Presiden Jokowi memiliki visi besar membangun Indonesia dari desa - WisataHits
Jawa Timur

Presiden Jokowi memiliki visi besar membangun Indonesia dari desa

Malang, Gesuri.id – Presiden Joko Widodo memberikan perhatian penuh pada pembangunan Indonesia dari desa. Berdasarkan data tahun 2022, pagu Dana Desa ditetapkan sebesar Rp. APBN sebesar 68 triliun dan disalurkan ke 74.961 desa di 434 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Ketua DPD PDI-P Provinsi Jawa Timur, Sri Untari Bisowarno menegaskan, Dana Desa merupakan upaya pemerintah Indonesia untuk memajukan keadilan dan memajukan pembangunan nasional di setiap pelosok desa.

“Sejak dilantik, Presiden Jokowi telah mengusung visi besar membangun Indonesia dari desa. Bahwa Indonesia perlu dibangun dari pinggiran daerah dan desa berperan utama dalam memajukan pembangunan nasional,” kata Sri Untari dalam kegiatan Sosialisasi Wawasan Nasional bersama para kepala desa se-Malang Raya, Minggu (30/10).

Membaca: Hari Sumpah Pemuda, Dewi Aryani Gelar Imunisasi di 7 Lokasi

Untari menjelaskan, tema kegiatan Sosialisasi Wawasan Bangsa kali ini adalah “Membangun Desa Tamansari Berdasarkan Pancasila” yang menjadi tugas seluruh kader PDI-P.

“Pembangunan desa Tamansari atas dasar Pancasila merupakan perintah dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kepada kader kita. Untuk memperkuat dan memajukan kehidupan masyarakat pedesaan,” jelasnya.

“Karena PDI-P mendukung kebijakan kerakyatan untuk mendukung upaya mengangkat posisi dan taraf hidup masyarakat pedesaan,” lanjut anggota DPRD Kabupaten Malang Raya itu.

Sri Untari menjelaskan, saat ini indikator kemajuan kemajuan pembangunan desa diukur melalui implementasi 18 item yang dituangkan dalam konsep Village Sustainable Development Goals (SDGs). Salah satunya terkait dengan pertumbuhan ekonomi desa yang berkeadilan.

Membaca: Mercy dukung pengembangan wisata paralayang di Ambon

Menurutnya, pemerataan ekonomi desa dapat dicapai baik melalui BUMDes maupun koperasi.

“PP nomor 72/2015 merupakan pintu bagi desa untuk menjaga kemandirian ekonomi sekaligus mengembangkan ekonomi pedesaan yang telah dilaksanakan dan teruji hingga saat ini,” kata sekretaris DPD PDI-P Jatim itu.

Sementara itu, Eko Margianto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Malang, mengatakan Pemerintah Kabupaten Malang baru-baru ini menerima Lencana Dinas Pertama dan Lencana Dinas Ekonomi Desa.

Kabupaten Malang sendiri sudah memiliki 91 desa yang statusnya sudah menjadi desa mandiri. “Jika memungkinkan akan semakin banyak desa mandiri di Kabupaten Malang. Harus ada tindak lanjut agar status desa berubah menjadi mandiri, dasar perencanaan dan pembangunannya harus berbasis SDGs,” jelasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button