10 Tempat Wisata di Cianjur - WisataHits
wisatahits

10 Tempat Wisata di Cianjur

Indonesia merupakan pusat wisata alam yang tak tertandingi. Ada banyak daerah di Indonesia yang terkenal dengan wisata alamnya seperti Bali dan Kalimantan. Namun jangan salah, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki potensi wisata alam yang sama. Simak beberapa contoh wisata di Cianjur dalam artikel ini.

Setelah melihat beberapa tempat wisata di Cianjur yang disebutkan di sini, Anda tentu akan semakin penasaran dengan pemandangan apa saja yang bisa Anda lihat di sana. Apakah Anda siap untuk menyimpan tempat untuk dikunjungi pada liburan Anda berikutnya? Simak saja berbagai tempat wisata di bawah ini!

10 Daftar Tempat Wisata Cianjur Yang Wajib Dikunjungi

Gunung Gede

Wisata Cianjur Gunung GedeGunung Gede (c) @ikaputrriii

Bagi Anda yang suka mendaki gunung, destinasi wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi. Selain itu, Gunung Gede juga menawarkan tempat berkemah. Suasananya sangat sejuk, dengan pepohonan hijau yang rindang. Jika anda mencari salah satu tempat wisata Cianjur yang paling dekat dengan alam, disinilah tempatnya.

Setiap akhir pekan gunung ini selalu dipenuhi orang yang ingin mendaki. Puncak gunung akan terlihat jelas jika dilihat dari Cibodas. Ada juga perkemahan di sepanjang jalur pendakian ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Tempat wisata ini terletak sekitar 60 km dari Jakarta.

Baca Juga: Liburan Keluarga di Kebun Raya Cibodas

Istana Cipanas

Istana CipanasIstana Cipanas (c) @khoervl

Ketika Anda menghabiskan liburan Anda di kota Cianjur, jangan lupa untuk mengunjungi Istana CIpanas. Lokasinya berada di kaki Gunung Gede. Jika Anda datang dari Jakarta, jarak yang akan ditempuh kurang lebih 103 kilometer.

Dengan keindahan dan kemegahannya yang menyerupai istana raja, tentu saja bangunan ini menarik banyak pengunjung. Tak heran jika arsitektur bangunan ini begitu indah, karena dibangun oleh Gubernur Jenderal Gustaaf William Baron van Imhoff pada tahun 1742.

Sayangnya, tidak semua bagian Istana Cipanas dibuka untuk umum secara permanen. Area ini hanya dibuka pada waktu-waktu tertentu demi keselamatan semua orang yang ada di dalamnya. Namun pada beberapa kesempatan, wisatawan bisa masuk dan menikmati keindahannya dari dalam.

Perkebunan teh Gedeh

Perkebunan teh GedehPerkebunan Teh Gedeh (c) @hendra.deika

Perkebunan teh ini terletak di salah satu perkebunan teh tertua di pulau Jawa yaitu Perkebunan Teh PTP Nusantara VIII. Selain perkebunan teh, kawasan ini juga memiliki rumah penginapan dan perkemahan. Jaraknya kurang lebih 7,2 kilometer dari jalan utama Cipanas-Cianjur.

Sesampainya di tempat ini, pengunjung akan disambut dengan pemandangan alam dan kebun teh yang asri. Udara yang dingin juga akan membuat liburan Anda semakin menarik. Yang jelas, tempat ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Kesegarannya akan membuat Anda sejenak melupakan hiruk pikuk kota. Anda harus berkunjung ke sini untuk membuktikannya!

Masjid Agung Cianjur

Masjid Agung CianjurMasjid Agung Cianjur (c) Google

Ini adalah salah satu objek wisata religi yang paling terkenal di kota Cianjur. Dibangun di atas tanah wakaf hibah Ibu Raden Bodedar binti Kanjeng Dalem Sabiruddin (bupati keempat Cianjur), pembangunan masjid ini dimulai pada tahun 1910.

Arsitekturnya merupakan perpaduan gaya bangunan kuno dan modern. Masjid ini juga sangat populer di kalangan wisatawan serta untuk beribadah. Selalu ada kegiatan keagamaan yang berlangsung di sini.

Masjid Agung Cianjur terbuka untuk kegiatan keagamaan dan banyak acara keagamaan juga diadakan di sini. Jika Anda bukan seorang Muslim, Anda juga bisa menikmati keindahan tempat ini dan mempelajari sejarahnya.

