Candi Ratu Boko - WisataHits
wisatahits

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko

Apakah Anda puas dengan tempat-tempat bersejarah yang bisa membawa Anda mengembara ke masa lalu yang penuh misteri?

Jika iya maka datanglah ke salah satu tempat wisata di jogja yaitu. Candi Ratu Boko. Di sini Anda akan menemukan sebuah situs sejarah yang menjadi saksi bisu kejayaan dinasti Syailendra saat menjadi penguasa kerajaan Mataram kuno.

Selain belajar cerita sejarah, kamu juga bisa bersantai, mencari spot foto yang indah, dan mencari sunset.

Jadi seperti apa situs ini dan apakah ada hal menarik lainnya untuk dilakukan sebagai bagian dari tur jalan-jalan? yuk simak ulasan Candi Ratu Boko kami di bawah ini.

candi-ratu-boko-jogja

Candi Ratu Boko

Kota Jogja adalah kota yang indah. Demikian pengakuan orang-orang yang pernah tinggal di kota berjuluk kota panas itu.

Selain sebagai pusat ilmu pengetahuan, Jogja juga kaya akan tempat-tempat bersejarah, baik berupa peninggalan zaman kolonial maupun peninggalan kerajaan-kerajaan kuno yang pernah hidup di Nusantara.

Salah satu peninggalan sejarah yang bisa Anda temukan dan kunjungi selama liburan di Jogja adalah candi Ratu Boko. Candi atau lebih tepatnya keraton ini terletak di Sleman, tidak jauh dari kompleks candi Prambanan.

Sejarah Candi Ratu Boko

sejarah-candi-ratu-boko

Disarikan dari beberapa sumber yang kami gunakan sebagai referensi, pura atau keraton Rabu Boko ini awalnya adalah vihara atau tempat menyepi yang dibangun oleh sekelompok tawanan.

Rakai Panangkaran sendiri adalah seorang raja yang saat itu memerintah kerajaan Mataram kuno. Ia dijuluki Syailendra dan tercatat sebagai raja Mataram Kuno sekitar tahun 770 Masehi.

Karena pergumulan batin dan keinginannya untuk fokus pada kehidupan spiritual, Rakai Panangkaran akhirnya mengundurkan diri dari tahta kerajaan dan membangun sebuah vihara yang dikenal dengan nama Vihara Abhayagiri.

Kemudian mengenai asal usul penamaan tempat ini dengan nama Ratu Boko bersumber dari legenda yang dipercaya masyarakat setempat.

Ratu Boko, yang secara harfiah berarti Raja Bangau, adalah ayah dari Loro Jonggrang. Kisah atau legenda Loro Jonggrang kemudian dikaitkan dengan bangunan kompleks ini.

Objek wisata candi Ratu Boko

mitos-candi-ratu-boko

Kompleks Candi Ratu Boko yang memiliki luas sekitar 250.000 meter persegi ini terdiri dari beberapa bangunan yang tersebar di empat titik berbeda.

Jika Anda menjelajahi tempat ini secara keseluruhan, Anda akan menemukan lapangan, paseban, kolam, kerikil, candi yang terbakar, dan gapura utama di tengahnya.

Sedangkan di sebelah tenggara kompleks ini diisi dengan bangunan berupa 3 buah candi, seorang putri, sebuah kolam, sebuah paviliun dan beberapa balai kecil.

Kemudian ada juga stupa Budha, kolam dan kompleks gua yang terletak di sebelah timur. Sedangkan di sebelah barat, tempat ini hanyalah sebuah bukit tanpa bangunan apapun.

Baca juga: Candi Penataran

candi matahari-ratu-boko

Kawasan candi Ratu Boko berada di ketinggian sekitar 196 meter di atas permukaan laut, suasana disini sejuk sehingga sangat bersahabat untuk dijadikan tempat berlibur.

Dari sini, sebagian Candi Prambanan dan Gunung Merapi serta sebagian kota Yogyakarta juga dapat terlihat dengan jelas.

Kemudian pada sore hari, dari sini Anda juga bisa melihat dan mengabadikan momen terbenamnya matahari melalui sebuah kawasan yang dikenal dengan nama prabu rakai panangkaran petilasan.

Aktivitas Menarik di Candi Ratu Boko

Kompleks Candi Ratu Boko yang megah dan dipenuhi berbagai jenis artefak bersejarah tentunya menawarkan beragam pilihan kegiatan wisata.

Oleh karena itu, jika Anda berkesempatan datang ke tempat ini, jangan mengisi waktu Anda dengan kegiatan seru berikut ini:

Baca juga : Air Terjun Sri Gethuk Wonosari

1. Sejarah penelitian

stupa-candi-ratu-boko

Candi Ratu Boko memiliki segala sesuatu yang dapat dijadikan sebagai petunjuk untuk mengungkap sejarah kuno, khususnya mengenai sejarah kerajaan Mataram kuno.

Jika Anda suka mempelajari kisah-kisah sejarah, selain mengamati benda-benda yang ada di kompleks ini, Anda juga bisa mendapatkan informasi lebih lanjut dengan bertanya kepada beberapa guide atau pemandu wisata yang ada di tempat ini.

