Pulau Samalona, ​​Wisata Bahari yang Eksotis di Makassar - WisataHits
wisatahits

Pulau Samalona, ​​Wisata Bahari yang Eksotis di Makassar

Kekayaan nusantara sebagai negara bahari dapat dilihat di pulau Samalona, ​​sebuah wisata bahari yang eksotis di Makassar. Pulau yang indah siapa menawarkan melihat alam yang menawan.

Harga tiket: Rp20.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Lae-Lae, Distrik. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan; Kasus: Cek lokasi

Menikmati keindahan alam yang eksotis sangat ampuh memanjakan mata dan pikiran. Pulau Samalona merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menjanjikan panorama laut lengkap yang megah. Laut biru berpadu dengan pasir putih dan udara pantai yang menyegarkan akan menjadi tempat terbaik untuk menghabiskan waktu bersantai.

Samalona adalah sebuah pulau kecil yang secara geografis terletak di Selat Makassar, sedikit di barat daya pantai Sulawesi Selatan. Daerah yang paling dekat dengan pulau ini adalah kabupaten Wajo, hanya berjarak sekitar dua kilometer. Secara administratif, Pulau Samalona masih termasuk dalam wilayah Kota Makassar.

Pulau cantik ini sudah lama dikenal sebagai salah satu surga laut asli Makassar. Keindahan alamnya telah mengundang banyak wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke pulau ini. Terbukti setiap musim liburan tiba, pulau ini tak luput dari daftar destinasi liburan. Berikut ini adalah gambaran singkat tentang Pulau Samalona yang mungkin akan memukau setiap pengunjung.

Eksotisme Wisata Bahari di Pulau Samalona

Eksotisme Pulau SamalonaKredit gambar: Google Maps Reyhan Aes

Pulau Samalona merupakan daratan yang tidak terlalu besar di tengah Selat Makassar. Luas pulau ini hanya sekitar 2,34 hektar. Meski tidak besar, setiap sudut pulau ini memiliki eksotisme luar biasa yang mampu memukau wisatawan.

Daratan sebagian besar didominasi oleh pasir pantai yang khas berwarna putih. Di beberapa tempat, Anda dapat menemukan pohon yang menunjukkan perasaan sejuk. Jadi meskipun panas, pohon-pohon ini akan menaungi Anda sehingga Anda tidak kepanasan.

Pulau ini juga memiliki gugusan terumbu karang yang sangat indah, Anda bisa melihatnya langsung di perairan sekitar pulau. Pulau Samalona memang ditahbiskan sebagai destinasi wisata, jadi populasinya tidak seberapa. Hanya 82 orang yang tinggal di pulau itu.

Sebagian besar warga mencari nafkah sebagai pengelola destinasi, seperti berjualan makanan, oleh-oleh, atau membimbing wisatawan yang berkunjung. Penduduk setempat yang ramah dengan wisatawan dari luar daerah, menciptakan interaksi yang nyaman.

Tempat wisata utama pulau Samalona

Tempat Wisata Pulau SamalonaKredit Gambar: Google Maps Ryan Leonard

Samalona kaya dengan keindahan alam yang masih alami. Jadi, jika kita berbicara tentang daya tarik utama pulau ini, maka jawabannya lebih dari satu. Pertama-tama, Pulau Samalona memiliki hamparan pasir putih halus yang bersentuhan dengan kulit. Anda juga bisa bermain sepuasnya di pasir pantai sambil menikmati semilir angin.

Kedua, pulau eksotis ini memiliki kekayaan laut yang melimpah. Mungkin inilah yang membuat Samalona menjadi salah satu destinasi wisata bahari terpopuler di Makassar. Dilihat dari bibir pantai, birunya laut akan sangat memanjakan mata. Jika Anda mendekat, Anda akan melihat surga alam yang tersembunyi di bawah permukaan air.

