk
Tiket simaksi / orang Rp 20.000

Baca: Tiket Masuk SILANCUR HIGHLAND Magelang dan Berbagai Aktivitasnya

Jam buka

Pada dasarnya eskalasi bisa dilakukan kapan saja seperti halnya posko pendaftaran. Jadi yang mau mendaki harus memperhatikan hal ini.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Gunung Andong punggung naga

Gunung Andong merupakan salah satu dari deretan gunung api yang ada di Jawa Tengah. Memiliki ketinggian setidaknya 1.726 meter di atas permukaan laut. Adapun bentuknya tergolong tameng yang memanjang. Maka tak heran jika puncaknya terdiri dari empat bagian yang berbeda.

Dengan ketinggian hanya di bawah dua ribu meter, tak butuh waktu lama untuk mencapai puncak. Medan pendakiannya tidak terlalu sulit, tapi juga tidak mudah. Tak heran jika gunung ini menjadi tujuan para pendaki pemula hingga profesional. Masih banyak alasan lain yang membuat gunung ini layak untuk dicoba.

Baca: GUNUNG LAWU: Tiket Masuk dan 5 Jalur Pendakian

Lima entri

Gunung Andong di Magelang, Jawa TengahPanorama Gunung Andong dilihat dari jauh – Foto: Google Maps/Info Andong

Jangan bingung jika Anda baru pertama kali mendaki Gunung Andong. Ada beberapa pintu masuk dari berbagai arah yang tersedia untuk calon pendaki. Tidak tanggung-tanggung, ada enam base camp yang dibuka sebagai titik awal perjalanan.

Empat base camp berlokasi di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Keempat titik tersebut adalah Dusun Sawit, Dusun Pendem, Dusun Gugik dan Dusun Temu. Selain itu, dua base camp lainnya berada di kawasan Grabag. Dan yang terakhir adalah Base Camp Dusun Kudusan dan Dusun Sekararum Kembangan.

Baca: 14 Wisata Gunung Terbaik di Jawa Tengah

Base camp paling populer hingga saat ini adalah Taruna Jaya Giri. Lokasi adalah di desa pohon palem. Pemula sangat disarankan untuk memulai pendakian dari sini.

Lokasi Gunung Andong dapat ditempuh dari berbagai arah. Wilayah selatan adalah Yogyakarta, Ketep, Magelang dan Purworejo. Jalur utara meliputi Semarang, Salatiga, Ungaran, Boyolali dan Solo. Sedangkan dari arah barat dapat diakses melalui Grabag, Wonosobo, Secang, Temanggung dan Parakan.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Watu Gunung Ungaran

Infrastruktur lengkap

Pendaki berpose sebelum berangkatSalah satu gerbang pendakian Dusun Sawit – Foto: Google Maps/Dita Arr

Hal lain yang membuat wisatawan betah adalah fasilitas lengkap yang tersedia. Hampir setiap pos memiliki warung atau tempat istirahat. Jika belum terbiasa, pendaki pemula bisa beristirahat dengan mudah dan nyaman di sini.

Warung serupa juga bisa ditemukan di kawasan puncak. Para pendaki yang berkemah di puncak tak perlu khawatir kehabisan jatah di sini.

Base campnya sendiri menawarkan fasilitas lengkap. Tersedia beberapa toilet, area parkir dan mushola. Ada juga penginapan di sekitar base camp bagi yang tidak berminat berkemah. Relawan Basecamp tak segan-segan membantu para pendaki agar lancar.

Baca: GUNUNG SUMBING: Tiket Masuk dan 4 Jalur Pendakian

Jalur pendakian hanya 3 jam

Ikuti jalur hutan Gunung AndongMedan pendakian pun cocok untuk pemula – Foto: Google Maps/Bernard Rouhi

Alih-alih menghabiskan waktu berjam-jam seperti gunung lainnya, di sini pendaki bisa bersantai. Karena tanpa terburu-buru, pendaki bisa mencapai puncak hanya dalam waktu 3 jam. Waktu tempuh tercepat sekitar dua jam.

Itu karena jalur pendakian yang ramah. Kebanyakan dari mereka adalah jalur sempit hutan pinus. Meski sempit dan menanjak, namun cenderung teduh dan tidak terjal. Sedangkan mata air juga bisa ditemui di tengah perjalanan.

Jalur pendakian yang pendek ini membuat berkemah tidak selalu menjadi pilihan. Karena pendaki bisa mulai mendaki dari jam 3 pagi untuk mengejar matahari terbit. Dengan banyaknya tempat istirahat, rasa lelah bisa dihindari.

Selalu ramai

Matahari terbenam yang menakjubkan dari puncak Gunung AndongDeretan tenda yang memenuhi salah satu sisi area puncak Gunung Andong – Foto: Google Maps/M Talifun

Short course, medan mudah, fasilitas lengkap. Apalagi pemandangan alamnya juga menakjubkan. Itulah beberapa alasan mengapa Gunung Andong tidak pernah sepi untuk dikunjungi.

Sesampainya di puncak, mereka yang baru mendaki mungkin akan sedikit terkejut. Pasalnya, kawasan pegunungan akan penuh seperti pasar. Puluhan tenda warna-warni bertebaran di setiap lahan datar yang ada. Para turis berlomba-lomba mencari spot foto terbaik.

Keempat puncak Gunung Andong tersebut adalah Makam Puncak, Andong, Jiwa dan Alap-Alap. Keempat puncak ini berbaris dan membuatnya terlihat seperti “punggung naga”. Selama ini Puncak Jiwa umumnya menjadi tempat berkemah favorit. Sedangkan Puncak Andong yang lebih tinggi menjadi spot yang tepat untuk selfie.

Di hari yang cerah, sejauh mata memandang, hanya ada alam. Anda akan melihat siluet pegunungan seperti Telomoyo, Merbabu, Prau dan Sindoro. Semua ini dipadukan dengan pemandangan hamparan “ladang awan” yang menakjubkan.

Baca: Tiket Masuk GUNUNG MERBABU dan 5 Jalur Pendakian

Memasang Gunung Andong

Base Camp Pendakian Gunung Andong sudah memiliki fasilitas yang memadai. Ada toilet, mushola dan warung. Sekitar tempat penampungan ada juga akomodasi bagi mereka yang memilih untuk tidak berkemah. Selain itu, di beberapa posko, Anda akan menemukan stan-stan yang dilengkapi tempat istirahat.

Lokasi Gunung Andong

Secara administratif, Gunung Andong termasuk dalam wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini dekat dengan perbatasan Kabupaten Semarang. Angkutan umum yang tersedia adalah bus antar provinsi.

Pilih bus yang menuju terminal Magelang dan lanjutkan dengan minibus menuju Salatiga. Turun di pasar Ngablak lalu naik ojek menuju base camp terdekat yaitu Dusun Sawit. Anda juga bisa memilih rental mobil langsung dari terminal Magelang.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button