Tiket dan Mantra Candi Ratu Boko - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Mantra Candi Ratu Boko

Tiket dan Mantra Candi Ratu Boko

Harga tiket masuk Ratu Boko: Rp 20.000 – Rp 85.000. Jam buka: 07:00 – 17:00. Nomor Telepon: 0274496406. Alamat: Jl. Raya Piyungan – Prambanan No.KM.2, Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55572.

Candi Ratu Boko masih dalam pengelolaan yang sama dengan candi Borobudur dan Prambanan. Tempat wisata ini sendiri sebenarnya bukan candi, melainkan kompleks kerajaan. Kerajaan masa lalu yang kini telah runtuh.

Dan kawasan Ratu Boko merupakan peninggalan reruntuhannya. Karena berupa reruntuhan bangunan batu, banyak wisatawan menyebutnya candi. Selain itu, wisata Ratu Boko sering dipadukan dengan Prambanan dan Borobudur.

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko

Harga tiket masuk wisata Ratu Boko masih terjangkau. Pengunjung juga bisa memilih paket wisata bersama candi Prambanan atau Borobudur. Dan ada diskon untuk turis dalam perjalanan studi sekolah.

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko
Tiket masuk Usia 10 tahun ke atas (termasuk asuransi Rp 500 per orang) Rp40.000
Tiket masuk Usia 3 – 10 tahun (termasuk asuransi Rp 500 per orang) Rp 20.000
Tiket masuk study trip (dilengkapi dengan surat motivasi dari sekolah/universitas, minimal 20 orang) Rp 20.000
Tiket Masuk Kanal Ratu Boko – Candi Prambanan (Termasuk Fasilitas Shuttle)
Tiket masuk Usia 10 tahun atau lebih Rp 85.000
Tiket masuk Usia 3 – 10 tahun Rp40.000
Tiket Masuk Kanal Ratu Boko – Candi Borobudur
Tiket masuk Usia 10 tahun atau lebih Rp 75.000
Tiket masuk Usia 3 – 10 tahun Rp35.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas CANDI DE PRAMBANAN

Syarat mengunjungi Candi Ratu Boko :

  • Telah melakukan setidaknya dosis pertama vaksin.
  • Miliki aplikasi PeduliLindungi.
  • Di area pura, Anda harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.
  • Anak-anak bisa masuk ke kawasan wisata asalkan orang tuanya sudah divaksinasi.

Jam Buka Candi Ratu Boko

Wisatawan dapat mengunjungi objek wisata ini setiap hari. Dan bisa menikmati serunya traveling dari pagi hingga malam hari. Karena tempat wisata ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore.

Jam buka
Tiket 07.00 – 17.00
Liburan 08.00 – 17.00

Jelajahi situs bersejarah Ratu Boko

Halaman hijau di wilayah Ratu Boko. Foto: Gmap/Holger Bauer

Letak Ratu Boko berada di selatan Candi Prambanan, sekitar 3 km. Berada di ketinggian 195 mdpl, tempat wisata ini menawarkan pemandangan yang indah. Ratu Boko berupa kerajaan yang runtuh sebenarnya adalah sebuah istana, Kraton Ratu Boko.

Istana ini milik Ratu Boko, ayah dari Lara Jonggrang. Dengan perkiraan didirikan sejak abad ke-8 oleh dinasti Syailendra. Yang memiliki asal Buddhis.

Kemudian Kraton Ratu Boko diambil alih oleh raja-raja Mataram Hindu. Akibat perpindahan kepemilikan, bangunan Kraton Boko mendapat pengaruh dari agama Hindu dan Budha. Maka jangan heran jika ada yang menyebut candi Budha atau candi Hindu.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Candi Borobudur

Bagian pintu ikonik

Gerbang masuk ke situs Ratu BokoCandi Ratu Boko. Foto: Gmap/Yudhie Arthasatya

Di bagian barat pengunjung akan menemukan pintu masuk ke kawasan wisata Ratu Boko. Pintu-pintu ini dikelompokkan menjadi satu dan berdiri di tempat yang cukup tinggi. Dari tempat parkir, pengunjung harus berjalan sekitar 100 meter untuk sampai ke sana.

Pintu masuk terdiri dari pintu luar dan pintu dalam, pintu dalam adalah pintu utama. Sekitar 15 meter dari pintu luar, terdapat pintu utama. Dimana terdiri dari 5 pintu Paduraksa yang sejajar dengan pintu luar.

Total ada lima pintu. Meski begitu, tangga hanya menyambung ke tiga pintu. Sedangkan pintu kecil yang mengapitnya tidak tersambung. Pada setiap anak tangga dilengkapi dengan gulungan ukel dan ornamen raksasa di bagian atasnya.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas di Candi Gedong Songo

Pura Pembokor

Matahari terbenam di Candi Ratu BokoMenikmati sunset di situs Ratu Boko. Foto: Gmap/Ronny Tri

Sekitar 37 meter timur laut dari gerbang utama terdapat Pura Pembokoran. Bentuknya berupa teras tanah bertingkat dengan ketinggian mencapai 3 meter. Luasnya 26 meter persegi dengan bentuk persegi.

Teras kedua lebih sempit dari teras pertama, sehingga terbentuk lorong pada teras kedua. Rerumputan hijau menjadi permadani di teras dan terlihat sangat indah. Kemudian di sebelah barat terdapat tangga batu dengan pegangan.

Di tengah teras kedua terdapat tempat berbentuk persegi seperti sumur. Ukurannya 4×4 meter persegi, yang berguna sebagai tempat pemakaman. Sedangkan di sebelah tenggara terdapat sebuah sumur tua yang konon menjadi sumber air suci.

Baca: Tiket Masuk dan Pesona Candi Sambisari Yogyakarta

Matahari terbenam di candi Ratu Boko

Matahari terbenam di Candi Ratu BokoSalah satu kegiatan favorit pengunjung yang datang ke Candi Ratu Boko adalah menyaksikan sunset.

Banyak pengunjung yang datang ke objek wisata ini dengan tujuan untuk melihat sunset (matahari terbenam). Setelah Candi Prambanan, sore harinya langsung menuju kawasan wisata ini.

Sunset di Candi Ratu Boko dapat diamati sekitar pukul 17.00. Wisatawan bisa naik ke puncak salah satu bangunan candi dan bersantai sambil menunggu matahari terbenam. Jika cuacanya bagus, cahaya keemasan akan muncul di balik awan. Suasana romantis inilah yang menjadi daya tarik objek wisata Ratu Boko.

Istana Paseban Ratu Boko

Paseban adalah tempat menghadap raja. Dari gerbang itu terletak di selatan hingga 45 meter. Paseban dibangun dari batu dengan tinggi 1,5 mx 7 mx 38 m.

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan di Puncak Becici

Gua Lanang dan Gua Wadon

Di kawasan Ratu Boko terdapat goa yang disebut Goa Lanang dan Goa Wadon. Goa Lanang terletak di sebelah timur laut paseban yang berupa gang persegi. Sedangkan Gua Wadon terletak 20 meter sebelah tenggara paseban. Di dalam gua terdapat relung seperti bilik. Dindingnya berupa pahatan berupa semacam bingkai segi empat.

Kontak dan alamat candi Ratu Boko

Taman wisata candi ini terletak di Jalan Raya Yogya – Solo KM 16 Prambanan, Sleman. Pengunjung dapat menghubungi 0274-496-402, 0274-496-406 atau email [email protected].

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button