Pulau Samalona diberkati dengan gugusan terumbu karang yang menjadi rumah bagi berbagai biota laut. Anda harus menyelam untuk melihatnya secara langsung. Di laut ini juga terdapat peninggalan kapal-kapal bersejarah dari masa Perang Dunia Kedua.

Kapal ini konon tenggelam, dan sekarang bangkai kapal itu menjadi rumah bagi ikan-ikan kecil. Ada yang disebut kapal Haru, yaitu kapal perang milik tentara Jepang yang saat itu tenggelam di perairan pulau ini. Kapal ini bisa dilihat di kedalaman 30 meter.

Selain itu, ada juga kapal perang bernama Lancaster Bomber, Hakko Maru dan lain-lain. Sedikitnya ada tujuh kapal yang bangkainya masih berada di bawah laut di dekat Pulau Samalona. Anda dapat melihatnya jika Anda menyelam sedikit lebih dalam.

Jika Anda bisa berenang dengan baik, sangat penting untuk mencoba snorkeling di perairan sekitar pulau kecil ini. Anda akan menemukan ikan dari berbagai spesies. Ada juga biota laut lain yang tersembunyi di balik terumbu karang. Semua ini akan menjadi pemandangan menawan yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Jika Anda tidak bisa berenang, tidak perlu khawatir karena masih banyak hal yang bisa dilakukan di Pulau Samalona. Anda bisa menyewa banana boat untuk mengarungi perairan pantai selama 15 menit. Anda juga dapat mengunjungi reruntuhan vila Belanda yang memiliki nilai sejarah tinggi di pulau ini, karena usianya yang sudah seabad.

Keunikan lain dari pulau cantik ini adalah penduduk yang tinggal di sana memiliki wajah yang mirip satu sama lain. Mereka dikatakan berasal dari garis keturunan yang sama, sehingga wajah dan fisik masing-masing hampir identik.

Panorama yang disuguhkan oleh pulau Samalona

Panorama pulau SamalonaKredit gambar: Google Maps Cecilia Budiman

Anda mungkin bertanya-tanya seperti apa panorama yang ditawarkan pulau Samalona sehingga menjadikannya istimewa? Bayangkan Anda berada di sebuah daratan kecil di tengah lautan yang didominasi oleh pasir putih, sehingga lingkungan sekitar hanya terlihat biru dan langit cerah. Inilah panorama bahari yang terdapat di Samalona.

Anda bisa menjelajahi alam Pulau Samalona di darat dan air. Pepohonan rindang yang menaungi sebagian pulau membuat suasana tidak terlalu panas. Di pulau ini juga terdapat makam kuno milik suku Bajoe yang biasa digunakan sebagai tempat ziarah.

Berbagai fasilitas tersedia di Pulau Samalona

Fasilitas Pulau SamalonaKredit Gambar: Google Maps Islam Nsr

Meski letaknya jauh dari pulau utama, fasilitas yang tersedia di Samalona sangat lengkap. Sejak 2012, pemerintah telah bekerja sama dengan masyarakat lokal dan investor untuk mengembangkan pulau ini menjadi tujuan utama. Oleh karena itu, fasilitas wisata terus dioptimalkan.

Di pulau ini terdapat ruang terbuka dengan pantai berpasir yang dapat digunakan pengunjung untuk bersantai atau berjemur. Di pasir yang lembut ini Anda bisa melakukan voli pantai dan aktivitas menarik lainnya.

Tak hanya itu, di Pulau Samalona juga terdapat gazebo yang bisa dijadikan area pementasan. Bagi Anda yang ingin mencicipi makanan laut dan berbagai makanan khas Samalona, ​​penduduk setempat telah membuka toko.

Seafood olahan segar disajikan dalam berbagai menu lezat yang menggugah selera. Sambil menyantap makanan lezat, Anda bisa melihat laut biru di kejauhan. Belum lagi, toilet dan mushola juga tersedia di sekitar pulau.