2. Mencoba air suci dari sumur Amerta Menyana

baik-amerta-mantana-candi-ratu-boko

Sumur ini tidak jauh dari bangunan candi yang terbakar. Sumur misterius ini konon mengandung mantra yang memiliki khasiat tersendiri yang membuat siapapun beruntung setelah mencobanya.

Benar atau tidaknya mitos tersebut, keberadaan sumur ini mampu menarik perhatian banyak wisatawan yang silih berganti untuk melihat dan mencoba airnya.

Baca juga : Menelusuri sejarah masa lalu di Goa Gajah Gianyar, Bali

3. Berburu Foto

spot-foto-candi-ratu-boko

Banyaknya bangunan dan objek unik yang ada di kompleks candi Ratu Boko sangat menarik untuk dijadikan objek foto atau background foto.

Spot foto yang bisa Anda pilih antara lain di gapura atau pintu masuk utama, di sekitar stupa, di kolam besar, di depan goa lanang, dan di petilasan prabu rakai panangkaran.

Selain menarik, foto yang Anda hasilkan di tempat ini juga akan unik dengan nuansa kolosal yang begitu kental.

Baca juga : Taman Pendidikan Sindu Kusuma jogja

4. Berburu saat matahari terbenam

sunset-candi-ratu-boko

Banyak yang bilang kalau di Jogja hanya ada 3 tempat yang mampu menyuguhkan keindahan fenomena sunset dengan begitu sempurna.

Tempat-tempat tersebut adalah Pantai Indrayanti, Gunung Nglanggeran dan sunset di kompleks candi Ratu Boko.

Oleh karena itu, jika Anda juga suka melihat dan mengabadikan matahari terbenam, maka saat senja tiba, segeralah menuju kawasan petilasan dan tunggu momen indah matahari terbenam.

Suasana saat itu sangat romantis, tidak kalah dengan suasana yang bisa Anda dapatkan saat berkunjung tempat-tempat wisata romantis di jogja lainnya.

6. Menikmati keindahan Candi Prambanan dan eksotisme kota Jogja

menara-dekat-candi-ratu-boko

Sebelumnya telah disebutkan bahwa dari lokasi candi Ratu Boko kita dapat melihat dengan jelas keindahan candi Prambanan dan sebagian kota Jogja dengan segala hiruk pikuk masyarakatnya.

Setelah puas mengunjungi bangunan kompleks candi Ratu Boko, Anda bisa mengisi waktu dengan duduk santai sambil menikmati indahnya pemandangan Candi Prambanan atau eksotisme kota Jogja.

Agar lebih nikmat, jangan lupa sediakan cemilan dan minuman hangat sebagai pendamping sesekali.

Baca Juga: Heha Sky View Jogja

Alamat candi Ratu Boko

Kompleks Keraton atau Candi Rabu Boko terletak di Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika Anda datang dari arah kota Jogja, ambil jalan menuju Solo dan berhenti di pertigaan pasar Prambanan.

Nah dari pertigaan ini lanjutkan perjalanan anda ke kanan hingga menemukan papan petunjuk yang akan mengantarkan anda ke lokasi Candi Ratu Boko.

Jarak dari pertigaan pasar Prambanan ke papan nama sekitar 3 kilometer.

Baca juga : Indahnya sunset di Waduk Sermo Jogja

Jam Buka Candi Ratu Boko

jam buka-candi-ratu-boko

Candi Ratu Boko buka untuk wisata mulai pukul 06:00 hingga 17:00 WIB setiap hari. Namun jika ingin suasana yang lebih eksotis, datanglah pada sore hari menjelang matahari terbenam.

Waktu-waktu tersebut merupakan waktu yang paling tepat untuk datang ke tempat ini karena pada saat itulah kawasan ini akan terlihat lebih indah dengan pantulan cahaya jingga yang menyeruak di antara bangunan-bangunan.

Baca juga : Wisata Sejarah Taman Sari Jogja

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko

Untuk menikmati segala keindahan dan jejak sejarah candi Rabu Boko, pengunjung harus membayar tiket masuk yang sebagian akan digunakan untuk perawatan bangunan kompleks ini.

tiket-masuk-candi-ratu-boko

Tiket masuk Candi Ratu Boko dibandrol dengan harga Rp25.000 untuk pengunjung dewasa, Rp10.000 untuk anak-anak, dan Rp13.000 untuk wisatawan mancanegara.

Selain tiket langsung, ada juga tiket channel Candi Ratu Boko yang dijual di Candi Prambanan. Dengan harga sekitar Rp 40.000 hingga Rp 50.000, dari Prambanan Anda akan dibawa dengan shuttle bus menuju kompleks candi Ratu Boko.

Tabel Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko

Jenis Pengunjung / Tiket Harga
Dewasa Rp 25.000
Anak-anak Rp 10.000
Pelancong asing $13
Tiket Masuk (Prambanan – Ratu Boko) Rp40.000 – Rp50.000

Baca juga : Pemandangan & Tengara di Jogja

Candi Ratu Boko Jogja bisa menjadi tujuan wisata alternatif bagi Anda dan keluarga selama berada di Jogja. Kalaupun Anda belum puas dengan apa yang ada di Candi Ratu Boko, masih banyak destinasi wisata yang berada di dekat candi ini sebagai destinasi Anda selanjutnya.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button