Tiket dan Kegiatan Umbul Manten - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Kegiatan Umbul Manten

Tiket dan Kegiatan Umbul Manten

Harga tiket masuk Umbul Manten : Rp 10.000. Jam buka: 06:00 – 18:00. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Jalan Janti Boto, Boto, Wunut, Tulung, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia, 57482.

Ombul Manten adalah sebuah kolam renang alami yang digunakan sebagai tempat rekreasi air di kota Klaten, Jawa Tengah. Umbul ini memiliki ciri khas tersendiri berupa pepohonan tinggi yang menambah keindahan kawasan tersebut.

Airnya sangat jernih, sebening kristal sehingga wisatawan bisa melihat dasar kolam. Kawasan wisata pemandian alam ini mulai populer dan ramai pengunjung sejak tahun 2015.

Harga tiket masuk Umbul Manten Klaten

Untuk menikmati kesegaran dan keindahan kawasan wisata ini, pengunjung tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Harga tiket masuk yang murah ini seakan mengedepankan keindahan alam untuk dinikmati semua orang.

Harga Tiket Masuk Umbul Manten
Tiket masuk dari Senin sampai Minggu Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan Umbul Ponggok Klaten

Jam buka Umbul Manten

Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari. Tidak ada perbedaan jam buka antara hari kerja dan akhir pekan. Buka dari pagi hingga sore hari.

Jam kerja
Senin minggu 06.00 – 18.00

Beragam aktivitas wisata di Umbul Manten Klaten

Kolam alami Umbul Manten dikelilingi oleh pepohonan yang rimbunKeindahan panorama di sekitar lokasi wisata dikelilingi oleh pepohonan Ipik yang rimbun dan rindang.
Foto: Instagram/folk.klaten

Wisatawan di Umbul Manten dimanjakan dengan pemandangan alam yang begitu megah dan indah. Atmosfer jauh dari kontak polusi yang merusak lingkungan. Karena keindahannya, tempat ini dijadikan lokasi syuting iklan rokok terkenal Indonesia.

Relaksasi di bawah pohon Ipik

Di sekitar kolam alami banyak pohon menyerupai pohon beringin besar. Pohon Ipik yang rindang dan rimbun menjulang di sekitar kolam. Penanaman pohon-pohon tersebut merupakan salah satu potensi yang ada di daerah ini.

Karena jumlah pohonnya yang cukup tinggi membuat suasana tempat wisata ini menjadi sejuk. Daerah yang teduh ini masih alami dan jarang ditembus sinar matahari. Panorama persawahan yang hijau di kanan dan kiri juga menambah keindahan pemandangan.Bersantai di hammock yang diikatkan pada pepohonan di sekitar Umbul Manten KlatenBersantailah di hammock yang diikatkan pada pepohonan di sekitar kolam alami.
Foto: Instagram/umbul_manten

Di sini turis biasa menghabiskan waktu bersantai. Wisatawan bisa bersantai sambil berayun di atas tempat tidur gantung yang berhubungan dengan batang pohon Ipik. Semilir angin pepohonan dan mata air yang menyejukkan kulit, memberikan aura kebugaran.

Nikmati keindahan kolam alami

air kolam sebening kacaKolam renang yang terkenal jernih airnya seperti kaca.
Foto: Instagram/alterimage_photography

Air di kolam alami Umbul Manten berasal dari dua mata air yang selalu mengalir dan jernih. Air tawarnya selalu bersih, karena dasar kolam terbuat dari batu alam. Saking jelasnya, wisatawan bisa melihat bebatuan dan akar pohon di dasar kolam.

Kejernihan air kolam yang sebening kaca menjadi keunikan tersendiri. Beberapa ikan lucu yang tampak sedang berenang terlihat dari permukaan. Wisatawan juga bisa bersantai dengan berbaring santai di atas meletakkan tas di permukaan kolam.

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan Waterboom Umbul Cokro Tulung

Apalagi panorama persawahan hijau di kanan kiri Umbul juga menambah keindahan pemandangan. Beberapa mata air yang terdapat di objek wisata ini dilarang untuk dimandikan wisatawan. Karena penduduk setempat memanfaatkannya untuk pengairan lahan dan budidaya ikan air tawar.

Berenang, melompat dan menyelam

wisatawan berenang di kolam alami umbul manten yang jernihKejernihan Kolam Umbul Manten Klaten membuat aktivitas berenang menjadi favorit wisatawan.
Foto: Instagram/umbulmanten

Umbul Manten memiliki tiga tempat yang bisa digunakan oleh wisatawan. Kolam utama berukuran cukup kecil dengan kedalaman hingga 1,5 meter. Kolam yang lebih dangkal biasanya diisi oleh anak-anak untuk bermain air di pinggirnya. Ada juga sungai dangkal dimana wisatawan bisa menikmati air sejuk dari mata air alami.

