Wisata Umbul Manten Klaten - WisataHits
Yogyakarta

Wisata Umbul Manten Klaten

Umbul Manten di wilayah Klaten memiliki pesona tersendiri. Tidak hanya alamnya, tetapi juga airnya yang jernih dan menyegarkan. Tak heran jika Umbul Manten selalu ramai dengan pengunjung yang datang.

Jika Anda mencari tempat pemandian yang cocok dengan nuansa alam yang menyegarkan, Anda bisa mengunjungi Umbul Manten di Klaten. Lihat di bawah untuk informasi lengkapnya!

1. Lokasi lengkap Umbul Manten

Wisata Umbul Manten Klaten : informasi lokasi, rute dan tempat wisataWisata Umbul Manten, Klaten (instagram.com/agung_dije)

Spanduk Manten merupakan salah satu dari sekian banyak spanduk yang ada di Kabupaten Klaten. Sumber air ini memiliki tempat dengan suasana yang nyaman, asri dan sejuk dengan air yang sangat jernih dan segar.

Lokasi Umbul Klaten berada di Jln. Janti, Boto, Wunut, Tulung, Kabupaten Klaten. Jaraknya sekitar 4 km dari jalan raya utama antara Yogyakarta dan Solo. Cukup mudah ditemukan, lho.

2. Rute Menuju Umbul Manten

Wisata Umbul Manten Klaten : informasi lokasi, rute dan tempat wisataWisata Umbul Manten, Klaten (instagram.com/ahlulprawiraa_ | instagram.com/tigaa_iy)

Lokasi Umbul Manten berjarak sekitar 13 km dari pusat kota Klaten, atau jika anda berpergian membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit dengan akses yang relatif mudah. Jalan yang dilalui juga cukup bagus.

Jika Anda datang dari pusat kota Klaten, pergilah ke Terminal Penggung. Belok kanan ke Jln. Pendukung. Jalan lurus saja hingga sampai di Taman Koplak Andong. Belok kiri ke Jalan Karanganom.

Kemudian jalan lurus saja sampai sampai di Wisata Umbul Ponggok, jalan lurus kedepan belok kanan. Masuk Jalan Delanggu. Sesampainya di BRI Unit Tulung, belok kanan dan belok kiri. Lurus saja terus sampai sampai di Jalan Janti. Cari papan nama Umbul Manten. Lokasinya sedikit masuk tapi ada penandanya jadi gampang

Baca Juga: 5 Makanan Klaten Lezat yang Memuaskan Lidah dan Perut!

3. Harga dan Fasilitas Umbul Manten

Wisata Umbul Manten Klaten : informasi lokasi, rute dan tempat wisataWisata Umbul Manten Klaten (instagram.com/azishe)

Umbul Manten buka setiap hari dari pagi hingga sore hari. Kamu bisa datang kapan saja lho, tiket masuknya sangat murah. Cukup membayar Rp 10.000, Anda sudah bisa menikmati semua fasilitas di sana.

Nah, fasilitasnya sendiri juga lengkap. Ada tempat parkir, ruang ganti, toilet, tempat ibadah dan tempat bersantai.

Untuk fasilitas bermain ada wahana jaring ikan yang sangat bagus untuk anak-anak. Selain itu, ada juga terapi ikan yang bisa Anda gunakan. Jika Anda lapar, santai saja. Ada warung yang menjual makanan dengan rasa yang super enak.

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

4. Daya Tarik Wisata Umbul Manten

Wisata Umbul Manten Klaten : informasi lokasi, rute dan tempat wisataWisata Umbul Manten, Klaten (instagram.com/saiful_arifin93)

Wisata Umbul Manten memiliki tempat yang sangat menyenangkan untuk bersantai. Terdapat kolam renang dengan mata air alami yang menyegarkan. Bahkan saat airnya tenang kamu bisa melihat dasar kolamnya, lho.

Airnya jernih. Yang lebih unik lagi adalah saat Anda menyelam, Anda bisa melihat apa yang ada di sekitar Anda dengan membuka mata.

Selain itu, tempatnya juga sangat sejuk. Ada banyak pohon besar membuat tempat ini sangat sejuk dan rindang. Sekarang kamu bisa ikut terapi ikan sambil berenang lho. Pasti sangat menyenangkan bukan?

5. Aktivitas yang bisa kamu lakukan disana

Wisata Umbul Manten Klaten : informasi lokasi, rute dan tempat wisataWisata Umbul Manten, Klaten (instagram.com/kristiyanto2110)

Ada beberapa aktivitas unik yang bisa Anda nikmati di sana. Tidak hanya berenang dan bersantai, berikut aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Umbul Manten:

1. Ambil foto di bawah air

Seperti yang sudah disebutkan, Umbul Manten memiliki air yang sangat jernih. Bahkan sejernih kaca sehingga Anda bisa berfoto dengannya. Foto akan lebih bagus jika menggunakan kamera di bawah air. Jika tidak, Anda bisa menyewa di sana.

foto di bawah air Berikut aktivitas yang menyenangkan karena ada juga spot foto bawah laut yang bisa Anda manfaatkan.

2. Rayakan tradisi Padusan

Tradisi ini tidak terjadi setiap hari, hanya diadakan sebelum puasa pertama bulan Ramadhan. Datang ke sana untuk melihat dan mengikuti tradisi Padusan yang sangat menarik.

Saat Padusan dimulai, warga Klaten akan berduyun-duyun ke Umbul Manten untuk menyucikan diri. Mereka datang untuk mandi di panji. Bahkan dilaporkan lebih dari 2000 pengunjung datang setiap kali tradisi Padusan digelar. Menarik bukan?

Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas di sana, seperti berfoto, bersantai atau sekedar menikmati suasana. Cukup untuk membuat Anda bersemangat lagi.

Umbul Manten memang sangat unik. Pria atau pengantin mengacu pada pohon-pohon di daerah yang tumbuh berpasangan. Tempatnya sejuk sangat cocok untuk relaksasi. Jangan lupa untuk mengunjunginya, ya!

Baca juga: 10 Potret Umbul Kapiler di Klaten, Tempat Pemandian Alam yang Indah

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button