Situs megalitikum Gunung Padang

Situs megalitikum Gunung PadangSitus Megalitikum Gunung Padang (c) Google

Beberapa waktu lalu, situs ini menghebohkan seluruh Indonesia dengan penemuannya karena bentuknya seperti punden yang tak diragukan lagi mirip dengan piramida Mesir. Jika Anda penasaran dengan situs ini, Anda tinggal merencanakan liburan Anda di sini. Ini akan menjadi kesempatan yang baik untuk menyaksikan salah satu situs megalitik di dunia.

Tempat prasejarah ini terletak di Kampung Gunung Padang dan Kampung Panggulan, Desa Karyamukti, Campaka, Cianjur. Jika Anda bepergian dari kota Cianjur, jarak yang akan ditempuh kurang lebih 50 kilometer.

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga NusantaraTaman Bunga Nusantara (c) Rekaaspin

Salah satu taman bunga terindah di Cianjur yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Taman Bunga Nusantara. Luasnya kurang lebih 35 hektar, dengan koleksi bunga yang bervariasi. Dengan banyaknya jenis dan warna bunga, tentunya destinasi wisata ini selalu memikat hati para pengunjung.

Anda juga bisa menuju tempat ini melalui jalur Puncak menuju Perumahan Bunga City yang jaraknya sekitar 9 kilometer. Alamat tepatnya di Jl. Mariawati Km.7, Desa Kawung Luwuk, Cipanas, Cianjur. Merupakan tempat wisata di Cianjur dengan cita rasa Eropa karena pemandangannya akan mengingatkan anda akan taman bunga yang ada di luar negeri.

Danau sejuta pesona

Danau sejuta pesonaDanau sejuta orang (c) resepan.com

Kemudian Anda bisa mengunjungi Danau Sejuta Pesona. Danau ini menawarkan berbagai wahana, seperti perahu, lubang bola, mobil bemper, cincin ajaib, petualangan sungai, dan juga ada live music. Selain permainan, ada juga banyak fasilitas yang akan membuat Anda tidak bosan.

Destinasi wisata ini cocok untuk liburan keluarga. Karena banyaknya permainan dan fasilitas yang menarik dan lengkap, baik anak-anak maupun orang dewasa tidak akan bosan di tempat ini.

Makam Dalem Cikundul

Makam Dalem CikundulMakam Dalem Cikundul (c) Google

Destinasi wisata ini terletak 17 kilometer dari kota Cianjur. Lokasinya berada di atas bukit sehingga Anda harus menaiki sekitar 200 anak tangga untuk sampai ke sana. Sebagian besar wisatawan yang datang ke sini berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Makam ini tidak pernah sepi pengunjung, bahkan bisa dibilang selalu dipenuhi peziarah yang datang dari luar kota.

Jika ditempuh dari kota Cianjur, jarak ke tempat wisata ini sekitar 17 kilometer. Luas total makam ini sekitar 17 meter persegi. Alamat lengkap destinasi wisata ini adalah Bukit Cijagang, Kampung Majalaya, Cikalongkulon.

Bumi Perkemahan Mandala Kitri

Bumi Perkemahan Mandala KitriBumi Perkemahan Mandala Kitri (c) @iqhsanabqari

Tempat ini terletak di pintu masuk Kebun Raya Cibodas. Saat kita memasuki kawasan wisata ini, hawa dingin akan langsung terasa.

Beberapa destinasi wisata yang termasuk dalam kawasan ini adalah Kebun Raya Cibodas, Gunung Putri, Gunung Gede Pangrango dan Gunung Gegerbentang. Ada juga Waduk CIrata, Sungai Cikundul dan Sungai Citarum. Semua tempat ini memiliki pemandangan yang indah, sehingga tidak heran jika selalu ramai dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar kota.

Konon, kawasan ini merupakan salah satu tempat liburan terbaik di Cianjur, Jawa Barat, Indonesia.

Pantai Arfa

Pantai ArfaPantai Arfa (c) Google

Salah satu kelebihan berlibur di tempat ini adalah lokasinya yang dekat dengan Alun-alun Sindang Barang. Jarak kedua tempat ini cukup dekat – hanya 300 meter – sehingga pengunjung bisa menikmati keduanya, terutama di sore hari. Berjalan-jalan di Alun-Alun Sindang Barang sambil menyaksikan matahari terbenam di atas Pantai Arfa akan melengkapi liburan singkat Anda.

Baca Juga : Daftar Wisata Bandung Lengkap

Rencanakan untuk mengunjungi kedua lokasi tersebut pada sore hari, saat matahari tidak terlalu terik. Sehingga Anda dapat menikmati sepenuhnya wisata Cianjur yang indah ini dengan nyaman.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button