Saat berwisata ke sini, wisatawan disarankan untuk membawa baju ganti. Karena di sini merupakan wisata pemandian dengan sumber mata air alami. Rimbunnya pepohonan yang menaungi kolam mencegahnya dari paparan langsung sinar matahari.

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan Umbul Sewu Pengging

Apalagi jika wisatawan menyelam, kesejukan dan kesejukan airnya semakin terasa. Wisatawan bisa merasakan sensasi air jernih, terumbu karang dan ikan warna-warni yang menemani. Beberapa wisatawan melompat dan terjun langsung ke air dengan kedalaman yang cukup aman.

Mengambil foto di bawah air

satu foto piknik di bawah airWisatawan bisa berpose untuk foto bawah air di Umbul Manten Klaten.
Foto: Instagram/umbul_manten

Air di Umbul Manten sangat jernih, sehingga wisatawan bisa berfoto di dalam air. aktivitas fotografi kapal selam menjadi favorit wisatawan. Kejernihan airnya membuat wisatawan bisa berkreasi dengan ornamen bawah laut.

Wisatawan bisa berpose seolah-olah sedang berkemah di bawah air dengan tenda di kolam. Pose lainnya, para turis menata hiasan makanan di atas tikar seolah-olah sedang bertamasya. Banyak juga wisatawan yang melakukan foto bawah air ini untuk pemotretan pre-wedding.

Atraksi Legenda Umbul Manten

calon pengantin melakukan pemotretan bawah air di umbul mantenSesi foto sebelum pernikahan di Umbul Manten Klaten.
Foto: Instagram/umbul_manten

Umbul artinya kolam alami, sedangkan nama Manten memiliki beberapa arti. Manten dari istilah Jawa berarti pengantin mengacu pada sepasang pohon. Pasalnya, beberapa pohon di sekitar kolam tumbuh berpasang-pasangan.

Ada legenda mengenai asal usul penyebutan Umbul Manten. Alkisah ada sepasang suami istri yang menghilang secara misterius di tempat ini karena melanggar adat. Adat yang dimaksud adalah larangan keluar rumah bersama selama 40 hari setelah pernikahan.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Hutan Kota Gergunung Klaten

Melewati pepohonan yang rindang, tiba-tiba sang istri tidak terlihat sang suami, begitu pula sebaliknya. Tempat menghilangnya tak jauh dari sumber mata air yang hingga kini dikenal dengan Umbul Manten. Mitos ini juga menjadi salah satu daya tarik tempat wisata ini.

Perayaan tradisi Padusan

Tradisi padusan dilakukan menjelang hari puasa pertama Ramadhan. Warga biasanya mandi untuk menyucikan diri menyambut bulan suci di kolam pemandian tersebut. Kawasan tersebut menjadi destinasi renang alami favorit masyarakat.

Setiap kali tradisi ini berlangsung, tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Selama Padusan, jumlah wisatawan bisa mencapai lebih dari 2.000 orang.

Banyak penduduk setempat melakukan Padusan setiap tahun di sini. Alasannya karena airnya segar, langsung dari sumbernya dan banyak pepohonan yang rimbun. Selain libur panjang, Umbul Manten juga menyiapkan petugas lebih banyak untuk acara Padusan.

Fasilitas Wisata Umbul Manten

Fasilitas wisata Umbul Manten cukup lengkap. Mulai dari ruang ganti, toilet hingga mushola tersedia disini. Parkir juga tersedia di area yang cukup luas.

Ada juga terapi ikan dan wahana jaring ikan yang cocok untuk wisatawan bersama keluarga dan anak-anak. Aneka hidangan juga tersedia di warung-warung makan yang banyak tersedia di kawasan wisata.

Kontak dan Akses Lokasi Umbul Manten

Wisata tambak alami ini berlokasi di Jl. Janti Boto, Wunut, Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57482, Telp/wa. Umbul Manten berjarak sekitar empat kilometer dari jalan utama Yogyakarta – Solo.

Akses jalan cukup baik. Dari pusat kota Klaten, wisatawan bisa mengambil arah Jatinom. Lalu pergilah ke Jalan Janti dan ikuti saja rambu-rambunya. Sedangkan dari kota Klaten sendiri berjarak sekitar 13 km atau 20 menit berkendara.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button