Selain itu, ada juga tempat yang menyediakan peralatan snorkeling untuk disewakan. Jika Anda ingin menjelajahi dunia bawah laut Samalona namun tidak membawa perlengkapan apapun, Anda bisa menyewanya dengan harga yang berbeda-beda.

Di sepanjang Pantai Samalona juga terdapat tenda payung bagi anda yang ingin berjemur. Menjelajahi pulau eksotis ini tidak cukup sehari saja, jadi jika ingin bermalam, sudah tersedia penginapan.

Biasanya wisatawan memilih menginap karena ingin menyaksikan sunset dan sunrise di lepas pantai. Tentunya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan jika bisa melihat golden hours di langit Pulau Samalona yang didominasi rona jingga kemerahan.

Akses dan akomodasi ke pulau Samalona

Akses ke Pulau SamalonaKredit gambar: Google Maps Andi Muhammad Arief Rahmat Syah

Untuk sampai ke Pulau Samalona, ​​seseorang harus menempuh perjalanan laut karena terletak di tengah Selat Makassar di Sulawesi Selatan. Di sekat Pantai Losari terdapat dermaga yang menawarkan persewaan perahu motor di pulau tersebut. Anda dapat menggunakan akomodasi ini atau mengambil perahu yang lebih besar jika dapat menampung lebih banyak orang.

Ada perahu motor yang khusus diperuntukan untuk pribadi dan umum. Jika Anda menyewa perahu motor pribadi, kendaraan ini akan menemani Anda hingga akhir perjalanan. Sedangkan untuk kapal motor umum, setelah melakukan pemberangkatan akan kembali menjemput penumpang lainnya. Tarif sewa kedua jenis perahu motor ini tentu saja berbeda.

Perjalanan di laut memakan waktu sekitar 30 menit dari awal di dermaga. Namun, perjalanan ini tidak akan terasa lama karena Anda akan dimanjakan oleh air biru zamrud Selat Makassar.

Sebaiknya Anda berkunjung saat cuaca bagus agar tidak ada ombak yang mengganggu perjalanan. Setelah hampir tiba, Anda akan melihat dari kejauhan sebuah pulau kecil yang didominasi pepohonan hijau dan pasir putih. Ini adalah pulau Samalona.

Begitu perahu motor berhenti, Anda akan disambut dengan pasir yang lembut. Ada dermaga kecil yang biasanya menjadi tempat berhenti dan berangkatnya perahu motor.

Biaya perjalanan ke Pulau Makassar yang indah

Biaya Wisata Pulau SamalonaKredit gambar: Google Maps Cuba Stanosz

Untuk mengunjungi pulau Samalona, ​​umumnya tersedia beberapa paket. Ini karena sebagian besar wisatawan enggan berurusan dengan biaya masuk, penginapan, dan penginapan secara terpisah. Umumnya, mereka menyewa agen perjalanan di Makassar untuk mengatur segala kebutuhan mereka.

Jika ditentukan, biaya masuk ke Samalona gratis. Tapi Anda harus mengeluarkan uang untuk kebutuhan lain. Misalnya, untuk akomodasi dari Makassar ke Pulau Samalona, ​​Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp 400.000-Rp. 500.000 karena Anda harus naik perahu untuk menyeberangi laut.

Setelah itu, ketika mencoba fasilitas pulau seperti snorkeling, speedboat, dll, Anda harus mengeluarkan anggaran mandiri. Tidak apa-apa jika tidak membawa perlengkapan menyelam, di pulau ini sudah ada yang menyediakan jasanya. Anda bisa menyewa untuk diving atau snorkeling seharga Rp 50.000 hingga Rp 100.000.

Itulah sekilas tentang destinasi wisata di Pulau Samalona yang berhasil merebut hati banyak wisatawan. Bagi Anda yang berkunjung ke Makassar, sempatkan untuk singgah sejenak di pulau eksotis ini. Anda tidak akan bisa menghapus keindahan panorama dari ingatan Anda. Tempat ini juga cocok dikunjungi bersama orang terdekat atau kerabat.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button